PENGEMBANGAN HANDOUT UNTUK SISWA KELAS V SD N 14 KOTO BARU PADA MATERI BERMAIN DRAMA

Kelik Purwanto

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah handout pada materi bermain drama untuk kelas V Sekolah Dasar Negeri 14 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya sehingga dapat mengatasi masalah yang ada di sekolah tersebut. Salah satu permasalahanya adalah belum adanya handout materi bermain drama di sekolah serta materi bermain drama sangat sedikit ini lah salah satu alasan penulis ingin mengembangkan handout di Sekolah Dasar Negeri 14 Koto Baru pada materi bermain drama. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan menghasilkan suatu produk, langkah-langkah pengembangan menggunakan model yang dikemukakan oleh Sugiyonoyang terdiri dari sepuluh tahap, namun pada pengembangan ini penulis hanya menggunakan sembilantahap yaitu:1) Identifikasi masalah, 2) Pengumpulan informasi, 3) Desain produk, 4) Validasi desain, 5) Perbaikan desain, 6) Uji coba produk, 7) Revisi produk, 8) Uji coba pemakaian, 9) Revisi pada tahap akhir. Validasi dilakukan oleh dosen. Kepraktisan handout dilakukan oleh guru. Hasil penelitian pada uji validasi diperoleh persentase rata-rata 81,72% berada pada kategori sangat valid. Hasil uji praktikalitas dari respon guru persentase rata-ratanya adalah 81,25% berada pada kategori sangat praktis.

Full Text:

PDF

References


Arsyad, 2000. Media Pengajaran. Raja Grafindo Persada: Jakarta

Maufur, 2009. Sejuta Jurusan Mengajar Mengasyikkan. Semarang: Sindur pres.

Prastowo, 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Pres.

Sudijono, A. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta.

Supriyadi, 2006. Pembelajaran Sastra Yang Apresiatif dan Integratif Di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Wiyanto, A. 2002. Terampil Bermain Drama. Jakarta: Grasindo




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/tar.v24i1.156

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY

 

Creative Commons License

Jurnal Tarbiyah by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah/about/submissions#copyrightNotice.