PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA MELALUI PENERAPAN GROUP INVESTIGATION BERBANTU MEDIA MICROBLOGGING EDMODO

Pirman Ginting

Abstract


Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untukmeningkatkan prestasi belajar mahasiswa pada Mata Kuliah English Syntax. Subjek Penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UMSU. PTK tersebut dilaksanakan dalam tiga siklus pembelajaran melalui pendekatan kualitatif-kuantitatif untuk mendapatkan data penelitian. Data kuantitatif diperoleh melalui pemberian tes, sedangkan data kualitatif didasarkan pada hasil observasi aktivitas mahasiswa dan dosen dalam kegiatan pembelajaran.Data penelitian dianalisis melalui kajian-kajian reflektif pada setiap siklusnya. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pada siklus Itelah terjadi peningkatan hasil belajar mahasiswa dengan persentase keberhasilan 38,10% dibandingkan dengan hasil belajar mahasiswa sebelum diberikan tindakan pada siklus I (23,91% mahasiswa yang berhasil). Namun, pada siklus ini masihditemui beberapa kekurangan karena sebagian besar mahasiswa belum terbiasa dengan kondisi belajar melalui model pembelajaran Group Investigation. Kekurangan pada siklus I terlihat dari masih rendahnya tingkat aktivitas mahasiswa dalam proses pembelajaran dengan persentase rata-rata 67,26%, aktivitas dosen 75,05%, dan kemampuan mahasiswa dengan skor perolehan rata-rata hanya mencapai 71,90 dengan persentase keberhasilan 54,35%. Dalam siklus kedua, aktivitas proses belajar mengajar berjalan lebih baik. Aktivitas mahasiswa dan dosen dalam pembebelajaran mengalami peningkatan dengan skor persentasi 71,88% dan 83.77%,dengan tingkat kelulusan 58,70%. Penguasaan mahasiswa terhadap materi juga mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 74,40%. Pelaksanaan siklus III ini bertolak dari permasalahan pada tahap tindakan II. Hasil rata-rata nilai kemampuan mahasiswa terhadap penguasaan materi yang diperoleh pada tindakan III adalah 85,83, dengan tingkat kelulusan 91,30%. Nilai rata-rata aktivitas mahasiwa dalam PBM adalah 78,80%. Sementara, aktivitas dosen dalam pembelajaran juga mengalami perbaikan dengan baik, dengan persentasi 87,70%. Berdasarkan hasil analisis Data tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Group Investigation berbantu media microblogging edmodo secara signifikan dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa, khususnya pada Mata Kuliah English Syntax.

 

Keywords: Prestasi Belajar, Group Investigation, Microblogging Edmodo, Syntax

Full Text:

PDF

References


Basori. 2013. Pemanfaatan Social Learning Network “Edmodo” dalam Membantu Perkuliahan Teori Bodi Otomotif di Prodi PTM JPTK FKIP UNS. JIPTEK. Vol VI, No. 2 Tahun 2013.

Fathurrohman, M dan Sulistyorini. 2012. Belajar dan Pembelajaran Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai Standart Nasional. Yogyakarta: Teras.

Helena. 2015. Pentingnya Menguasai Grammar dalam Bahasa Inggris. OkezoneNews.htm, diakses 20 Mei 2016.

Hasnah, Y dan Ginting, P. 2016. Implementasi Project Based Learning MenggunakanMedia Microblogging Edmodo Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Curriculum and Material Development di FKIP UMSU(Laporan Teaching Grant). Medan: LPPM UMSU.

Latif, dkk. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbantuan Camtasia pada Pokok Bahasan Lingkaran melalui Edmodo untuk siswa MTs”. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, (Vol 4 No 2 Tahun 2013).

Miles, M. B. dan Huberman, A. M. 2007. Analisis Data Kualitatif. Diterjemahkan oleh Rohidi. Jakarta: UI-Press.

Radford, A. 2009. Analysing English Sentences: A Minimalist Approach. Cambridge: Cambridge University Press.

Rahmiati. 2014. Problematika Mahasiswa dalam Menulis Karya Ilmiah. Makassar: UIN Alauddin Press.

Suriadhi, Gede. 2014. Pengembangan E-learning Berbasis Edmodo pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII di SMPN 2 Singaraja. Journal Edutech. Vol. II No. 1 Tahun 2014

Suryani. 2010. Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (investigasi kelompok) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran kimia materi pokok hidrokarbon dan minyak bumi kelas X semester II di SMA Negeri I Haurgeulis Kapupaten Indramayu. Yogjakarta: Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga,

Sutisna, E. 2013. Model Pembelajaran Grammar Berbasis Website: Studi Dilakukan pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor. Bandung: PPS UPI.

Syah, Muhibbin. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek.Jakarta: Prestasi Pustaka.

Wahyuningsih, dkk. 2012. Penerapan Model Kooperatif Group Investigation Berbasis Eksperimen Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar. Unnes Physics Education Journal, ISSN NO 2257-6935.FMIPA Univ. Negeri Semarang.

Wiranata, dkk. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok (Group Investigation) Terhadap Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Sains Siswa SMP. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA (Volume 3 Tahun 2013).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ARCHIVES

Silakan pilih menu ARCHIVES untuk melihat jurnal edisi lainnya

INDEXED BY