IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TITO (TIME TOKEN) TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS III-A SDN 25 BILAH HILIR TAHUN AJARAN 2021/ 2022

Widya Rizka, Yusnaili Budianti, Tri Indah Kusumawati

Abstract


Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitiatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III-A SDN 25 Bilah Hilir Kecamatan Bilah Kabupaten Labuhanbatu dan  juga melibatkan guru kelas III-A sebagai sumber informasi di dalam kelas penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa dalam implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Tito (Time Token) terhadap keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas III-A SDN 25 Bilah Hilir terdapat tiga tahap dalam penerapan model pembelajaran kooperaif tipe time token yaitu: a) tahap persiapan, b) tahap penyajian dan c) tahap tindak lanjut. Dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe time token dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa, khususnya pada indikator kepercayaan diri dan kelancaran dan adapun faktor pendukung dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe time token yaitu: a) guru, b) peserta didik yang menguasai materi dan berani, c) buku paket yang digunakan dalam pembelajaran, d) kupon sebagai media utama dan juga media lain yang berhubungan dengan materi pembelajaran, sedangkan faktor penghambat dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe time token yaitu: a) peserta didik yang masih memiliki rasa malu dan b) peserta didik yang kurang menguasai materi pembelajaran.

 

Kata Kunci: Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Tito (Time Token), Keterampilan berbicara, Bahasa Indonesia.


Full Text:

PDF

References


Anggito, Albi & Johan Setiawan. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: Jejak, 2018.

Asnita & Ummul Khair. Penerapan Model Pembelajaran Time Token untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa. ESTETIK : Jurnal Bahasa Indonesia, Vol. 3 No. 1, 2020.

Cahyani, Isa. Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta Pusat: Direktorat Pendidikan Islam, 2012.

Erawati, Kadek. dkk. Pengaruh Model Time Token Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sd Negeri 3 Kaliuntu. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD Vol. 5 No. 2, 2017.

Habibati. Strategi Belajar Mengajar. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press, 2017.

Ilham, Muhammad &Iva Ani Wijiati. Keterampilan Berbicara: Pengantar Keterampilan Berbicara. Pasuruan: Lembaga Academic & Research Institute, 2020.

Mamik. Metodologi Kualitatif. Sidoardjo: Zifatama Publisher, 2015.

Marwadi. Praktis Penelitian Kualitatif. Sleman: Deepublish, 2020.

Nasution, Abdul Gani Jamora. “Pembelajaran Edutainment: Tinjauan Filosofis Pendidikan Islam”, dalam jurnal Ihyah Al-Arabiyah, Vol. 3 No. 2 tahun 2017. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ihya/article/view/1324

Ningsih, Sri &A. Rochayati. Bahasa Indonesia untuk Mahapeserta Didik. Yogyakarta: Hak Cipta, 2007.

Putri, Delia & Elvina. Keterampilan Berbahasa di Sekolah Dasar Melalui Metode Game's. Jawa Timur: Cv. Penerbit Qiara Media, 2019.

Tamba, Robenhart. Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Time Token Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Sd Negeri 106226 Padang Baru. ESJ. Vol. 5, No. 1. 2016.

Tantawi, Isma. Terampil Berbahasa Indonesia. Medan: Perdana Mulya Sarana, 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/niz.v11i2.1284

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING