PENGARUH KEGIATAN HANDICRAFT TERHADAP MOTORIK HALUS ANAK TK KELOMPOK B DI TK KARUNIA KECAMATAN TUNTUNGAN

Dewi Fitria, Dwi Septi Anjas Wulan, Dinda Yarshal

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kegiatan handicraft terhadap kemampuan motorik halus anak kelompok B TK Karunia  di kecamatan Medan Tuntungan.. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka jenis penelitian yang digunakan adalah ekperimen  dengan desain penelitian eksperimen kuasi yang dilakukan selama 3 bulan. Sampel dalam penelitian ini adalah 40 anak kelompok  B di TK Karunia. Instrument yang digunakan adalah tes motorik halus dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan hipotesis (uji-t). Hasil analisis data observasi akhir diperoleh  Fhitung 1,09< Ftabel 2,15 ( homogen). Uji hipotesis didapat thitung (-2,682  ) di luar daerah ttabel (2.0378), maka disimpulkan ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan kegiatan  handicraft  terhadap perkembangan motorik halus anak kelompok B di TK Karunia Kec. Tuntungan.

Kata Kunci: penelitian eksperimen, handicraft, motorik halus

 

Abstract :  The objective of this study was to determine the effect of handicraft activities on the fine motor skills children of  group B children in the TK Karunia in Kec.Medan  Tuntungan To achieve these objectives, the type of research used was experiment with the quasi - experimental research design in 3 months. Sample of this study were 40 children in group B at TK Karunia. The instrument used is fine motor tests and documentation. Data analysis uses tests of normality, homogeneity, and hypothesis (t-test). The results of the final observation data analysis obtained Fcount 1.09 <Ftable 2.15 (homogeneous). Hypothesis testing is obtained tcount (-2.682) outside the table (± 2.0378) area, it can be concluded that there is a significant effect of the use of handicraft activities on the fine motoric development of group B children in the TK Karunia in Kec. Medan  Tuntungan

Key word: experiment research, handicraft, fine motor skill


Full Text:

PDF

References


Beaty, Janice J (2013) Observasi Perkembangan Anak Usia Dini, Terj. Jakarta: Kencana

Brewer, Jo Ann. (2007). Introduction To Early Childhood Education Preschool Through Primary Grades Sixth Edition . United State of Amerika: Pearson

Dadkhah, M.F Asghar. (2004). The Impact of Education Play on Fine Motor Skills of Children. Middle East Journal of Family Medicine. 6 (6

Ekström, Anna, et al (2009) Questions, Instructions, and Modes of Listening in the Joint Production of Guided Action: A Study of Student–Teacher Collaboration in Handicraft Education, Scandinavian Journal of Educational Research Vol. 53, No. 5, October 2009, 497–514.

Jamaris, Martini (2006) Perkembangan Psikologi Anak Usia Taman Kanak-kanak . Jakarta: Grasindo.

Liu T, et.al. (2015). Motor Proficiency of the Head Start and Typically Developing Children on MABC-2. Journal Child & Adolescent Behavior. 3 (2), 1-4

Maita. (2017). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Kelompok B1 Melalui Kegiatan Kerajinan Tangan Di TK Tunas Harapan 1 Pancoran Jakarta Selatan. Thesis. Unpublished. Jakarta: Pps Universitas Negeri Jakarta

Magill, Richard A. (1989). Motor Learning Concepts and Applications. USA: C. Brown Publishers.

Moeslichatoen (2004) Metode Pengajaran di Taman kanak-kanak. Jakarta :Rineka Cipta

Ningsih, Andri Setia. (2015). Identifikasi Perkembangan Keterampilan Motorik Halus Anak Dalam Berbagai Kegiatan Main Kelompok B. Jurnal pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Edisi 7(4

Planning Commission Government of India Yojana Bhawan (2006). Status Study Of Tribal Handicraft- An Option For Livelihood Of Tribal Community In The States Of Arunachal Pradesh Rajasthan, Uttaranchal And Chhattisgarh. New Delhi, Socio-Economic and Educational Republic of the Philippines Department Of Education (2000) ,K to 12 Basic Education Curriculum Technology and Livelihood Education Handicraft Production. Philippines: DEPED Development Society (SEEDS)

Ramli. M. (2005). Pendampingan Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Rumini,Sri dan Siti, Sundari (2004) Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: Rineka Cipta

Saputra. Yudha M. dan Rudyanto. (2005). Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Anak Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Santoso, Soegeng (2007) Dasar-Dasar Pendidikan TK. Jakarta: Universitas Terbuka

Sujiono, Bambang (2008). Metode Pengembangan Fisik Edisi 1 Cetakan 2. Jakarta: Universitas Terbuka.

Susanto, Ahmad ( 2011) Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta : Kencana Prenada Media.

Syaodih. Ernawulan. (2005) Bimbingan di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Departemen Jenderal Pendidikan Tinggi.

USAID. (2009). Final Report Of Handicrafts Market Demand Analysis, United States Agency for International Development Alaa Qattan, Market Analyst, SABEQ March 12, 200




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/tar.v25i2.369

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ARCHIVES

Silakan pilih menu ARCHIVES untuk melihat jurnal edisi lainnya

Jurnal Tarbiyah indexed by: