FILSAFAT MATEMATIKA SEBAGAI PEMBENTUKAN KARAKTERISTIK MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR
Abstract
ABSTRAK : Pada hakikatnya kedudukan ilmu pengetahuan adalah untuk mempermudah kehidupan manusia. Begitu pula dengan matematika yang tergolong sebagai ilmu pengetahuan. Lahirnya matematika tak lain untuk memberikan kemudahan dan mengatasi berbagai permasalahan kehidupan. Filsafat matematika adalah cabang filsafat yang mempelajari asumsi filosofis, landasan, dan dampak matematika. Tujuan dari filsafat matematika adalah untuk memberikan catatan tentang hakikat dan metodologi matematika serta untuk memahami tempat matematika dalam kehidupan manusia. Media pembelajaran sangat diperlukan agar penyampaian materi dalam pengajaran menjadi lebih menarik, tidak membosankan, dan membuat siswa yang menerimanya menjadi lebih tertarik untuk mengikuti pembelajaran. Filsafat matematika berperan dalam membentuk karakteristik proses pembelajaran matematika sehingga dapat menyesuaikan peran dan fungsi media pembelajaran itu sendiri agar dapat berfungsi dengan baik. Media pembelajaran sendiri selalu berkaitan dengan cara penyampaian materi. Seorang presenter atau guru diharapkan mampu memaksimalkan penggunaan media pembelajaran. Metode yang digunakan dalam artikel ini menggunakan metode studi literatur.
Kata Kunci: Filsafat matematika, pembentukan ciri, media pembelajaran
Full Text:
PDFReferences
Anderha, R. R., & Maskar, S. (2021). PENGARUH KEMAMPUAN NUMERASI DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik
Ernest, P. (1991). The philosophy of mathematics education. Taylor & Francis.
Fatimah, C., Wirnawa, K., & Dewi, P. S. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Operasi Perkalian Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (Smp). Jurnal Ilmiah Matematika Realistik
Fedi, S., Kurnila, V. S., Susanti, V. D., Hutneira, R., Rochmad, & Isnarto. (2021). Pembelajaran matematika berbasis filsafat humanis. Jurnal Pendidikan Tambusa
Gayatri, N. G. (2022). Pentingnya filsafat dalam matematika bagi mahasiswa pendidikan matematika. Journal of Arts and Education
Handoko, H., Rochmad, & Isnarto. (2022). Nilai-nilai matematika dalam perspektif filsafat humanisme sebagai pembentuk kepribadian. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 5.
Istikhomah, R. I., & BS, A. W. (2021). Filsafat Sebagai Landasan Ilmu dalam Pengembangan Sains. Jurnal Filsafat Indonesia
Maskar, S. (2018). Alternatif Penyusunan Materi Ekspresi Aljabar untuk Siswa SMP/MTs dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Prisma
Rahmawati, N. D., Rochmad, R., & Isnarto, I. (2022). Bagaimana Matematika Tumbuh Berdasarkan Pandangan Filsafat. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika
Ritaudin. (2015). Mengenal Fisafat dan Karakteristiknya. Kalam.
Saputra, V. H., & Febriyanto, E. (2019). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Anak Tuna Grahita. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika
Sari, M., & Asmendri. (2018). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Penelitian Kepustakaan (Library Research) Dalam Penelitian Pendidikan IPA
Wahyudi, W., & Putra, A. (2022). Systematics literature review: eksporasi etnomatematika pada aktivitas masyarakat. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika,
Wahyudin. (2014). Sejarah dan filsafat matematika Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Wardi, Syah, and Zuhri Arif. (2023). “A Critical Review on The Law of Cina Buta (Chinese Blind) According to Shaykh Abdul Qadir Bin Abdul Muthalib Al Mandili Al Indonesia Al Shafi’i.” DIKTUM: Jurnal Syariah Dan Hukum 21 (2023): 15–23. https://doi.org/https://doi.org/10.35905/diktum.v21i1.4954.
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/niz.v14i2.3709
Refbacks
- There are currently no refbacks.