Sumber Belajar vs Pembelajaran Bersanad di Madrasah Ibtidaiyah

Abdul Gani Jamora Nasution, Fachruddin Azmi

Abstract


Abstrak: wacana pendidikan Islam terus berkembang sesuai dengan kondisi yang dialami oleh para pelaku pendidikan. Terlepas, isu dihadapkan dengan civitas akademika yang dimunculkan dari perilaku masyarakat, ataupun memang hasil dari pengkajian serius dari kalangan dunia akademik. Urgensitas fenomena ini dapat dikaitkan sebagai terbuka lebarnya aksses seluruh lapisan masyarakat dalam membahas tentang pendidikan Islam itu sendiri, yang ultimate aimsnya dipahami sebagai percepatan peningkatan kualitas pendidikan Islam. salah satu isu yang kerap dikontrakskan adalah persolan sumber belajar dengan pembelajaran bersanad yang kemudian diafirmasi pada tataran madrasah ibtidaiyah sebagai lembaga formal tingkat dasar. Karena, wacana ini terus menggelinding yang kemudian mengharuskan sebuah kajian serius, artikel ini memberikan sebuah substansi krusial terhadap tersebut. yang pada akhirnya, bahwa sumber belajar dalam dunia pendidikan bermakna filosofis dipahami apa saja yang memberikan informasi terhadap ilmu pengetahuan. Sedangkan pembelajaran bersanad dipahami sebagai aktivitas pembelajaran yang memiliki akses ketersambungan ilmu pengetahuan. Inilah kemudian, disandingkan dengan posisi strategisnya masa pendidkan dasar yang harus dikelola dengan baik agar tidak terjebak pada shock informasi.

Kata Kunci: Sumber, Pembelajaran, Bersanad


Full Text:

PDF

References


Al-Abrasy, Athiyah. Prinsip-Prinsip Dasar Pendidikan Islam, terj. Abdullah Zaki Al-Kaaf, Bandung: Pustaka Setia, 2003.

Al-Khatib, Muhammad ‘Ajjaj. Ushul al-Hadist: ‘Ulumuhu wa Mushthalahuhu, (Beirut: Dar al-Fikr, 1989.

Al-Qaththan, Manna. Mabahist fi ‘Ulmu al-Hadist, Kairo: Maktabah Wahbah, 1992.

Al-Zarnuji, Burhan Al-Islam. Ta’lim al-Muta’allim Thariq al-Ta’allum, Sundan: ad-Dar al-Sudaniyyah Lil Kutub, Cet. I, tahun 2004.

Asyhar, Rayandra. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran, Jakarta: Prestasi Pustakarya, 2011.

Cahyadi, Ani. Pengembangan Media dan Sumber Belajar: Teori dan Prosedur, Cet. I, Serang: Laksita Indonesia, 2019.

Harjanto, Perencanaan Pengajaraan, Jakarta: Rineka Cipta, 2003.

https://kominfo.go.id/content/detail/12008/ada-800000-situs-penyebar-hoax-di-indonesia/0/sorotan_media

https://kumparan.com/kumparannews/4-akademisi-tanah-air-yang-terjerat-kasus-plagiarisme/3

https://regional.kompas.com/read/2020/02/24/11401471/beredar-buku-pelajaran-siswa-sd-di-tegal-sebut-nu-radikal-disdik-minta-tak?page=2

https://regional.kompas.com/read/2020/08/13/11583961/kata-nabi-tertulis-babi-puluhan-buku-agama-ditarik-aparat

https://www.bbc.com/indonesia/trensosial-41022914

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20171226202930-20-264881/kemendikbud-dinilai-masih-lemah-awasi-isi-buku-pelajaran

https://www.kompas.com/tren/read/2021/02/11/185630165/heboh-link-situs-porno-di-buku-pelajaran-sma-kominfo-bisa-langsung-diblokir

Majid, Abdul. Perencanan Pembelajaran Mengembangkan Kompetensi Guru, Bandung: Remaja Rosdakrya, 2008.

Sanjaya, Wina. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta: Kencana Media Group, 2008.

Sudjana, Nana. Teknologi Pengajaran, Bandung: Sinar Baru, 1989




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/niz.v11i2.1255

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING