PENGEMBANGAN PROFESIONALITAS GURU MELALUI PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG) DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN INDONESIA.

Sakila Safa Nika, Nina Rahayu

Abstract


The Indonesia state continues to strive to imporove the quality of education and so far the government has taken various strategies in an effort to improve the quality of educator, both in the form of education and training programs. Teachers professional teacher are produced through academic education (S1) and teacher professional education (PPG) government teacher professional development programs are seen as an important way to improve the quality of educators, through curriculum research, infrastructure, human resources and field experience programs, to produce quality teachers wuth the competence and certification of educator. The PPG program pursued by the government will produce professional teachers who have high graduate competencies and are able to be competitive.  Key words: Teacher Professionalism, Teacher Professional Education (PPG).

Full Text:

PDF

References


Ainul, Firdaus Ainul Firdaus. “Analisis Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru.” At-Ta’lim: Jurnal Pendidikan 3, no. 2 (2017): 154–79.

Dewi, Ratna, dan Sita Husnul Khotimah. “Pengaruh Profesionalisme Dan Disiplin Kerja Guru Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar.” ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal 8, no. 2 (2020): 279.

Disas, Eka Prihatin. “Analisis kebijakan pendidikan mengenai pengembangan dan peningkatan profesi guru.” Jurnal Penelitian Pendidikan 17, no. 2 (2017).

Farikh, Amin. “Kesiapan Guru Madrasah Di Kota Semarang Dalam Menghadapi Pelaksanaan Ppg.” Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam dan Sosial 2, no. 1 (2016): 1–19.

Hanun, Farida. “Implementasi penyelenggaraan program pendidikan profesi guru (PPG) pendidikan agama islam di LPTK UIN Serang Banten.” EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan 19, no. 3 (2021): 268–85.

Hasibuan, Ahmad Tarmizi, Dayang Lidya Fitriah, Azizah Febryani Nasution, dan Siti Aisyah Harahap. “Professionalisme Guru MI di Era Kebebasan (Merdeka Belajar).” MUDABBIR Journal Reserch and Education Studies 3, no. 1 (2023): 146–53.

Hasibuan, Ahmad Tarmizi, Nurzakiah Simangunsong, Ely Rahmawati, dan Rahmaini Rahmaini. “Humanization of education in the challenges and opportunities of the disruption era at nahdlatul ulama elementary school.” Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru Mi 7, no. 2 (2020): 264–79.

Hasibuan, Ahmad Tarmizi, Wilna Wulan Simatupang, Riska Rudini, dan Sofiah Ani. “Implementasi Sistem Pendidikan Terbaik Dunia di Jenjang Anak Usia Dasar Telaah Sistem Pendidikan Finlandia.” Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (JPMS) 9, no. 1 (2023).

Herlianto, Jajang Ikbal, S. Suwatno, dan H. Herlina. “Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kearsipan Smk Administrasi Perkantoran Di Smk Negeri 1 Ciamis.” Jurnal Manajerial 17, no. 1 (2018): 70–82.

Holy, Ichda Wahyuni. “Diskursus Profesionalitas Guru Sekolah Dasar Pada Pendidikan Abad 21.” Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan 23, no. 1 (2023): 88–98.

Jamin, Hanifuddin. “Upaya meningkatkan kompetensi profesional guru.” At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 2018, 19–36.

Judijanto, Loso, Heru Kreshna Reza, dan Melly Susanti. “Peningkatan Partisipasi Guru Pada Pendidikan Dasar Melalui Sertifikasi Guru.” Journal on Education 6, no. 4 (2024): 18121–30.

Khadijah, Siti. “Efektivitas pelatihan kompetensi dalam peningkatan kinerja guru di SMPN 1 Batang Gangsal.” Jurnal Mitra Manajemen 1, no. 2 (2017): 151–63.

Mulyani, Desti, Syamsul Ghufron, Akhwani Akhwani, dan Suharmono Kasiyun. “Peningkatan karakter gotong royong di sekolah dasar.” Lectura: Jurnal Pendidikan 11, no. 2 (2020): 225–38.

Mutia, Tiska. “Upaya Guru Bimbingan Konseling Terhadap Perencanaan Karir Siswa di SMA Negeri 1 Darussalam.” PhD Thesis, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, 2024.

