PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DISCOVERY TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MIN KOTA MEDAN

Nirwana Anas, Nur Raudha Hasana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) penerapan strategi pembelajaran discovery pada mata pelajaran IPA, 2) hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA, 3) pengaruh yang signifikan antara pengaruh strategi pembelajaran discovery terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Experiment. Populasi penelitian ini adalah kelas V-A dan kelas V-B di MIN Sei Agul. Sampel ditentukan melalui teknik Total Sampling. Berdasarkan teknik tersebut, diperoleh kelas V-A sebagai kelas eksperimen (dengan strategi pembelajaran discovery) dan kelas V-B sebagai kelas kontrol (dengan pembelajaran Konvensional). Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPA ranah kognitif yang dikumpulkan melalui tes objektif pilihan ganda. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Temuan penelitian ini sebagai berikut : 1) penggunaan strategi pembelajaran discovery di kelas V MIN Sei Agul Kota Medan yaitu pada kelas eksperimen (VA) memiliki hasil belajar yang lebih tinggi, 2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di MIN Sei Agul Kota Medan pada kelas eksperimen (VA) yang diberi perlakuan menggunakan strategi pembelajaran discovery termasuk dalam kategori baik dengan rata-rata post test = 82,00 dan hasil belajar siswa kelas kelas kontrol (VB) yang diberi perlakuan menggunakan strategi pembelajaran konvensional pada pembelajaran IPA termasuk dalam ketegori cukup dengan nilai rata-rata post test = 71,71. 3) berdasarkan hasil uji t, hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara strategi pembelajaran discovery terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di MIN Sei Agul Medan. Hal ini dapat dibuktikan dari tes akhir t hitung > t tabel yaitu 3,111 > 1,994 (n = 35) dengan taraf signifikansi 0,05 atau 5% yang menyatakan bahwa Ha diterima dan H 0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa “Terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan strategi pembelajaran Discovery terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V MIN Sei Agul Kota Medan

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30821/niz.v8i2.391

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING