KETERAMPILAN BERTANYA DAN MENJAWAB PERTANYAAAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MIS AL-BASHIRAH KECAMATAN TANJUNG MORAWA
Abstract
Keterampilan dasar mengajar bagi guru diperlukan agar guru dapat melaksanakan perannya dalam mengelolah proses pembelajaran, sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan efesien. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. 1) Persiapan mengajar yang dilakukan terdiri dari tiga bentuk yaitu persiapan pembelajaran berupa membuat silabus, RPP, prota, prosem, media pembelajaran dan sumber belajar, persiapan fisik dan dan persiapan mental. 2) Karakteristik setiap peserta didik yang ada di kelasnya dan karakteristik peserta didik dipengaruhi beberapa faktor di antaranya keluarga, lingkungan, ekonomi dan sosial kemsyarakatan. 3) Keterampilan bertanya untuk memudahkan guru dalam mengevaluasi pembelajaran yang dilakukannya. 4) Evaluasi dapat dilakukan saat pembelajaran berlangsung untuk mengantisipasi kekeliruan dalam persiapan pembelajaran dan di akhir pembelajaran evaluasi juga dilakukan untuk melihat daya serap peserta didik terhadap pembelajaran. Kegiaatn bertanya bermanfaat bagi guru untuk mengetahui sejauh mana guru mampu menyampaikan pembelajaran dengan tepat sasaran.
Kata kunci. Keterampilan Dasar, Motivasi, Pembelajaran
Full Text:
PDFReferences
Agung, Iskandar. 2010. Meningkatkan Kreativitas Pembelajaran Bagi Guru. Jakarta: Bestari Buana Murni
Al Rasyidin. 2015. Falsafah Pendidikan Islam. Bandung: Citapustaka Media Perintis
Alma, Buchari. 2014. Guru Profesional. Bandung: Alfabeta
Arikunto, Suharsimi. 2004. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Sinar Grafika Offset
Djamarah, Syaiful Bahri. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Fathurrohman, Pupuh. 2012. Guru Profesional. Bandung: Refika Aditama
Hamalik, Oemar. 2002. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Sinar Grafika Offset
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia
Hartono, Rudi. 2013. Ragam Model Belajar. Yogyakarta: Diva Press
Kartono, Kartini dan Jenny Andari Hygiene. 1989. Mental dan Kesehatan Mental dalam Islam. Bandung: Mandar Maju
Majid, Abdul, 2011. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset
Mulyasa, E. 2005. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya
Mulyasa, E. 2010. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset
Nasution, S. 2004. Didaktik Asas-Asas Mengajar. Jakarta: Sinar Grafika Offset
Oktarini, Ria, Analisis Keterampilan Menjawab Pertanyaan dan Menyimpulkan Melalui Model Problem Based Learning, Jurnal: Universitas Lampung
Rosdiana, 2009. Pendidikan Suatu Pengantar. Bandung: Ciptapustaka Media
Sadiman, Arif, 2010. Media Pendidikan Jakarta: Rajawali Pers
Saefuddin, Udin. 2011. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta
Salim dan Syahrum. 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Ciptapustaka
Salminawati, 2016. Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Citapustaka Media Perintis
Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Sanjaya, Wina. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Sardiman. 2007. Interaksi Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada
Shihab, Quraish. 2009. Tafsir Al-Misbah. Jakarta: Lentera Hati
Suriasumantri, Jujun. 2010. Filsafat Ilmu, Jakarta: Penebar Swadaya
Suyanto, 2013. Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Erlangga
Syafaruddin dkk. 2014. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Hijri Pustaka Utama
Syah, Muhibin. 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Syakur, Freddy Faldi. 2012. Mendidik Dengan Tujuh Nilai Keajaiban, Bandung: Rosdakarya Offset
Tim Penyusun Pusat Pembinaan Pengembangan Bahasa. 1994. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Kedua. Jakarta: Balai Pustaka
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progesif. Jakarta: Kencana
Trianto. 2011. Pengantar Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana
Uno, Hamzah. 2011. Profesi Kependidikan. Jakarta: Sinar Grafika Offset
Usman, Uzer. 2011. Mnejadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset
Wena, Made. 2013. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara
Wibowo, Agus. 2012. Menjadi Guru Berkarakter. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Yamin, Martinis. 2010. Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: Gaung Persada
Yusvavera, Nuni. 2013. Desain Relasi Efektif Guru Dan Murid. Yogyakarta: Buku Biru
Zuriah, Nurul. 2007. Pendidikan Moral dan Budi Pekerti. Jakarta: Bumi Aksara
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/niz.v13i2.793
Refbacks
- There are currently no refbacks.