KORELASI PEMAHAMAN KONSEP ALJABAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Tingkat pemahaman konsep operasi bentuk aljabar, (2) Hasil belajar matematika, (3) Hubungannya antara pemahaman konsep operasi bentuk aljabar dengan hasil belajar matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskripsi korelasi. Populasi berjumlah 360 siswa/I besar sampel dihitung dengan rumusan solvin. Intrumen pengumpulan data angket. Dalam penelitian ini juga diperoleh koefisien korelasi rxy = 0,974, sedangkan t hitung = 37,48. Nilai t tabel (dk 76 : α = 0,05) adalah sebesar 1,995 sehingga diperoleh t hitung = 37,48 > t tabel = 1,995. Sedangkan koefisien determinan I = 0,94 atau 94% yang berarti besarnya sumbangan variabel bebas X terhadap variabel terikat Y adalah 94 % sedangkan 6% lagi ditentukan oleh faktor lain. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara pemahaman konsep bentuk aljabar dengan hasil belajar matematika siswa kelas VII MTsN 2 Medan.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30821/niz.v7i1.154
Refbacks
- There are currently no refbacks.