PENGAWAS SEKOLAH PENENTU KUALITAS PENDIDIKAN

Syarifah Rahmah

Abstract


Pendidikan adalah elemen terpenting bagi suatu negara dalam menunjukkan eksistensinya sebagai negara yang memiliki integritas dan mampu bersaing dengan negara maju lainnya di dunia. Majunya pendidikan di  suatu negara tidak terlepas dari peran lembaga pendidikan yang mampu melahirkan produk sesuai dengan harapan yang ada. Untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas, maka pemerintah berdasarkan Permen PAN Nomor 91/KEP/M.PAN/10/2002 tentang jabatan fungsional dan Pengawas Sekolah, sebab Pengawas Sekolah adalah salah satu fungsi manajemen untuk menjaga agar kegiatan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi organisasi dalam rangka mencapai tujuan lebih efektif.

Pengawas Sekolah memiliki hak dan tanggung jawab penuh untuk menjalankan tugasnya dalam bidang pembinaan, yaitu membina pendidik di lembaga pendidikan yang telah ditunjuk. Bentuk pembinaan tidak hanya dalam hal proses pembelajaran saja, termasuk juga  metode, strategi, dan pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran. Kesemua hal tersebut harus menjadi pantauan dan berada di bawah pembinaan seorang supervisor. Pembinaan tidak hanya sebatas pertemuan biasa, namun harus berkelanjutan. Dalam istilah lain, sekolah adalah tempat  seorang supervisor berada dan menjadi sekolah binaannya. 

Kata Kunci: Pengawas, Sekolah   


Full Text:

PDF

References


Agung, Iskandar dan Yusfridawati. (2013). Pengembangan Pola Kerja Harmonis dan Sinergi antara Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas. Jakarta: Bestari Buana Murni.

Daryanto. (2013). Administrasi dan Manajemen Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Depag RI. (2000), Panduan Tugas Jabatan Fungsional Pengawas Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Dirjen Pembinaan Kelembagaan Agama Islam.

Hafidhuddin. Didin dan Hendri Tanjung. (2003). Manajemen Syariah dalam Praktik. Jakarta: Gema Insani.

Iskandar dan Mukhtar. (2009). Orientasi Baru Supervisi Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press.

Sudrajat, Ahmad. (2008). Pembinaan dan Pengembangan Karier Pengawas Sekolah. Dalam http://Akhmad Sudrajat. Wordpress. com.

Suhardan, D. Dkk. (2010). Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sudjana, Nana. (2009). Proposal Penelitian di Perguruan Tinggi. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Prawoto, Nasu, Sunardjo. (2009). “Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) bagi Pengawas Sekolah”. Dalam http://nasuprawoto. Wordpress. com. Diakses 20 Agustus 2018.

Yahya, Murip. (2013). Profesi Tenaga Kependidikan. Bandung: Pustaka Setia.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/tar.v25i2.378

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY

 

Creative Commons License

Jurnal Tarbiyah by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah/about/submissions#copyrightNotice.