HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DENGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SEKOLAH DASAR NEGERI KECAMATAN MEDAN MARELAN KOTA MEDAN
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan manajemen kepala sekolah dengan kompetensi profesional guru di sekolah dasar negeri se-kec. Sei Tuan Kota Medan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh sekolah dasar negeri se-kec. sei tuan yang berjumlah 66 sekolah. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes yang di dukung dengan studi dokumentasi. Teknik analisa data dalam mengetahui kemampuan manajemn kepala sekolah dan kompetensi profesional guru digunakan teknik analisa data deskriptif untuk mengetahui hubungan manajemen kepala sekolah dengan kompetensi profesional guru diolah menggunakan teknik koefisien korelasi dengan bantuan SPSS for Windows 16.0. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) kemampuan manajemen kepala sekolah yang terdiri dari aspek perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan dalam nilai 9,25, (2) kompetensi profesional guru yang terdiri dari aspek menguasai materi mata pelajaran, mengasai SK dan KD pada mata pelajaran yang diampu, mengembangkan materi pembelajran, mengembangkan sikap keprofesionalan dan memanfaatkan TIK dengan nilai rata-rata sebesar 11,72 ,(3) hubungan antara kemampuan manajemen kepala sekolah dengan kompetensi profesional guru menunjukkan bahwa faktor kemampuan manajemen kepala sekolah memberikan sumbangan positif sebesar 0,417, dapat diartikan bahwa 41% kompetensi profesional guru dipengaruhi oleh manajemen kepala sekolah. Hal itu juga dapat diartikan bahwa sebesar 59% merupakan pengaruh dari variabel lain yang tidak diteliti seperti kemampuan guru dalam mengembangkan profesionalitasnya, ketersediaan fasilitas pendukung yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran, dukungan moril dan material dari kepemimpinan sekolah.
Full Text:
PDFReferences
Bafadal, Ibrahim. Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi aksara, 2003.
. Standar Kompetensi Kepala Sekolah TK,SD, SMP, SMA, SMK & SLB, Jakarta : BP. Cipta Karya, 2006.
Malayu S.P Hasibuan. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.
Miftah Thoha. Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta:Raja Grafindo Persada, 2004.
Nasution, Abdul Gani Jamora. “Pembelajaran Edutainment: Tinjauan Filosofis Pendidikan Islam” Ihya al-Arabiyah: Jurnal Pendididkan Bahasa Arab dan Sastra Arab, Vol. 3 No. 2 (2017), http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ihya/article/view/1324
Rusman. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press, 2014.
Sagala, Syaiful. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Pendidik, Bandung: ALFABETA, 2009.
Suharsimi Arikunto. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.
Sudjana, Metoda Statistika. Bandung: Tarsito Bandung, 2005.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2009.
Sukardi. Guru Powerfull Guru Masa Depan. Bandung: Kholbu, 2001.
Supardi. Kinerja Guru. Jakarta: Rajawali Press, 2014.
Wahjosumidjo. Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2002.
Yasaratodo. Profesi Kependidikan. Medan: Unimed Press, 2013.
Zuriah, Nurul. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2009
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/niz.v11i2.1310
Refbacks
- There are currently no refbacks.