PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PENGOLAHAN DATA KELAS VI SD MUHAMMADIYAH 01 BINJAI
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui (1) Hasil belajar sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT, (2) Hasil belajar sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT, (3) penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT pada mata pelajaran Matematika. Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang kurang memuaskan pada mata pelajaran matematika kelas VI SD Muhammadiyah 01 Binjai. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI pada mata pelajaran matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Muhammadiyah 01 Binjai yang berjumlah 18 siswa, tahun ajaran 2017. Desain penelitian ini menggunakan model siklus Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini merupakan Penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan melalui proses perencanaan, tindakan, pengamatan atau observasi, dan refleksi. Data yang diambil dari penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis, lembar observasi dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil tes penelitian tindakan kelas Pre Test diperoleh ketuntasan klasikal 5,56%, siklus I diperoleh ketuntasan klasikal 50 % . Pada siklus II ketuntasan klasikal 100%, maka dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD Muhammadiyah 01 Binjai.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30821/niz.v7i1.153
Refbacks
- There are currently no refbacks.