PRESENSI DIGITAL BERBASIS QR CODE DAN EFESIENSI TATA KELOLA KELAS DI SEKOLAH DASAR

Wawan Akbar, Rani Adillah Tanjung, Humaidah Fatimah Parapat

Abstract


ABSTRAK:  Manajemen tata kelola kelas di Sekolah Dasar merupakan aspek yang sangat krusial dalam mendukung kelancaran proses pembelajaran. Tata kelola kelas yang efektif dan efisien berperan penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak penggunaan presensi digital berbasis QR Code terhadap tata kelola kelas, khususnya pada siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri 050664 Lubuk Dalam Stabat, Sumatera Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan presensi digital berbasis QR Code dapat meningkatkan efisiensi manajemen waktu guru dalam pencatatan kehadiran siswa, sehingga tata kelola kelas menjadi lebih optimal. Selain itu, keterhubungan sistem presensi dengan Google Spreadsheet mampu meningkatkan akurasi dan kerapian data kehadiran, serta memudahkan proses rekapitulasi secara otomatis. Implementasi teknologi ini menjadi solusi efektif dalam mendukung guru mengelola kelas secara lebih efisien dan sistematis, serta berkontribusi pada peningkatan kualitas manajemen absensi siswa.

 

Kata Kunci : Presensi digital, QR Code, Tata Kelola Kelas, Efisiensi Pembelajaran, Sekolah Dasar.


Full Text:

PDF

References


Afriadi, Bambang, and Fitri Fitri. “Analysis of Effective Classroom Management Strategies to Create a Conducive Learning Environment for Elementary School Students through Document Studies.” JISAE: Journal of Indonesian Student Assessment and Evaluation, 2025. https://doi.org/10.21009/jisae.v9i2.39055.

Andhika, M, S Suroto, Rizki Syahputra, and Laili Habibah Pasaribu. “Teacher’s Skills in Classroom Management According to the Characteristics of Students in Elementary School.” Jurnal Ilmiah Teunuleh, 2024. https://doi.org/10.51612/teunuleh.v5i3.159.

Bazyl, Olena, Oryngul Abilova, O Karpenko, Hnat Mierienkov, and Anastasiya Poliakova. “Assessing the Impact of Artificial Intelligence Integration on Educational Processes in Higher Education Institutions of Ukraine and Kazakhstan.” Sustainable Engineering and Innovation, 2025. https://doi.org/10.37868/sei.v7i1.id418.

Budiarto, Mukti, Yulia Putri, Ayu Sanjaya, Sipah Audiah, Eka Dian Astuti, and M Firli. “Enhancing School and College Attendance Using Advanced Technology.” 2024 3rd International Conference on Creative Communication and Innovative Technology (ICCIT), 2024, 1–6. https://doi.org/10.1109/iccit62134.2024.10701150.

Gupta, Siddhi. “QR Code Based Attendance System.” International Journal for Research in Applied Science and Engineering Technology, 2025. https://doi.org/10.22214/ijraset.2025.68710.

Haki, Ubay, Eka Danik Prahastiwi, and Universitas Tapanuli Selatan. “Strategi Pengumpulan Dan Analisis Data Dalam Penelitian Kualitatif Pendidikan.” Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pendidikan 3, no. 1 (2024): 1–19. https://doi.org/10.46306/jurinotep.v3i1.67.

Haq, Muh Dliyaul. “Effortless Attendance Recording with MyOnTime: A Modern Approach for Educational Institutions.” Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 2023. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i10.5079.

Hasibuan, A T, and A Prastowo. “Konsep Pendidikan Abad 21: Kepemimpinan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia SD/MI.” MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman 10, no. 1 (2019).

Hasibuan, A T, M R Sianipar, A D Ramdhani, F W Putri, and N Z Ritonga. “Konsep Dan Karakteristik Penelitian Kualitatif Serta Perbedaannya Dengan Penelitian Kuantitatif.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6, no. 2 (2022): 8686–92.

Khairnar, Rushikesh, Sachin Ingale, Aditya Nichit, Rohit Barse, and Prof. Mandlik. “QR Code Based Student Attendance System.” International Journal of Advanced Research in Science, Communication and Technology, 2025. https://doi.org/10.48175/ijarsct-23390.

Khan, Sadia, Darakhshan Siraj, and Zaeeda Ilyas. “Effect of Lesson Planning on Academic Performance: Evidence from the Elementary Level Classroom.” Pakistan Social Sciences Review, 2024. https://doi.org/10.35484/pssr.2024(8-i)15.

Kristiadhy, Juzack, and Adriyanto Juliastomo Gundo. “Perancangan Aplikasi Presensi Siswa Berbasis Website Di SMK Negeri 1 Tengaran Menggunakan Webcam Dan GPS Guna Mengurangi Risiko Penularan Virus COVID-19.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 8, no. 12 (2022): 414–27. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.6946541.

Mardika, Jurnal, Masyarakat Berdikari, Madrasah Iptidaiyah, Di Desa, Nur Azizah, Raudatul Jannah, Rudi Agus Wilantara, Andika Fajri A, and M A H Rifqi. “Sistem Presensi Menggunakan Qr Code Dan Google Spredsheet Di Sekolah Pendahuluan” 2 (2024): 25–33.

Pratiwi, Dewa Ayu Anom. “Policy Study Early Childhood Education to Elementary School Transition.” International Journal of Multidisciplinary Sciences, 2024. https://doi.org/10.37329/ijms.v2i2.2314.

Putri, Resti Nadia, Anggita Rahmawati, and Diva Iftidiani. “Evaluasi Penerapan Inovasi Presensi Guru Berbasis Online Di Sekolah Dasar” 2, no. 2 (n.d.): 157–67.

Rahmawati, Laili, and Makherus Sholeh. “Classroom Management in Creating Effective Learning in MIS Al-Ashriyah Banjarmasin.” Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2021. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v11i2.4644.

Sari, Rika Yohana, Ahmad Subandi, and Irsyad Irsyad. “Pengaruh Penggunaan Sistem Informasi Manajemen Berbasis Digital Terhadap Efisiensi Administrasi Pendidikan.” Academy of Social Science and Global Citizenship Journal, 2024. https://doi.org/10.47200/aossagcj.v4i1.2389.

Siagian, H, Z Tarigan, S Basana, and R Basuki. “The Effect of Perceived Security, Perceived Ease of Use, and Perceived Usefulness on Consumer Behavioral Intention through Trust in Digital Payment Platform.” International Journal of Data and Network Science, 2022. https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2022.2.010.

Sitorus, E, J Jamaluddin, and E Harianja. “Sistem Informasi Kehadiran Siswa Menggunakan QR Kode Berbasis Android Studi Kasus SD Negeri 105270.” TAMIKA: Jurnal Tugas Akhir Manajemen Informatika & Komputerisasi Akuntansi 3, no. 1 (2023): 24–39. https://doi.org/10.46880/tamika.vol3no1.pp24-39.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2017.

Yaman, Muhammad Adzar Al, Muhammad Taufiq, Sulidar Fitri, and Umar Al Faruq. “Transformasi Presensi Manual Ke Digital Dalam Upaya Peningkatan Untuk Kualitas Dokumentasi Pembelajaran.” Merkurius : Jurnal Riset Sistem Informasi Dan Teknik Informatika, 2025. https://doi.org/10.61132/merkurius.v3i4.984.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/niz.v15i2.4932

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING