EFEKTIFITAS MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU BAHASA INGGRIS DI KOTA BINJAI

Mandra Saragih

Abstract


Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) adalah wadah untuk saling berbagi pengalaman adn pengetahuan. Idealnya MGMP mampu meningkatkan kompetensi pedagogi dan profesional guru. Kenyataannya, kompetensi guru dinilai masih rendah. Atas dasar itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis reaksi setiap peserta terhadap kegiatan MGMP bahasa Inggris di kota Binjai, mendeskripsikan pengetahuan dan keterampilan mengenai landasan teoritis dan filosofis mata pelajaran bahasa Inggris setelah berpartisipasi dalam kegiatan MGMP Bahasa Inggris di kota Binjai, menganalisis motivasi setiap peserta kegiatan MGMP bahasa Inggris untuk mentransfer pengetahuan dan keterampilan ke dalam proses pembelajaran bahasa Inggris, menganalisis dampak kegiatan MGMP bahasa Inggris terhadap pengembangan kompetensi guru bahasa Inggris di kota Binjai.Metode penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini adalah penelitian evaluatif. Dalam penelitian evaluatif ini ditemukan bahwa ada hubungan langsung yang signifikan antara reaksi peserta terhadap implementasi program  MGMP dengan peningkatan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki peserta setelah mengikuti program tersebut. Hal ini berarti bahwa semakin positif peserta bereaksi terhadap program tersebut, maka tingkat perubahan pengetahuan dan keterampilannya akan semakin tinggi pula. Hubungan kedua variabel ini berarti mendukung asumsi awal yang menyatakan bahwa reaksi positif peserta terhadap implementasi program  MGMP secara signifikan mempengaruhi tingkat penguasaan pengetahuan dan keterampilan peserta

 

Kata Kunci : MGMP, Kompetensi Guru Bahasa Inggris


Full Text:

PDF

References


Celce-Murcia, M., Dornyei, Z., & Thurrell, S. 1995. Communicative Competence: A Pedagogically Motivated Model with Content Specifications. Issues in Applied Linguistics 6; 2; pp. 5-35

Depdiknas. (2005). Undang-undang nomor 14, tahun 2005, tentang Guru dan Dosen.

Fasli Jalal. 2005 Teachers’ Quality Improvement in Indonesia: New Paradigm and Milestones. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Helena, I.R.A. 2004. Landasan Filosofis dan Teoritis Pendidikan Bahasa Inggris. Jakarta: Ditjen Dikdasmen, Depdiknas

Kikpatrick, D.L. 1996. Evaluating Training Programs. San Fransisco: Berrett-Koehler Publisher.

Moh.Uzer, 2000.Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/tar.v24i2.195

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


CURRENT INDEXING
 

 

Creative Commons License

Jurnal Tarbiyah by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah/about/submissions#copyrightNotice.