UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DI KELAS VIII MTs
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hasil belajar siswa sebelum diterapkannya model pembelajran Snowball Throwing di Sekolah Madrasah Tsanawiyah Swasta, (2) Penerapan Model pembelajaran Snowball Throwing pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, dan (3) Hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran Snowball Throwing di Sekolah Madrasah Tsanawiyah Swasta. Jenis Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang sering dikenal dengan nama Classroom Action Research, dimana peneliti melakukan tindakan langsung dalam kegiatan pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII Sekolah Madrasah Tsanawiyah Swasta yaitu berjumlah 30 siswa. Intrument yang digunakan yaitu tes, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Sebelum mengunakan model pembelajaran Snowball Throwing hasil belajar siswa masih sangat rendah hal ini dilihat dari rendahnya presentase ketuntasan klasikal 55,17% (16 siswa) dengan nilai rata – rata kelas mencapai 64,48% dari (30 siswa), (2) Selama proses pembelajaran berlangsung dengan mengunakan model pembelajaran Snowball Throwing respon siswa sangat baik , siswa menjadi lebih aktif dan rasa ingin tahu menjadi lebih besar, dan (3) Setelah mengunakan model pembelajaran snowball Throwing hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus 1 diperoleh nilai rata –rata 70% dengan tingkat ketuntasan secara klasiakal 65,52% (19 siswa) setelah dilakukan perbaikan pada siklus II diperoleh nilai rata- rata sebesar 83,79% dengan tingakat ketuntasan klasikal mencapai 82,75% (24 siswa). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran snowball throwing pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Madrasah Tsanawiyah Swasta.
Kata Kunci: Model pembelajaran Snowball Throwing, hasil belajar PAI
Full Text:
PDFReferences
Aqib Zainal. Penelitian Tindakan kelas Untuk Guru SD, SLB, dan TK, Bandung: Yrama Widya, 2009
Bakar Rosdiana. Pendidikan Suatu Pengantar. Bandung: Citapustaka Media Perintis, 2009
Diah Utami. 2014. IPS Terpadu. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama, 2014
Djamarah Bahri Syaiful. Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka cipta, 2013
Hasan Basri. Landasan Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia, 2013
Hidayatulloh Agus. Al Jamil Al-Qur’an dan Terjemah. Bekasi: Cipta Bagus Sagara, 2012
Huda Miftahul. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014
Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2013
Muhibbinsyah. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009.
Nasution, Abdul Gani Jamora. “Diskursus Merdeka Belajar Perspektif Pendidikan Humanisme”, Jurnal Ihya Al-Arabiyah, Vol/. 6 No. 1 tahun 2020 lihat http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ihya/article/view/7921
Nasution, Abdul Gani Jamora. “Pembelajaran Edutainment: Tinjauan Filosofis Pendidikan Islam”, Ihya Al-‘Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab Vol. 3 No. 2 tahun 2017. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ihya/article/view/1324
Ngalimun. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo Cet 3, 2014
Nurmawati. Evaluasi pendidikan islam. Bandung:Cita pustaka media, 2014
Purwanto. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009
Rusydi Ananda. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Citapustaka Media, 2015
Shihab Quraish. Tafsir AL-Mishbah Jilid Dua. Jakarta:Lentera hati, 2002
____________. Tafsir AL-Mishbah Jilid Lima Belas. Jakarta: Lentera Hati, 2002
Shoimin Aris. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013, Yogyakarta: Ar-Ruz Media. 2014
Slameto. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta:PT.Rineka Cipta, 2010
Sudjana Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009
Susanto Ahmad. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana, 2013
Trianto. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2010.
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/niz.v11i1.949
Refbacks
- There are currently no refbacks.