PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN DENGAN METODE DISKUSI PADA MATA KULIAH IPA KELAS RENDAH DI SEMESTER III UNIVERSITAS QUALITY TAHUN AKADEMIK 2017/2018

Hotma Tiolina Siregar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbandingan Hasil Belajar Mahasiswa dengan menggunakan metode Eksperimen dan Metode Diskusi pada Mahasiswa Universitas Quality. Subjek peneliti adalah Kelas 2B22 dan 2B23, Variabel penelitian ada dua, yaitu Variabel Bebas Variabel terikat, alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah daftar nilai Mahasiswa. Setelah hasil uji pre-tes dihitung, kelas eksperimen I memperoleh nilai rata-rata 7.13 dan kelas eksperimen II memperoleh nilai rata-rata 7.08. Dengan uji kasamaan rata-rata dua pihak diperoleh thitung < ttabel atau 3.74 < 1.994 dengan kriteria α = 0.05 yang berarti kemempuan awal kedua kelas adalah sama. Kelas eksperimen I menggunakan metode eksperimen diperoleh rata-rata nilai hasil belajar mahasiswa(Pos-tes) adalah 14.90 yang tergolong tinggi atau terjadi peningkatan nilai rata-rata sebesar 15.05%. Sedangkan kelas eksperimen II menggunakan metode diskusi diperoleh rata-rata nilai hasil belajar mahasiswa adalah 13,15%. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh signifikan dengan menggunakan Metode eksperimen.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30821/niz.v9i1.427

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING