PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA MELALUI PENDEKATAN SAVI PADA MATA KULIAH CURRICULUM AND MATERIAL DEVELOPMENT

Yenni Hasnah, Ratna Sari Dewi

Abstract


Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk menganalisis efektifitas penerapan pendekatan Somatis, Auditori, Visual, dan   Intelektual (SAVI) dalam meningkatkan prestasi belajar mahasiswa pada Mata KuliahCurriculum and Material Design Development (CMD). PTK tersebut dilaksanakan dalam tiga siklus melalui pendekatan kualitatif-kuantitatif untuk mendapatkan data penelitian. Subjek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UMSU. Data kuantitatif diperoleh melalui pemberian tes berupa pemahaman konsep kurikulum dan pengembangan desain materi pembelajaran, sedangkan data kualitatif didasarkan pada hasil observasi aktivitas mahasiswa dan dosen dalam pembelajaran. Hasil analisis data menunjukkan bahwa prestasi belajar mahasiswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya dengan tingkat keberhasilan 24,24% pada siklus I, 51,52 % pada siklus II, dan mencapai 87,89% pada siklus III. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan SAVI dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa, khususnya dalam pembelajaranCMD.

Full Text:

PDF

References


Azizah, Nur, dkk. 2016.Penerapan Pendekatan Somatis Auditori Visual Intelektual pada Materi Sumber Energi Bunyi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.Jurnal Pena Ilmiah, Volume 1, Nomor 1.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Hamalik, O. 2003. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hermanto. 2010. Pendekatan "SAVI" dalam Matakuliah Bina Gerak dan Aksesibilitas untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Khusus, Volume 7, Nomor 2.

Meier, Dave. 2002. The Accelerated Learning Handbook. Bandung: Kaifa.

Muslich, M. 2012. Melaksanakan PTK Itu Mudah (Classroom Action Research), Pedoman Praktis bagi Dosen Profesional. Jakarta:Bumi Aksara.

Rusman. 2013. Pendekatan-Pendekatan Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/tar.v25i2.368

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


CURRENT INDEXING
 

 

Creative Commons License

Jurnal Tarbiyah by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah/about/submissions#copyrightNotice.