MINAT BELAJAR SISWA SD TERHADAP PKN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN
Abstract
Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) merupakan bidang studi yang di dalamnya terdapat teori-teori yang berkaitan dengan kewarganegaraan. Hal ini menjadikan salah satu kendala bagi pendidik yang mengajarkan pada peserta didiknya tentang PKn yang memang lebih banyak diisi dengan metode ceramah, sehingga siswa merasa PKn merupakan pelajaran yang membosankan tanpa ada kegiatan di luar kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model pembelajaran bermain peran pada pembelajaran PKn pada materi Memahami Sistem Pemerintahan Republik Indonesia (Pemilu). Model pembelajaran bermain peran adalah suatu metode belajar yang dilakukan peserta didik dengan cara melakukan akting dan penghayatan terhadap suatu penokohan. Melalui model pembelajaran bermain peran ini, secara khusus dapat meningkatkan ketertarikan siswa terhadap pembelajaran PKn itu sendiri dengan banyaknya kelebihan yang didapat sehingga tercapainya tujuan dari pembelajaran yang aktif dan efektif.
Kata Kunci: Pendidikan Kewarganegaraan, Model Pembelajaran, Bermain Peran
Full Text:
PDFReferences
Apriani, Heni. Penerapan Metode Role Playing pada Topik DNA dan Sintesis Protein di Kelas XII SMA Negeri 9 Palembang, Skripsi, Palembang: FKIP Universitas Sriwijaya.
Darmadi. Pengembangan Model Dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish, 2017.
Hamdayana, Jumanta. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Jakarta: Ghalia Indonesia, 2014
Nasution, Abdul Gani Jamora. “Diskursus Merdeka Belajar Perspektif Pendidikan Humanisme”, Jurnal Ihya Al-Arabiyah, Vol/. 6 No. 1 tahun 2020 lihat http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ihya/article/view/7921
Nasution, Abdul Gani Jamora. “Pembelajaran Edutainment: Tinjauan Filosofis Pendidikan Islam”, Ihya Al-‘Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab Vol. 3 No. 2 tahun 2017. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ihya/article/view/1324
Suhana, Cucu. Konsep Strategi Pembelajaran (Edisi Revisi). Bandung: Refika Aditama, 2014.
Trianto. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya Dalam KTSP, Jakarta: Bumi Aksara, 2013.
Undang-undang Nomor 2 Tahun 1989.
Usiono. Pancasila dan Kewarganegaraan. Medan: Perdana Publishing, 2016.
Winataputra, Udin S. Pembelajaran PKn di SD. Jakarta: Universitas Terbuka, 2008.
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/niz.v11i1.950
Refbacks
- There are currently no refbacks.