Dosen Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatera UtaraANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR ILMIAH (SCIENTIFIC THINKING) SISWA SD TEKAD MULIA

NIRWANA ANAS

Abstract


Penerapan metode praktek pada pembelajaran IPA sudah sering diterapkan guru ketika melaksanakan proses pembelajaran. Metode praktek memberikan pengalaman nyata bagi siswa ketika terjadi proses pembelajaran IPA. Penerapan metode praktek diharapkan dapat mengembangkan kemampuan berpikir ilmiah (scientific thinking) siswa terutama pada pembelajaran IPA. Setelah pembelajaran selesai, siswa sering tidak mengetahui apa yang telah dipelajarinya ketika belajar dengan penerapan metode praktek tersebut. Hal ini merupakan salah satu kelemahan pada pembelajaran IPA. Kemampuan berpikir ilmiah (scientific thinking) ini diperlukan sebagai syarat untuk dapat melakukan komunikasi dengan baik. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di SD Tekad Mulia ditemukan bahwa kemampuan berpikir ilmiah (scientific thinking) siswa di sekolah tersebut masih rendah.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30821/niz.v6i1.25

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING