PENGARUH LAYANAN INFORMASI MENGGUNAKAN MODEL PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY (REBT) UNTUK MENCEGAH FEAR OF MISSING OUT (FOMO) PADA SISWA SMA SWASTA BUDI AGUNG MEDAN

Ririn Dessy Utami, Tetty Muharni

Abstract


ABSTRAK:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran gejala fear of missing out (FoMO) pada siswa SMA Swasta Budi Agung Medan. Adapun dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh dari layanan infomasi menggunakan pendekatan rational emotive behavior therapy untuk mecegah fear of missing out (FoMO) yang dilihat dari hasil skor sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) pemberian perlakuan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen one group design pretest and posttest. Objek dari penelitian ini adalah siswa kelas X MIA Sisingamangaraja SMA Swasta Budi Agung Medan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket pada siswa yang sering bermain sosial media dan juga yang sesuai dengan indikator yang merujuk pada fear of missing out (FoMO) seperti, ketakutan, kehawatiran dan kecemasan akan ketinggalan momen/trend. Hasil uji analisis menggunakan uji T yang didukung dengan SPSS versi 26. Dengan hasil uji t yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa taraf signifikansi 0,05 dengan peluang 1- α dan derajat kebebasan dk = n-k = 26-1= 25 maka dari tabel t diperoleh t = 1,708. Dengan demikian t hitung>t tabel (5,880 > 1,708) atau sig ,000< 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pencegahan fear of missing out (FoMO) sebelum dan sesudah dilakukan layanan informasi menggunakan pendekatan rational emotive behaviortheraphy (REBT) pada siswa SMA Swasta Budi Agung Medan  kelas X MIA Sisingamangaraja.

Kata kunci: LayananInformasi, Rational Emotive Behavior Therapy (REBT), Fear of Missing Out (FoMO).

 ABSTRACT: This study aims to determine the description of the symptoms of fear of missing out (FoMO) in Budi Agung Medan Private High School students. The purpose of this research is to describe the influence of information services using a rational emotive behavior therapy approach to prevent fear of missing out (FoMO) as seen from the score results before (pretest) and after (posttest) the treatment. This research is quantitative research with a one group design pretest and posttest experimental method. The object of this research was class X MIA Sisingamangaraja students at Budi Agung Medan Private High School. The data collection technique in this research uses a questionnaire on students who frequently use social media and who also correspond to indicators that refer to fear of missing out (FoMO), such as fear, worry and anxiety about missing out on moments/trends. The results of the analysis test use the T test supported by SPSS version 26. With the results of the t test that has been carried out it can be seen that the significance level is 0.05 with a probability of 1- α and degrees of freedom dk = n-k = 26-1= 25, so from the t table it is obtained t = 1.708. Thus tcount>ttable (5.880 > 1.708) or sig .000 < 0.05 so that Ho is rejected and Ha is accepted. It can be concluded that there is an effect of preventing fear of missing out (FoMO) before and after providing information services using the rational emotive behavior therapy (REBT) approach for students at Budi Agung Medan Private High School class X MIA Sisingamangaraja.Keywords: Information Services, Rational Emotive Behavior Therapy (REBT), Fear of Missing Out (FoMO).

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30821/niz.v13i2.3238

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING