PELATIHAN MANAJEMEN SEKOLAH SEBAGAI UPAYA UNTUK MENCIPTAKAN SEKOLAH EFEKTIF PADA SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN TANGGAMUS

Riswandi Riswandi

Abstract


Salah satu upaya untuk menciptakan sekolah efektif di Sekolah Dasar adalah dengan melaksanakan manajemen sekolah secara komprehensif dan menyusun rencana pengembangan program kerja sekolah. Oleh karena itu, tujuan kegiatan pengabdian ini adalah agar peserta memiliki wawasan dan pemahaman yang baik dan benar tentang ruang lingkup manajemen sekolah dalam rangka untuk mencapai sekolah efektif dan menyusun rencana pengembangan program sekolah. Tahap pelaksananaan kegiatan yang dilaksanakan adalah dengan melakukan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Metode kegiatan pengabdian yang dilaksanakan adalah ceramah dan tanya jawab, tutotial dan pendampingan, penugasan dan diskusi, serta praktik. Hasil pretest peserta yang berkaitan dengan pengetahuan dan pemahaman menunjukkan masih rendah, sedangkan yang berkaitan dengan keterampilan cukup. Hasil pretest juga menunjukkan lima orang peserta memperoleh nilai rendah, 35 orang memperoleh nilai sedang, dan 10 orang mendapat nilai baik. Setelah dilaksanakan kegiatan, hasil postest yang diperoleh peserta terjadi
kenaikan. Hasil kegiatan ini menyimpulkan (1) penguasaan peserta terhadap materi tentang ruang lingkup manajemen sekolah terjadi peningkatan, baik yang berkaitan dengan pengetahuan dan keterampilan, dan (2) terjadi peningkatan kemampuan pemahaman dan keterampilan tentang menyusun rencana pengembangan program sekolah mendapat nilai baik setelah mengikuti pelatihan yang mana sebelumnya memperoleh nilai cukup.

Kata Kunci: Manajemen Sekolah, Sekolah Efektif, Program Pengembangan Sekolah


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30829/tar.v22i1.10

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


CURRENT INDEXING
 

 

Creative Commons License

Jurnal Tarbiyah by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah/about/submissions#copyrightNotice.