PENGARUH PERSEPSI TENTANG SUPERVISI KEPALA SEKOLAH, BUDAYA ORGANISASI DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KINERJA GURU MTS SWASTA SUB RAYON 44 KEBUPATEN DELI SERDANG

Putri Khairani Lubis Darwin Restu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh persepsi tentang supervisi kepala sekolah terhadap motivasi berprestasi, 2) pengaruh budaya organisasi terhadap motivasi berprestasi, 3) pengaruh persepsi tentang supervisi kepala sekolah  terhadap kinerja guru, 4) pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja Guru, dan 5) pengaruh motivasi berprestasi terhadap  kinerja guru. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis analisis jalur (path analysis). Populasi penelitian ini adalah guru MTs Sawata Sub Rayon 44 Kabupaten Deli Serdang sebanyak 239 orang dengan sampel sebanyak 139 yang diambil dengan mengembangkan oleh Issac dan Michael. Instrument penelitian adalah angket dengan skla Likert. Data penelitian diolah dan dianalisis dengan analisis jalur (path analysis). Analisis jalur ini diawali dengan melakukan uji persyaratan analisis yang meliputi uji normalitas, melalui rumus Liliefors, uji homogenitas melalui Barlett dan uji linearitas dan keberartian regresi. Berdasarkan pengujian hipotesis dapat disimpulkan: (1) terdapat pengaruh langsung positif persepsi tentang supervisi kepala sekolah terhadap motivasi berprestasi, (2) terdapat pengaruh langsung positif budaya organisasi terhadap motivasi berprestasi, (3) terdapat pengaruh langsung positif persepsi tentang supervisi kepala sekolah  terhadap kinerja guru; (4) terdapat pengaruh langsung positif budaya organisasi terhadap kinerja guru; dan (5) terdapat pengaruh langsung positif motivasi berprestasi terhadap  kinerja guru. Dengan demikian untuk meningkatkan kinerja guru dapat ditentukan dengan meningkatkan persepsi tentang supervise kepala sekolah, budaya organisasi, dan motivasi berprestasi.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, (2003) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Bina Aksara: Jakarta

Coquitt, Jason A., Jeffery A. LePine, dan Michael J. Wesson, (2015) Organizational Behavior: Improving Performance and Commitment in the Workplace. New York: McGraw Hill.

Gibson, James L, Jhon M. Ivancerich and James H. Donelly, (2006) Organisation, (Djarkasih, Terjemahan) Jakarta: Erlangga.

Jentina Oktorida Purba, (2013) Implementasi Supervisi Kademik Model Artistik Dalam Meningkatkan Kinerja Guru SMP di Kabupaten Deli Serdang. Tesis Unimed. 2013.

Mathis, Robert L. dan Jhon H. Jackson, (2005) Manajemen Sumber Daya Manusia. Terjemahan. Jakarta: Salemba Empat.

Pidarta, (1995) Peran Kepala Sekolah Pada Pendidikan Dasar, Seri Manajemen Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Riduwan, (2008) Belajar Mudah Penelitian Untuk Pegawai-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Riduwan, Kuncoro, A.E, (2008) Cara Menggunakan dan Meamakai Analisis jalur. Bandung: Alfabeta.

Saerozi, (2016) Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru

Di Sekolah Dasar Negeri Cepoko 01 Kecamatan Gunungpati. Diakses ari file:///F:/skripsi/file%20daftar%20pustaka/pengaruh-kepemimpinankepala-sekolah.html pada tanggal 24 Desember 2016, Jam 10.47 WIB.

Sagala, H. Syaiful, (2009) Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Sudjana. (2005) Metode Penelitian Statistik, Edisi Ke-6 Bandung: Tarsito.

Sugiyono, (2009) Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan kuantitatif, kualitattif, dan R & D. Cet 7. Bandung: Alfabeta.

Sukarman Purba, (2009) Kinerja Pimpinan Jurusan di Perguruan Tinggi. Laksbang: Yogyakarta.

Umam, Khaerul, (2010) Prilaku Organisasi. Bandung: Pustaka Setia.

Usman dan Akbar, (2008) Pengantar Statistik, Edisi Ke 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Yamin, Martinis, (2007) Profesional Guru dan Implementasi KTSP, Jakarta: Gaung Persada Perss.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/tar.v25i2.366

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


CURRENT INDEXING
 

 

Creative Commons License

Jurnal Tarbiyah by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah/about/submissions#copyrightNotice.