PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOTISION) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV MIN 4 MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1.) Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa dengan menggunakan Model Konvensional di MIN IV Kota Medan, 2.) Hasil Belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran CIRC di MIN IV Kota Medan, 3.) Pengaruh Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di kelas IV MIN 4 Kota Medan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian quasi eksperimental desain (non equivalent control group design) dengan kegiatan pretest dan posttest. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada kelas V MIN 4 Kota Medan, menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Hal ini dapat dilihat berdasarkan rata-rata dari hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran CIRC adalah 83,33 sedangkan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional adalah 76,33. Berdasarkan dari hasil uji t dimana diperoleh Sig.(2.tailed) < 0,05 (0,00 < 0,05).
Full Text:
PDFReferences
Abu Bakar, Rosdiana. Pendidikan Suatu Pengantar, Bandung: Cipta Pustaka Media Perintis, 2012.
Huda, Miftakhul. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.
Mardianto. Psikologi Pendidikan, Medan: Perdana Publishing, 2012.
Purwanto. Psikologi Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.
Ngalimun. Strategi dan Model Pembelajaran, Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2015.
Nurmawati. Evaluasi Pendidikan Islam, Bandung: Ciptapusaka Media, 2016.
Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2018.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta. 2016.
Rasyidin, Waini. Filsafat Pendidikan, Bandung: UPI Press, 2006.
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/niz.v10i1.731
Refbacks
- There are currently no refbacks.