STRATEGI GURU DALAM MENGELOLA PEMBELAJARAN TAHFIDZ ANAK USIA DINI DI TK ISLAM YAA BUNAYYA BAGAN BATU

Maimuna Ritonga, May Saroh, Susi Efridawati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru dalam mengelola pembelajaran tahfidz anak usia dini di TK Islam Yaa Bunayya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi, sedangkan penyajian keabsahan data dilakukan dengan memfokuskan pada hal-hal yang menjadi pokok bahasan, analisis dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan minat masyarakat terhadap pendidikan tahfidz sejak usia dini mendorong lembaga-lembaga PAUD Islam untuk mengembangkan program hafalan Al-Qur’an yang lebih terstruktur dan sesuai tahap perkembangan anak. Program pembelajaran tahfidz di TK Islam Yaa Bunayya telah memenuhi prinsip developmentally appropriate practice, menerapkan metode talaqqi, tikrar, metode bermain (Play-Based Learning), dan pembiasaan harian, serta memperoleh dukungan signifikan dari kolaborasi pihak sekolah dan orang tua. Anak menunjukkan perkembangan hafalan yang stabil, peningkatan akurasi pelafalan, serta perkembangan positif dalam disiplin dan fokus belajar.

Kata Kunci : Strategi, Pembelajaran Tahfidz, Anak Usia Dini


Full Text:

PDF

References


Aflah, Fadli Ramadhanul & Sri Murhayati. “Penelitian Fenomenologis.” Jurnal Pendidikan Tambusai, 9, no. 2 (2025): https://doi.org/10.31004/jptam.v9i2.27068

Ahmad, Nurabadi. Manajemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan. Malang: FIP Universitas Negeri Malang., 2014.

Hasanah, Iswatun. “Analysis of Early Childhood Readiness in Memorizing the Al-Qur’an Based on a Learning Psychology Perspective. Proceeding of Annual International Conference on Islamic Education and Language (AICIEL).” 59. Madura: IAIN Madura, 2023. https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/aiciel/article/view/9689.

Hasmiati. “Strategi Pembelajaran Tahfidzul Qur’an Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Al-Madani Lengkok.” UIN Mataram, 2020.

Lubis, M. Hanafiah. “Efektifitas Pembelaran Tahfizhil Al-Quran Dalam Meningkatkan Hafalan Santri Di Islamic Centre Sumatera Utara.” Jurnal ANSIRU PAI 1 (2017): DOI: 10.30821/ansiru.v1i2.1514.

Meloeng, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarta, 2016.

Nanang Mizwar Hasyim, Dkk. “Representing Rumah Tahfidz in Strengthening of Socio-Political Agenda in Contemporary Indonesia: Motive, Contestation, and Perception.” Jurnal Ilmu Dakwah, 44, no. 2 (2024): https://doi.org/10.21580/jid.v44.2.23557.

Nawwir, Yush & Ariesthina Laelah. “Peranan Orangtua Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Anak. Journal of Gurutta Education” 3, no. 1 (2024): https://doi.org/10.52103/JGE.V3I1.1589

Oktia, Rajni. “Kreativitas Guru Tahfidz Dalam Pembelajaran Hafalan Alquran Kelas Xi-Aliyah Di Madrasah Aliyah Proyek Univa Medan Tahun Pelajaran 2018-2019.” UINSU: Medan, 2020.

Pratiwi, Ulfa Ispiani. “Manajemen Strategi Peningkatan Mutu Ekstrakurikuler Tahfidz Al-Qur’an Di SMA Islam Al-Azhar 22 Cikarang Kabupaten Bekasi.” Kinerja: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1, no. 1 (2023): https://doi.org/https://doi.org/10.33558/kinerja.v1i1.5853

Qoni’ah Al Munasiroh, Syamsul Hidayat, and Hakimuddin Salim. “Konsep Fitrah Based Education Pada Pendidikan Anak Usia Dini.” Risâlah Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 10, no. 2 (2024): https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i2.856.

Sa’diyah, Lilis Fajaratus. “Manajemen Ekstrakurikuler Tahfidz Dalam Mencapai Keriteria Ketuntasan Belajar Di Madrasah Tsanawiyah Miftahululum Desa Gayam Pulau Sapudi Tahun Pelajaran 2019/2020.” IAN Jember, 2020.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2016.

Sulistiyorini. Manajemen Pendidikan Islam. Surabaya: Elkaf, 2006.

Tarmilia, Feby Fadjaritha, Intan Wahyu Istiqomah, Eny Purwandari & Fonny Dameaty Hutagalung. “Learning and Memory of Early Childhood Tahfiz Quran: A Systematic Review.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6, no. 6 (2022): https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.170714.

Wulandari, Sri. “Strategi Pembelajaran Tahfidzul Qur’an (Studi Di Rumah Tahfidz Bakti Ilaahi Bengkulu.” IAIN Bengkulu, 2019.

Zamani, Zaki & Maksum. Menghafal Al-Qur’an Itu Gampang. Yogyakarta: Mutiara Media., 2009.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/niz.v15i2.4993

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING