PENGENALAN HURUF VOKAL TERHADAP ANAK USIA DINI DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL

rora rizky wandini

Abstract


Pendidikan Anak Usia Dini telah diselenggarakan sejak 2002 dengan berbagai tingkatan perkembangan yang ingin dicapai.Salah satu tingkat pencapaian perkembangan yang sangat penting bagi anak usia dini adalah mengenal lambang huruf karena mengenal huruf merupakan pengetahuan dasar bagi anak sehingga anak mampu mengenal tulisan dan kata yang ada disekitarnya. Contoh; anak dapat mengenal namanya namun ketika ditanyakan huruf vokal yang ada, mereka belum dapat mengenalnya. Anak mampu mengenal kata yang merupakan simbol kata tertentu seperti “ Bebek” namun ketika ditanya huruf vokal ada beberapa anak yang belum dapat mengenalnya. Dalam mengenalkan huruf vocal (A, I, U, E, O ) pada anak usia dini dapat dilakukan dengan menggunakan media audio visual yang dapat menampilkan gambar dan suara, sehingga anak mampu melihat bagaimana bentuk dari huruf tersebut dan mendengar bagaimana bunyi pelafalan dari huruf tersebut. Dengan hal tersebut anak mampu mempotret dan merekam apa yang dilihat dan didengarnya, karena pada fase pra operasional ini anak belajar lewat proses intuitif dimana dalam perkembangan bahasanya anak mempersentasikannya dengan kata-kata dan gambar.

 

Kata Kunci :  Huruf Vokal, Media Audio Visual


Full Text:

PDF

References


Ahmad Rivai, Nana Sudjana Media Pengajaran ( Bandung: Sinar Baru Algesindo. 2003).

Ahmad, Rohani. Media Instruktional Edukatif.( Jakarta: Rieneka Cipta.1997).

Al-Qur’an surat Al-Israa’ ayat 49-51

Ariesto Hadi, Sutopo. Multimedia Interaktif.( Yogyakarta: PT Graha Ilmu.2003).

Arief Sadiman. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. ( Jakarta: Rajawali Press 2009).

Azhar Arsyad.Media Pembelajaran. (Jakarta : PT RajaGrafindo Persada cet. Desember .2002).

Darwanti, S.S. Televisi sebagai pendidikan.( Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2007)

Harun Rasyid dan Mansur. Penilaian Hasil Belajar (Bandung: CV Wacana Prima: 2009)

Rinaldi Munir. Algoritma Enkripsi Citra dengan Kombinasi dua chous map dan penerapan teknik selektif terhadap bi-bit MSB. ( Yogyakarta: Prociding seminar nasional dan aplikasi teknologi informasi UII).

Sri Hastuti. Dkk. Buku Pegangan Kuliah Pendidikan Bahasa Indonesia. (Yogyakarta: UPP IKIP 1993).

Miarso .Yusuf Hadi. Teknologi Komunikasi Pendidikan.(Jakarta: CV Rajawali Press. 1986)

Nano Suratyno. Membentuk Kecerdasan Anak Usia Dini ( Yogyakarta: Think 2006)

Oemar Hamalik. Metode belajar dan kesulitan-kesulitan belajar. ( Bandung: Penerbit Tarsito. 1985).

Wijayanti, Wahyuni. Penggunaan media dalam pembelajaran mate-matika (online) tersedia dalam : http://wijayanti.bolgger/2010/penggunaan-media-dalam-pembelajaran-mate-matika. Diakses pada tanggal 14 Februari 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/tar.v24i1.130

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


CURRENT INDEXING
 

 

Creative Commons License

Jurnal Tarbiyah by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah/about/submissions#copyrightNotice.