KORELASI SPIRITUALITAS KEPENDIDIKAN DENGAN SIKAP PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP MAHASISWA TARBIYAH IAIN ZAWIYAH COTKALA LANGSA

Budiman Budiman

Abstract


Spiritualitas mahasiswa Tarbiyah pada IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa berkontribusi besar terhadap pelestarian lingkungan hidup sebagai bagian dari sikap antisipasi pemanasan global. Dengan demikian, perlu diupayakan peningkatan spiritualitas kependidikan, sehingga mahasiswa memiliki sikap pelestarian lingkungan hidup yang tinggi pula. Untuk meningkatkan sikap pelestarian lingkungan hidup di kalangan mahasiswa, perlu penegasan kembali tentang pentingnya matakuliah pelestarian lingkungan hidup. Bahwa pendidikan Islam di Indonesia hendaknya mempertegas programnya dengan nilai-nilai universal atau pendekatan makro, meso dan mikro, yaitu suatu program pendidikan yang membina kemampuan, kecakapan, dan keterampilan mahasiswa sebagai profesional yang mampu mengamalkan ilmu, teori, dan informasi yang diperoleh dalam kehidupannya sehari-hari.

Keywords: Spritualitas, Kependidikan, Pelestarian, Lingkungan Hidup.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30829/tar.v23i1.108

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


CURRENT INDEXING
 

 

Creative Commons License

Jurnal Tarbiyah by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah/about/submissions#copyrightNotice.