MOTIVASI BELAJAR BACA PADA SISWA KELAS RENDAH SEKOLAH DASAR

Ilma Husnul Sabila, Aulia Rika Harahap

Abstract


Membaca untuk anak merupakan dasar untuk tingkat pendidikan sekolah dasar membaca bagi tingkat pendidikan perlu diperhatikan oleh pendidik, sebab jika pada peserta didik kuat pada landasan pendidikan peserta didik akan mengalami kesulitan untuk dapat memperoleh dan memiliki pengetahuan dasar, dalam kemampuan membaca peserta didik dapat dilakukan tanpa sarana-sarana yaitu bahan bacaan yang baik dan mudah dimengerti oleh peserta didik, dalam minat baca pada anak terhadap motivasi dan dorongan belajar pada anak terutama dorongan terhadap orang tua pada umumnya (masyarakat) maka keterampilan dalam membaca merupakan fasilitas yang menjunjung tinggi harkat dan martabat bangsa, tetapi menjadi kendala dari kenyataannya sekarang rendahnya kemampuan membaca terhadap peserta didik dan perlu ditingkatkan lagi terhadap (masyarakat) hal ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab rendahnya kemampuan dan kesulitan membaca pada peserta didik. Faktor yang menghambat pembacapermulaan siswa di kelas I yaitu factor anak yang belum mengenal huruf (daya ingat yang lemah) dankurangnya bimbingan orang tua di rumah. Solusi untuk mengatasi kesulitan dalam membacapermulaan yaitu, guru kelas lebih memprioritaskan, memberikan pelatihan khusus anak-anak yang mengalami kesulitan, hubungan kerjasama yang baik antara guru dan orang tua siswa selalumemantau anak dalam belajar membaca, minat siswa harus dikembangkan dan dilatih terus menerus.

Full Text:

PDF

References


Arifin Ahmadp, 2017,permainan bahasa (katarsis) untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas iv a sd negeri 01 metro pusat,( Pasundan: jurnal pendidikan dasar), h. 3

Asep Muhyidin, 2017,evaluasi pembelajaran membacapermulaan di kelas awal sekolah dasar,(modeling, September), h.5-6

Asih mardati,Hanum Hanifa Kusuma,Sri tutur martaningsih,Ika maryani ,2021, peran guru dan membentuk karakter siswa,(Yogyakarta, UAD press),h.526

Ade Hendrayani, peningkatan minat baca dan kemampuan membaca peserta didik kelas rendah melalui penggunaan reading corner,(Ciamis: jurnal penelitian pendidikan), h.2-3.

Ahmad Wahyudi,M.pd,Fandi Purnomo,M.pd, 2021,membaca itu pintar untuk kalangan anak sekolah dasar,(guepedia group, Oktober),h.30.31

BIP kelompok Gramedia, pedoman umum ejaan bahasa Indonesia PUEBI dan pembentukan istilah

Dahlia Patiung, 2016,membaca sebagai sumber pengembangan intelektual, (Makassar), h.3-4

Dr.muhammad Yaumi, M.Hum, MA,2017, prinsip prinsip desain pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013,(Jakarta,kencana),h.98

Devita vuri,2016,penerapan pendekatan pengalaman bahasa di sekolah dasar kelas rendah,(Karawang, jurnal ilmiah guru),h.26-27

Dr. Ali Mustadi, M.Pd.,Rizky Amelia, M.Pd,Wahyu Nuning ,Budiarti, M.Pd.,Deri Anggraini, M.Pd.,Eva Amalia, M.Pd.,Ari Susandi, M.Pd.,2021,Strategi Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dan Bersastra yang Efektif di SekolahDasar,(Yogyakarta,UNY press),h.4

Erna Ikawati,2013,Upaya Meningkatkan Minat Membaca Pada Anak Usia Dini,(Padangsidimpuan,logaritma),h.4-5

Erwin Harianto,2020,Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa,(jeneponto,jurnal didaktita),h.7

Ghullam Hamdu, Lisa Agustina,pengaruh,2011, motivasi belajar siswa terhadap pestasi belajar ipadi sekolah dasar,(Tasikmalaya,Jurnal Penelitian Pendidikan)

Harwintha Y. Anjarningsih,2021,Diksleksia perkembangan di Indonesia perspektif siswa dan guru,( Jakarta,pustaka obor Indonesia),h.3

Ichyatul Afrom,2013,studi tentang faktor penyebab rendahnya kemampuan membaca,(Palangkaraya, anterior jurnal,),h.3-4

Meta Br.Ginting.M.pd,2019, ajar bahasa Indonesia sekolah Dasar kelas Rendah, (anggota IKAPI, no 181, JTF)

Prof.Dr.Ir. Herawati,M.Si,Dr.bachri,M.pd,2018,maksimalkan peran pendidikan dalam membangun karakter anak usia dini sebagai wujud bangsa,mei 2018.

Sarwandi, Raudatul Izmi, 2022Penerapan Strategi Cara Belajar Siswa Yang Aktif (CBSA) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa,(Medan,Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer),h.1-2

Tadruroatun mustiroh,2009menumbuh kembangkan baca tulis anak usia dini, ( Grasindo),h.4

Wiyani Windrawati,Solehun, Harun Gafur, 2020,Analisis Faktor Penghambat Belajar Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I SD Inpres 141,(Sorong: jurnal papeda),h.3




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/niz.v13i2.2444

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING