PENERAPAN DAN PERBANDINGAN METODE SAW DAN AHP DALAM SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN SISWA BERPRESTASI DI ZAHIRA SCHOOL

Dafa Gemilang Lubis, Amrullah Amrullah

Abstract


Abstrak

Prestasi pada siswa merupakan suatu kebanggaan dari suatu sekolah. Prestasi pada anak patut dikembangkan dan diberikan apresiasi dari setiap hasil yang didapatkannya. Pada Zahira School Medan, siswa selalu diberi apresiasi tiap tahunnya terkait pencapaian pada setiap anak didiknya. Namun, untuk pemilihan siswa terbaik masih menjadi tanda tanya bagi pihak guru ataupun Zahira School sendiri. Sistem Pendukung Keputusan merupakan solusi yang baik dalam menilai siapa siswa terbaik pada sekolah. Sistem Pendukung Keputusan dengan metode Simple Additive Weighting (SAW) dan Analytical Hierarchy Process (AHP) merupakan metode yang akan dipilih dalam menanggapi masalah tersebut. Penerapan metode SAW dan AHP sudah banyak dilakukan dan merupakan metode yang terbilang efektif untuk mengatasi permasalahan terkait pengambilan keputusan.

 

Kata Kunci: Prestasi, Siswa, Sistem Pendukung Keputusan, AHP, SAW

Full Text:

PDF

References


Abdullah, K, M Jannah, U Aiman, S Hasda, Z Fadilla, K N Ardiawan, and M E Sari. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini, 2023.

Boy, Ahmad Fitri, Amrullah Amrullah, Asyahri Hadi Nasyuha, and Trinanda Syahputra. “E-KPI Menggunakan Metode MOORA (Multi Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis) Dalam Menentukan Engineer Yang Memperoleh Bonus Pada CV. Arisanita.” Jurnal SAINTIKOM (Jurnal Sains Manajemen Informatika Dan Komputer) 19, no. 2 (2020): 60. https://doi.org/10.53513/jis.v19i2.2597.

Hadi, Febri Febri Hadi, and Gushelmi Gushelmi. “Sistem Pengambilan Keputusan Pemilihan Siswa Yang Berhak Mendapatkan Beasiswa Miskin Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp).” Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis 3, no. 1 (2021): 157–66. https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i1.173.

Hasibuan, A T, M R Sianipar, A D Ramdhani, F W Putri, and N Z Ritonga. “Konsep Dan Karakteristik Penelitian Kualitatif Serta Perbedaannya Dengan Penelitian Kuantitatif.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6, no. 2 (2022): 8686–92.

Ifenthaler, Dirk, and Volker Schweinbenz. “The Acceptance of Tablet-PCs in Classroom Instruction: The Teachers’ Perspectives.” Computers in Human Behavior 29, no. 3 (2013): 525–34. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.chb.2012.11.004.

Ristiana, Rizka, and Yuwan Jumaryadi. “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Paket Wedding Organizer Menggunakan Metode SAW (Simple Additive Weighting).” Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer) 10, no. 1 (2021): 25–30. https://doi.org/10.32736/sisfokom.v10i1.946.

Setyani, Isnia Anjar, and Yoannes Romando Sipayung. “Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Siswa Berprestasi Dengan Metode SAW (Simple Addtive Weighting).” Jurnal Sistem Komputer Dan Informatika (JSON) 4, no. 4 (2023): 632. https://doi.org/10.30865/json.v4i4.6179.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D). Bandung: Alfabeta, 2015.

Tejasukmana Putra, R, S Adi Wibowo, and Y Agus Pranoto. “Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Blt Di Kecamatan Sampang Menggunakan Metode Saw Dan Metode Ahp Berbasis Web.” JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika) 5, no. 1 (2021): 321–27. https://doi.org/https://doi.org/10.36040/jati.v5i1.3236.

Tondeur, Jo, Johan van Braak, Peggy A. Ertmer, and Anne Ottenbreit-Leftwich. “Understanding the Relationship between Teachers’ Pedagogical Beliefs and Technology Use in Education: A Systematic Review of Qualitative Evidence.” Educational Technology Research and Development 65, no. 3 (June 14, 2017): 555–75. https://doi.org/10.1007/s11423-016-9481-2.

Wahyuni Firli Fangestu, Indra, and Hasan Syahrizal. “Digitalisasi Lembaga Pendidikan Dalam Menghadapi Perkembangan Dan Kemajuan Teknologi Informasi Dunia Pendidikan.” Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum 1, no. 2 (December 1, 2023): 26–38. https://doi.org/10.61104/alz.v1i2.89.

Zohar, Anat, and Yehudit J. Dori. “Higher Order Thinking Skills and Low-Achieving Students: Are They Mutually Exclusive?” Journal of the Learning Sciences 12, no. 2 (April 2003): 145–81. https://doi.org/10.1207/S15327809JLS1202_1.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/niz.v15i2.4760

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING