PELAKSANAAN LAYANAN KONSELING ISLAMI MELALUI PENDEKATAN ALQURAN DI LEMBAGA PENDIDIKAN FORMAL
Abstract
Lembaga pendidikan formal terdiri atas pendidikan dasar, pendidikan menengah dan pendidikan tinggi, merupakan jenjang pendidikan tempat melakukan kegiatan transfer ilmu pengetahuan, mengembangkan potensi, membentuk karakter dan membantu dalam menyelesaikan problem-problem yang dialami oleh peserta didik. Tujuan akhir dari pendidikan itu sendiri adalah menjadikan peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kegiatan pendidikan tersebut dilakukan oleh tenaga kependidikan yang berkualifikasi sebagai guru, dosen, konselor, pamong belajar, dan sebutan lainnya. Khusus untuk konselor sebagai pendidik profesional memberikan pelayanan konseling kepada peserta didik di satuan pendidikan pada jenjang pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi. Pelaksanaan layanan konseling tersebut mengacu pada layanan konseling secara Islami. Layanan konseling Islami sebenarnya tidak jauh berbeda dengan layanan konseling secara umum yang dikemukakan oleh Prayitno yaitu layanan informasi, layanan penempatan dan penyaluran, layanan bimbingan belajar, layanan konseling perorangan, layanan bimbingan kelompok, dan layanan konseling kelompok, titik perbedaannya terdapat pada pendekatannya. Konseling Islami Pendekatan yang dilakukan berpedoman kepada ayat-ayat Alquran yaitu melalui nasihat (Q.S. Al Asr/103: 1-3), melalui mau’izatul hasanah (Q.S. Al-baqarah/2: 10), mujadalah (Q.S, An-Nahl/16: 125) dan peringatan (Q.S. Adz-Zariyat/51: 55) dengan tujuan akhirnya adalah memberikan bantuan kepada peserta didik yang sedang mengalami kesulitan lahir dan batih dalam menjalankan tuagasnya sebagai Abdullah (hamba Allah) dan Khalifah di muka bumi ini sesuai dengan fitrahnya serta menghantarkannya untuk lebih dekat kepada Allah Swt. dan mengetahui jati dirinya serta memperkuat penegakkan tauhid dalam diri.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30821/niz.v8i2.397
Refbacks
- There are currently no refbacks.