PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA MTs NEGERI 2 MEDAN MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK

Muhammad Arif Hidayat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan kecerdasan emosional yang baik untuk topik bangun datar di kelas VII MTsN 2 Medan, mendeskripsikan keefektifan pembelajaran matematika realistik untuk topik bangun datar di kelas VII MTsN 2 Medan, dan membandingkan hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran matematika realistik dengan siswa yang mengikuti pembelajaran biasa untuk topik bangun datar di kelas VII MTsN 2 Medan.

Penelitian ini merupakan penelitian quansi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa MTsN 2 Medan. Pemilihan sampel dilakukan secara random dengan mengacak kelas. Siswa kelas VII (1) sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan pendekatan matematika realistikdan siswa kelas VII (5) sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan pembelajaran biasa. Instrumen yang digunakan terdiri dari: tes kemampuan pemecahan masalah, angket kecerdasan emosional, aktivitas siswa, proses jawaban siswa.Analisis data dilakukan dengan uji t dan anava dua jalur.

Hasil utama dari penelitian ini adalah: (1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika yang memperoleh pendekatan matematika realistik lebih tinggi dibandingkan siswa yang menggunakan pembelajaran biasa, (2) peningkatan kecerdasan emosional siswa yang memperoleh pendekatan matematika realistik lebih tinggi dibandingkan siswa yang menggunakan pembelajaran biasa, (3) terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal  siswa terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik, dan (4) terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan  awal terhadap peningkatan kecerdasan emosional, (5) proses pembelajaran siswa selama pembelajaran PMR berlangsung lebih baik dan (6) bentuk jawaban siswa lebih bervariasi dan lebih baik selama pembelajaran PMR dibandingkan dengan pembelajaran biasa. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka peneliti menyarankan agar pembelajaran matematika realistik pada pembelajaran matematika dapat dijadikan alternatif bagi guru matematika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah matematik siswa sebagai salah satu alternatif untuk menerapkan pembelajaran matematika yang inovatif.

Kata kunci: pembelajaran matematika realistik, kecerdasan emosional, proses pembelajaran, bentuk jawaban siswa.


Full Text:

PDF

References


Allen. (1991). Cognitive Research in Information Science: Implications for Design. Annual Review of Information Science and Technology.

Borasi, R. & Rose, B. J. (1989). Journal writing and mathematics instructions. Educational Studies in Mathematics.

Burton, & Morfa. (2000). Mathematicians writing. Journal for Research in Mathematics Education.

Fauzan. (2001). “Pendidikan Matematika Realistik: Suatu Tantangan Dan Harapan.”. Makalah, disajikan pada Seminar Nasional Pendidikan Matematika Realistic di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta tanggal 14 – 15 November 2001.

Goleman, D. (2000). Leadership That Gets Results. Harvard Business Review.

______(2002). Emotional Intelligence: Issues in Paradigm Building. In D. Goleman (Ed.).

Hudojo, (1990). Strategi Belajar Mengajar Matematika. Malang : IKIP Malang.

National Council of Teacher of Mathematics (1989). Assessment Standards for School Mathematics. Amerika, NCTM.

______(2000), Principles and Standarts for School Mathematics, Reaston , VA: NCTM

Ruseffendi, H.E.T. (1991c). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Mengajar Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung : Tarsito.

______(1998a). Statistik Dasar untuk Penelitian Pendidikan. Bandung: IKIP Bandung Press.

Soedjadi. (2003). Pembelajaran Matematika Realistik: Pengenalan Awal Dan Praktis. Makalah, disampaikan pada seminar Nasional tentang Realistic Mathermatic Education Universitas Negeri Surabaya.

Sumarmo, U. (1994). Pembelajaran Matematika untuk Mendukung Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi , Makalah pada Pelatihan Guru MTs Bandung.

Wahyudin. (1999) Kemampuan Guru Matematika, Calon Guru Matematika, dan Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika. Disertasi Doktor pada PPS UPI Bandung : Tidak Diterbitkan

Zulkardi. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/tar.v24i2.209

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ARCHIVES

Silakan pilih menu ARCHIVES untuk melihat jurnal edisi lainnya

Jurnal Tarbiyah indexed by: