EFEKTIVITAS BERMAIN PLASTISIN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI DI TK KARTINI DESA PELITA KECAMATAN BAGAN SINEMBAH KABUPATEN ROKAN HILIR RIAU: SEBUAH PENELITIAN QUASI-EKSPERIMENTAL

Khatami Ayu Rini

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan motorik halus anak usia dini melalui kegiatan bermain plastisin di TK Kartini Desa Pelita Kecamatan Bagan Sinembah. Penelitian ini menggunakan metode observasi dengan instrumen berupa pengamatan indikator kemampuan membuat garis, menjiplak bentuk dan gerakan rumit, gerakan manipulatif, serta ekspresi diri melalui karya seni. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi, sedangkan penyajian keabsahan data dilakukan dengan memfokuskan pada hal-hal yang menjadi pokok bahasan, analisis dan penarikan kesimpulan. Data penelitian diperoleh dari 12 anak yang dikategorikan dalam tahap perkembangan Belum Berkembang (BB), Mulai Berkembang (MB), Berkembang Sesuai Harapan (BSH), dan Berkembang Sangat Baik (BSB). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam perkembangan motorik halus anak setelah dilakukan stimulasi melalui kegiatan bermain plastisin pada siklus I dan II. Stimulasi dengan plastisin terbukti efektif dalam meningkatkan koordinasi antara mata dan tangan serta kemampuan manipulatif anak secara konsisten dan bermakna. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa kegiatan bermain plastisin secara rutin dapat meningkatkan perkembangan motorik halus anak usia dini dengan hasil yang positif dan signifikan. Hal ini dapat dilihat dari 12 orang peserta didik, tidak ada lagi yang masih dalam tahap Belum Berkkembang. Oleh karena itu, direkomendasikan agar kegiatan bermain plastisin diterapkan secara berkelanjutan untuk mendukung kesiapan memasuki jenjang pendidikan berikutnya.

Kata kunci: Motorik Halus, Anak Usia Dini, Plastisin.


Full Text:

PDF

References


Bustomi, M. Yazid. Panduan Lengkap PAUD. Bandung: Citra Publishing, 2012.

Endang, Syafrudin. “Penggunaan Media Playdough / Plastisin Untuk Mengembangkan Kreativitas Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Bina Cerdas Desa Runggu” 02 (2020).

Hasibuan, A T, and A Prastowo. “Konsep Pendidikan Abad 21: Kepemimpinan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia SD/MI.” MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman 10, no. 1 (2019).

Hasibuan, A T, and E Rahmawati. “Pendidikan Islam Informal Dan Peran Sumber Daya Manusia Dalam Perkembangan Masyarakat: Studi Evaluasi Teoretis,” 2022.

Hasibuan, A T, and R Rahmawati. “Sekolah Ramah Anak Era Revolusi Industri 4.0 Di SD Muhammadiyah Pajangan 2 Berbah Yogyakarta.” Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam 11, no. 1 (2019): 49–76.

Indira. Kreasi Plastisin, Buah, Sayur Dan Kue. Jakarta: Erlangga, 2009.

Lestari, N. “Metode Bermain Plastisin Dalam Meningkatkan Kreatifitas Anak Usia 3–4 Tahun.” SENDIKA: Seminar Pendidikan II, no. 1 (2018): 276.

Marselyna, Ajeng. “Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Seni Melipat Kertas Di Paud Tunas Asa Kemiling Bandar Lampung.” Revista CENIC. Ciencias Biológicas. UIN Raden Intan Lampung, 2016.

Mirroh, Fikriyat dan. Perkembangan Anak Usia Emas (Golden Age). Yogyakarta: Laras Media Prima, 2013.

Muah, Tri. “Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 9B Semester Gasal Tahun Pelajaran 2014/2015 SMP Negeri 2 Tuntang - Semarang.” Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 6, no. 1 (February 17, 2016): 41. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i1.p41-53.

Mustiani, Nabila, Mahmud MY., and Najmul Hayat. “Kegiatan Bermain Plastisin Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini.” Journal of Educational Research 2, no. 1 (2023): 31–42. https://doi.org/10.56436/jer.v2i1.200.

Nanimirianwati, Munardi. Modul Penilaian Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Bengkulu: Bengkulu Publishing, 2013.

Oktaviani, Sasha, Dian Eka Priyantoro, and Uswatun Hasanah. “Penggunaan Media Plastisin Dalam Mengembangkan Motorik Halus Di Kb Nurul Arif.” IJIGAEd: Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education 2, no. 1 (2021): 31–53. https://doi.org/10.32332/ijigaed.v2i1.3781.

Omalyah, S. “Inovasi Pembelajaran Dengan Bermain Plastisin Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini” 2, no. 2 (2024): 63–74.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. “Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional.” Jurnal Educhild : Pendidikan Dan Sosial, 2014, 76.

Sari, Mirna, M Yusuf Aziz, Dra Yuhasriati, MPd Prodi PG-PAUD, Jurusan Pendidikan Guru PAUD, Jl Tgk Hasan Krueng Kalee, and Darussalam-Banda Aceh. “Peningkatan Kreativitas Anak Melalui Bermain Plastisin Di Tk Satu Atap Sdn Lamlheu Kabupaten Aceh Besar.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini 1, no. 1 (2016): 131–35.

Suryanto, Slamet. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat, 2005.

Wardani, Ilfi Rahmi. “Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Dengan Kegiatan Bermain Menggunakan Media Plastisin.” UIN Raden Intan Lampung, 2017.

Widyaningrum, Rahmah, Jihan Nurul Fadhilah, and Ignasia Nila Siwi. “Efektivitas Terapi Bermain Plastisin Dalam Meningkatkan Ketrampilan Motorik Halus Anak Usia Pra Sekolah.” Jurnal Kesehatan Madani Medika (JKMM) 15, no. 1 (2024): 86–93.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/niz.v15i2.4976

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING