PENINGKATAN KEMAMPUAN SPASIAL DAN SELF EFFICACY SISWA MELALUI PEMBELAJARAN INQUIRY BERBANTUAN SOFTWARE CABRI

Suci Dahlya Narpila

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peningkatan kemampuan spasial dan self efficacy siswa setelah menerapkan pembelajaran inquiry berbantuan software cabri 3D, serta untuk melihat interaksi antara pembelajaran dan gender terhadap peningkatan kemampuan spasial dan self efficacy siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan sampel penelitian sebanyak 69 siswa dengan kelas X-2 sebanyak 35 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X-1 sebanyak 34 siswa sebagai kelas kontrol. Data yang akan dikumpulkan pada penelitian ini adalah data kemampuan spasial dan self efficacy siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data tersebut adalah tes kemampuan spasial dan angket self efficacy. Data yang dikumpulkan tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan anava dua jalur pada program SPSS. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan spasial dan self efficacy siswa yang mendapat pembelajaran inquiry berbantuan software cabri 3D lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan spasial dan self efficacy siswa yang mendapat pembelajaran biasa. Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan gender terhadap peningkatan kemampuan spasial dan self efficacy siswa

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30829/tar.v23i1.227

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


CURRENT INDEXING
 

 

Creative Commons License

Jurnal Tarbiyah by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah/about/submissions#copyrightNotice.