HUBUNGAN ANTARA FAVORITISME ORANGTUA DAN SIBLING RIVALRY DENGAN HARGA DIRI REMAJA

Dewi Salistina

Abstract


Salah satu faktor penting yang turut menentukan kualitas kepribadian seseorang adalah harga diri. Harga diri yang tinggi membuat seseorang tidak ragu mengambil setiap kesempatan yang bermanfaat untuk meningkatkan kesejateraan hidupnya. persepsi anak mengenai favoritisme orangtua patut diperhatikan karena hal ini akan sangat berpengaruh pada perkembangan harga diri mereka, begitu juga dengan sibling rivalry. Hal-hal yang dapat menyebabkan terjadinya sibling rivalry antara lain adalah perhatian orangtua yang terbagi dengan orang lain, favoritisme orang tua terhadap satu anak, pengalihan rasa kesal anak terhadap orang tua, dan kurangnya pemahaman diri anak. Sehingga, jika terjadi ketidak adilan pola asuh dalam persepsi remaja akan membuat harga diri remaja rendah karena merasa sebagai anak yang tidak diharapkan, atau tidak atau kurang disayang dan tidak dapat dibanggakan.

Katakunci: Favoritisme, Sibling Rivalry, Harga Diri


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30829/tar.v23i1.109

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


CURRENT INDEXING
 

 

Creative Commons License

Jurnal Tarbiyah by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah/about/submissions#copyrightNotice.