PENDIDIKAN BERBASIS NILAI (ANALISIS TEORI DAN IMPLEMENTASI)

Nida Nurjunaedah

Abstract


Unsur-unsur pendidikan berbasis nilai dapat ditemukan tidak hanya dalam materi pelajaran, tetapi dalam gaya atau metode belajar yang digunakan, penjadwalan kelas, kegiatan ekstrakurikuler, dan keterlibatan orang tua. Pendidikan berbasis nilai diatur untuk mengamankan pembangunan yang membutuhkan keterpaduan lengkap antara tubuh, pikiran, dan hati, serta penyaluran energi kehidupan dalam kegiatan pembelajaran yang berkontribusi terhadap pertumbuhan kepribadian anak baik internal maupun eksternal. Pendidikan berbasis nilai merupakan instrumen untuk mencapai cita-cita kehidupan. Pendidikan yang tidak membantu mengungkapkan kebajikan manusia tidak akan melakukan apapun yang baik untuk masyarakat, melainkan akan menyesatkan keseluruhan kemanusiaan. Pendidikan sebagai instrumen harus dirumuskan atas nilai-nilai. Pembelajaran nilai, norma, dan etika, diharapkan dapat mengembalikan karakter bangsa kepada esensinya. Untuk mengembalikan karakter bangsa, pemerintah memberlakukan kurikulum 2013 yang menekankan pada pembelajaran nilai dan norma.

Key Word: pendidikan, kurikulum, nilai, karakter


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30829/tar.v21i2.19

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


CURRENT INDEXING
 

 

Creative Commons License

Jurnal Tarbiyah by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah/about/submissions#copyrightNotice.