Nofriyanti, Yelva, dan Nurhafizah Nurhafizah. “Etika Profesi Guru Paud Profesional Dalam Mewujudkan Pembelajaran Bermutu.” Jurnal Pendidikan Tambusai 3, no. 1 (2019): 676–84.

Prasojo, Lantip Diat, Udik Budi Wibowo, dan Arum Dwi Hastutiningsih. “Manajemen Kurikulum Program Profesi Guru Untuk Daerah Terdepan, Terluar, Dan Tertinggal Di Universitas Negeri Yogyakarta.” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 2, no. 1 (2017): 39–53.

Remmang, Hasanuddin, dan Haeruddin Saleh. “Kompetensi Guru Dalam Peningkatan Kualitas Didik.” Chakti Pustaka Indonesia, 2022.

Ridwan, Muannif, A. M. Suhar, Bahrul Ulum, dan Fauzi Muhammad. “Pentingnya penerapan literature review pada penelitian ilmiah.” Jurnal Masohi 2, no. 1 (2021): 42–51.

Riyadin, Slamet. “Kebijakan Pengembangan Profesionalisme Berkelanjutan Guru PNS.” JKMP (Jurnal Kebijakan dan Manajemen Publik) 4, no. 2 (2016): 219–34.

Sadila, Laila, Nur M. Ridha Tarigan, dan Ismail Nasution. “Pengaruh Kompetensi Guru dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru SMK Swasta Wira Jaya Tanjung Morawa.” JRMB (Jurnal Riset Manajemen & Bisnis) 8, no. 1 (2023): 40–44.

Sa’Diyah, Halimah As. “Pendidikan Profesi Guru (PPG) Sebagai Upaya Peningkatan Profesional Guru.” Seri Publ. Pembelajaran 1, no. 1 (2023): 1–12.

Sastrawan, Ketut Bali. “Profesionalisme guru dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran.” Jurnal Penjaminan Mutu 2, no. 2 (2016): 65–73.

Siahaan, Amiruddin, dan Tohar Bayoangin. “Manajemen Pengembangan Profesi Guru,” 2014.

Solihin, Solihin. “Analisis Kebijakan Pendidikan Terkait Laporan Kinerja Pendidik Di Sdit Al Mumtaz Kabupaten Tangerang.” Aksioma Ad Diniyah : The Indonesian Journal Of Islamic Studies 10, no. 1 (30 Juni 2022).

Sonita, Era, dan Helmi Helmi. “Peningkatan SDM Menuju Kemandirian UMKM Melalui Kualitas Pendidikan dalam Mewujudkan Sustainable Development Goals.” JUSIE (Jurnal Sosial dan Ilmu Ekonomi) 4, no. 02 (2019): 88–97.

Sudarsana, I. Ketut. “Peningkatan mutu pendidikan luar sekolah dalam upayapembangunan sumber daya manusia.” Jurnal Penjaminan Mutu 1, no. 1 (2015): 1–14.

Sudarsono, Sudarsono. “Upaya Manajerial Pengembangan Kurikulum Program Unggulan Di Madrasah Aliyah.” UIN Sunan Ampel Journal of Islamic Education 4, no. 1 (2016): 92–115.

Suryadi, Suryadi. “Pengembangan Lembaga Pendidikan sebagai Organisasi Pengembangan Lembaga Pendidikan dan Pembelajaran.” IMPROVEMENT: Jurnal Ilmiah untuk peningkatan mutu manajemen pendidikan 6, no. 02 (2019): 28–44.

Suyanto, dan Asep Jihad. Menjadi Guru Profesional: Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. Penerbit Erlangga, 2013.

Walewangko, Gloria Ester Verelin, Tinneke Evie Meggy Sumual, dan Elni J. Usoh. “Hambatan dan Strategi Pengembangan Sumber Daya Pendidik.” JURNAL PENA EDUKASI 9, no. 2 (2023): 94–104.

Zulfitri, Hanifa, Nadya Putri Setiawati, dan Ismaini Ismaini. “Pendidikan profesi guru (PPG) sebagai upaya meningkatkan profesionalisme guru.” LINGUA: Jurnal Bahasa dan Sastra 19, no. 2 (2019): 130–36.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/niz.v14i1.1630

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING