PENGARUH PEMBELAJARAN PKN TERHADAP PERILAKU DEMOKRATIS SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH
Abstract
Penelitian ini menganalisis pengaruh pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) terhadap perilaku demokratis siswa di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Terpadu Al-Aziz An-Nazwa. Di era digital, perhatian terhadap perilaku demokratis siswa penting karena adanya tantangan seperti partisipasi rendah, gaya kepemimpinan otoriter, dan pembelajaran PKn yang teoritis. Menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional dengan sampel 25 siswa, data dikumpulkan melalui kuesioner, observasi, dan wawancara. Hasil menunjukkan bahwa metode PKn yang berpusat pada siswa (proyek, simulasi, diskusi) berkorelasi positif dengan perilaku demokratis siswa yang umumnya baik, terutama dalam toleransi dan kesediaan mendengarkan. Studi ini menyimpulkan bahwa pengembangan model PKn berbasis pengalaman sangat penting untuk menumbuhkan karakter demokratis yang kuat pada siswa madrasah.
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, Karimuddin, Misbahul Jannah, Ummul Aiman, Suryadin Hasda, Zahara Fadilla, Ketut Ngurah Ardiawan, dan Meilida Eka Sari. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini, 2023.
Astuti, Lavinia Dwi, dan Gregorius Ari Nugrahanta. “Memupuk Karakter Tanggung Jawab Sosial Anak Usia 10-12 Tahun Melalui Pemainan Tradisional.” Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan 6, no. 1 (5 Februari 2023): 83–96. https://doi.org/10.37329/cetta.v6i1.2148.
Bussey, Kay, dan Albert Bandura. “Social Cognitive Theory of Gender Development and Differentiation.” Psychological Review 106, no. 4 (1999): 676–713. https://doi.org/10.1037/0033-295X.106.4.676.
Gunawan, Fachriza Shiddiq, Nining Purwaningsih, Muhamad Rizki, dan Andika Rashif Junaedi. “Tantangan Dan Strategi Pengelolaan Dana Bos Di SMA Negeri 4 Kota Serang: Analisis Efektivitas Dan Transparansi.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Non Formal 2, no. 1 (2024). https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnpnf/article/view/26609.
Hermansyah, Eka. “Keterlibatan Siswa dalam Pengambilan Kebijakan di Sekolah: Studi Kasus Sekolah Lukman Al-Hakim, Mataram.” Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan 17, no. 1 (31 Agustus 2024). https://doi.org/10.24832/jpkp.v17i1.886.
Hidayat, Ujang S. Model-Model Pembelajaran Efektif. Bina Mulia Publishing, 2016.
Priadana, M. Sidik, dan Denok Sunarsi. Metode penelitian kuantitatif. Pascal Books, 2021.
Subhan, S., dan Ishmah Afiyah. “Speaking Harmony: Teacher-Santri Communication Style for Moral Value Optimization at MA Ribhul Ulum Demak.” Maktabah Reviews on Sustainable Development Goals 1, no. 01 (2024): 43–72.
Toni, Indra Anggrio. “Peranan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Dalam Memebentuk Karakter Siswa Di SMK Negeri 2 Salatiga.” Satya Widya 35, no. 1 (2019): 54–61. https://doi.org/10.24246/j.sw.2019.v35.i1.p54-61.
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/niz.v15i1.4545
Refbacks
- There are currently no refbacks.