MANFAAT MULTIMEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP KUALITAS PEMAHAMAN SISWA ANAK USIA DASAR

Lailatun Nur Kamalia Siregar, Laura Bofferding, Iqbal Arfanuddin

Abstract


ABSTRAK: Tulisan ini bertujuan untuk memberikan alternatif dalam pengintegrasian manfaat multimedia pembelajaran. Pembelajaran pada hakikatnya digunakan untuk mengembangkan potensi diri seorang siswa. Alat yang dapat membantu proses belajar mengajar biasa disebut media pembelajaran. Didalam pembahasan ini akan membahas salah satu media pembelajaran, yaitu multimedia. Multimedia adalah media yang menggambarkan dua unsur atau lebih, misalnya media yang terdiri dari teks, grafik, gambar, foto, audio, dan animasi. Manfaat dari penggunaan multi media pembelajaran adalah membuat proses pembelajaran lebih menarik, interaktif, mengurangi jumlah waktu pembelajaran, meningkatkan kualitas belajar siswa, proses pembelajaran dapat menumbuhkan minat dan motivasi belajar siswa. Rangcangan penulisan atau penyususnan tulisan ini menggunakan penelitian atau pendekatan kualitatif, hal ini dikarnakan dari hasil diskusi kelompok kami didapat dari literasi yang bersumber dari buku-buku bacaan tentang multimedia pembelajaran.

Kata kunci: Multimedia, Pembelajaran, Anak Usia Dasar


Full Text:

PDF

References


A. Gafar Hidayat dan Tati Haryati. “Peran Guru Profesional dalam Membina Karakter Religius Peserta Didik Berbasis Nilai Kearifan Lokal (Maja Labo Dahu) Sekolah Dasar Negeri Sila Di Kecamatan Bolo Kabupaten Bima.” JURNAL PENDIDIKAN IPS 9, no. 1 (30 Juni 2019): hal. 18-20.

Abdullah, Ramli. “Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran kimia di madrasah aliyah.” Lantanida Journal 5, no. 1 (30 Oktober 2017): hal. 13.

Ainissyifa, Hilda. “Pendidikan karakter dalam perspektif pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan UNIGA 8, no. 1 (2017): h. 13.

Albi, Anggito, dan Setiawan Johan. Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher), 2018.

Ardiansyah, Risnita, dan M. Syahran Jailani. “Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif Dan Kuantitatif.” IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 2 (1 Juli 2023): 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57.

Arikarani, Yesi, dan Muhammad Faizul Amirudin. “Pemanfaatan media dan teknologi digital dalam mengatasi masalah pembelajaran dimasa pandemi.” Edification Journal: Pendidikan Agama Islam 4, no. 1 (2021): 93–116.

Asnidar, Anin, Junaid Junaid, dan Andi Paida. “Multimedia dalam Pengajaran Bahasa.” Yayasan DPI, 2024. https://badanpenerbit.org/index.php/dpipress/article/view/1526.

Audie, Nurul. “Peran media pembelajaran meningkatkan hasil belajar peserta didik.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP 2, no. 1 (2019).

Bungin, Burhan. “Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif.” Surabaya: Airlangga University Press, 2001.

Fatimah, Fatimah. “Penggunaan Media-Audio Visual Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Belajar Musik Ansamble Kelas Viii-A Smp Negeri 15 Kota Tasikmalaya.” Jurnal Inovasi dan Teknologi Pendidikan 1, no. 3 (2023): 365–80.

Nurrita, Teni. “Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa.” Jurnal misykat 3, no. 1 (2018): 171–87.

Praheto, Biya Ebi, Andayani Andayani, Muhammad Rohmadi, dan Nugraheni Eko Wardani. “Peran multimedia interaktif dalam pembelajaran keterampilan berbahasa Indonesia di PGSD.” Dalam Proceedings Education and Language International Conference, Vol. 1, 2017. https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ELIC/article/view/1224.

Rahmat, Stephanus Turibius. “Pemanfaatan multimedia interaktif berbasis komputer dalam pembelajaran.” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio 7, no. 2 (29 Juli 2015): 196–208. https://doi.org/10.36928/jpkm.v7i2.35.

Saputra, Very Hendra, dan Endi Febriyanto. “Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Anak Tuna Grahita.” Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika 1, no. 1 (25 Juli 2019): 15–23.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/niz.v14i2.3960

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING