EFEKTIFITAS PENANAMAN NILAI-NILAI ISLAM DALAM MATA PELAJARAN UMUM DI SDIT CAHAYA INSANI TEMANGGUNG

Wahyuni Wahyuni, Imam Mawardi

Abstract


ABSTRAK:  Tujuan penelitian ini adalah mengkombinasi antara ilmu pengetahuan dengan nilai-nilai pokok dasar ajaran Islam sehingga akan memperkuat pemahaman peserta didik tentang Islami di SDIT Cahaya Insani Temanggung. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Responden dalam penelitian ini adalah Kepala sekolah, Wakil Kepala Sekolah dan Guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi dan wawancara. Analisis data yang dilakukan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi, sedangkan penyajian keabsahan data dilakukan dengan memfokuskan pada hal-hal yang menjadi pokok bahasan, analisis dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Keterampilan guru dalam menerapkan penanaman nilai-nilai Islam pembelajaran sudah  2) Pendukung diterapkannya penanaman nilai-nilai Islam mata pelajaran umum adalah kerjasama yang baik antara kepala sekolah dengan guru, guru dengan guru yang berusaha mengembangkan kualitas mengajar yang baik dan saling berbagi informasi terbaru terkait hal tersebut, dan guru dimudahkan dalam mengelola kelas, 3) Kendala yang dihadapi guru saat diterapkannya penanaman nilai-nilai Islam dalam mata pelajaran umum adalah dalam perencanaan, masih kurangnya pengetahuan guru tentang variasi nilai-nilai Islami sesuai materi.

Kata Kunci : penanaman nilai-nilai Islam, mata pelajaran umum, materi pelajaran


Full Text:

PDF

References


Bali, M. M. E. I., & Susilowati, S. (2019). Transinternalisasi Nilai-Nilai Kepesantrenan Melalui Konstruksi Budaya Religius Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 16(1), 1–16. https://doi.org/10.14421/jpai.jpai.2019.161-01

Himyari Yusuf. (2016). Nilai-Nilai islam dalam FalsaFah hidup masyarakat lampuNg himyari yusuf. Jurnal Studi Agama Dan Pemikiran Islam, 10(1), 167–192.

Hudah, N. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Islam Dalam Membentuk Akhlak Mulia Melalui Kegiatan Mendongeng di TK Terpadu Nurul Amal Buyuk Bringkang Menganti Gresik. Fikroh: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 12(2), 113–129. https://doi.org/10.37812/fikroh.v12i2.49

Siregar, A., & Manurung, I. D. (2021). Aplikasi M-Learning Pada Dongle Melalui Nilai-Nilai Islam. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 13(1), 40–53. https://doi.org/10.30596/intiqad.v13i1.5722

Zulkarnain. (2008). Buku - Transformasi Nilai - zul d.pdf.

Muhtarudin, H &Muhsin , A (2019). Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Kitab al-Mawa’is ‘Usfuriyyah. Jurnal Pendidikan Islam, 3(2),

Sukardi.M (2019) “Metodologi Penelitian Pendidikan” Jakarta, Bumi Aksara hal 207-208

Adyanto, P. (2017) “Manajemen Kurikulum Pendidikan Islam”, Jurnal Sabilarrasyad, 2(1), 126

Junaedi, A. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam sejak dini bagi Pembentukan Karakter siswa di RA Al Falah Desa Pegagan Kidul Kecamatan Kapetakan Kabupaten Cirebon. Jurnal Ilmiah Kajian Islam, 3(2), 117-118.

Erwanto. (2019). Penerapan Kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) dalam pembentukan Karakter Siswa SMPIT Khoiru Ummah Rejang Lebong. Jurnal al-Bahtsu, 4(1), 83.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/niz.v13i2.2834

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING