PENGARUH PELAKSANAAN PENDEKATAN MONTESSORI TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK KELOMPOK B DI RAUDHATUL ATHFAL HUSNA AL-FAUZAN BINJAI

Raisah Armayanti Nasution, Icut Aprillia

Abstract


Abstrak: Penelitian ini dilaksanakan di RA Husna Al-Fauzan, Jl. Ikan senangin No 2A Kecamatan Binjai Timur, Kota Binjai. Pada Tanggal 04 sampai 16 Maret 2020. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen dengan desain Quasi Eksperimental Design dengan tipe Non Equivalent Control Group Desain. Populasi berjumlah 20 orang anak, karena jumlah populasi kurang dari 100 maka penentuan sampel menggunakan teknik total sampling. Rumusan masalah penelitian ini: Bagaimana pelaksanaan pendekatan Montessori, Bagaimana perkembangan sosial emosional, dan apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara pelaksanaan pendekatan Montessori terhadap perkembangan sosial emosional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pelaksanaan pendekatan Montessori (2) perkembangan sosial emosional anak (3) Pengaruh yang signifikan antara penerapan pendekatan Montssori terhadap perkembangan sosial emosional anak kelompok B di RA Husna Al-Fauzan T. A 2019/2020. Hasil penelitian rata-rata kelas eksperimen pre test 61,25 dan rata-rata post test 85,76, dengan nilai tertinggi post test 92,5 dan nilai terendah post test 80. Kelas kontrol dengan rata-rata pre test 55,5 dan rata-rata nilai post test 75,5, dengan nilai tertinggi 87,5dan terendah 70. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 18,697> 2,3060 dengan angka signifikan α= 0,05. Dengan demikian hipotesis Ho ditolah dan Ha diterima sehingga dinyatakan ada pengaruh yang signifikan dari penerapan pendekatan Montessori terhadap perkembangan sosial emosional anak kelompok B di RA Husna Al-Fauzan T.A 2019/2020.

Full Text:

PDF

References


Djaali, Psikologi Pendidikan, Jakarta : Bumi Aksara, 2012.

Fu’ad Muhammad Abdul Baqi. Kumpulan Hadist Shahih Bukhari-Muslim, Solo: Insan Kamil Solo, 2010.

Gustina Fatma, Khadijah, Fauziah Nasution. Pengaruh Model Pembelajaran Maria Montessori Terhadap Perkembangan Kedisiplinan Anak Usia 4-5 tahun di TK Islam Ibnu Qoyyim Kec. Medan Selayang. Jurnal Raudha, Vol. 07 (02), Juli-Desember 2019, ISSN: 2338-2163.

Hasan, Aliah. Psikologi Perkembangan Islami: Menyikap Rentang Kehidupan Manusia Dari Prakelahiran Hingga Pascakematian, Jakarta: Rajawali Pres, 2006.

Jaipaul, Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Berbagai Pendekatan. Jakarta: Prenadamedia Group, 2009.

Khadijah, Pendidikan Pra sekolah, Medan: Perdana Publishing, 2016.

Kumalasari, Ade. Montessori Play and Learn, Yogyakarta: Bentang Pustaka, 2017.

Lee, Gutek Geral. The Montessori Method, Littlefield Publisher. Metode Montessori. Terj. Ahmad Lintang Lazuardi. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2010.

Maisarah, Matematika & Sains Anak Usia Dini, Medan: Akasha Sakti, 2018.

Mansur, Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.

Mashar, Riana. Emosi Anak Usia Dini Dan Strategi Pengembangan, Jakarta: Kencana, 2011.

Matondang, Zulkifli. Statistika Pendelikon, Medan: Unimed Press, 2013.

Montessori, Maria. Metode Montessori, Pustaka Pelajar: Yoyakarta, 2013.

Nasution, Armayanti Raisah. Penanaman Disiplin dan Kemandirian Anak Usia Dini Dalam Metode Maria Montessori. Jurnal Raudha, 02 Juli-Desember 2017.

Nugraha, Ali. Metode Pengembangan Sosial Emosional. Jakarta: Universitas Terbuka, 2011.

Nugraha, Rahmawati. Metode Pengembangan Sosial Emosional, Jakarta: Universitas Terbuka, 2014.

Pito, Ahmad. Pengaruh Metode Permainan Edukatif Dalam Pembelajaran PAI Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini di PAUD Inkuisi Ahsanu Amala, Yogyakarta, 2012.

Puspita, Devita. Belajar Bahasa inggris Untuk Anak Usia Dini, Malang: UB Pres, 2018.

Said Bahreisy & Salim, Terjemah Singkat Tafsir Ibnu Katsier Jilid 4, Surabaya: PT Bina Ilmu, tt.

Semiawan, Sujiono. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Indeks, 2015.

Simone, Davie. The Montessori Toodler,: Terj. Ade Kumalasari, Yogyakarta: Bentang Pustaka, 2019.

Suryadi. Psikologi Belajar PAUD, Yogyakarta: Pegagogja, 2010.

Susanto, Ahmad. Perkembangan Anak Usia Dini, Jakarta: Prenada Media Group, 2014.

Wagito, Bimo. Pengantar Psikologi Umum, Yogyakarta: Andi, 2004.

Yus, Anita. Model Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana Prenada Media, 2010.

Yusuf, Syamsu. Dkk. Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: Raja Grafindo, 2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/niz.v11i1.924

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING