EFEKTIVITAS PENERAPAN ICE BREAKING DALAM PEMBELAJARAN BENDA DISEKITARKU PADA SISWA KELAS III MIS AL-HASANAH KOTA PADANGSIDIMPUAN

Parulian Siregar, Nurzakiah Simangunsong, Pirdaus Siregar

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis :(1) penerapan ice breaking dalam pembelajaran benda disekitarku pada siswa kelas III MIS Al- Hasanah Kota Padangsidimpuan, (2) pengaruh metode  ice breaking terhadap efektivitas pembelajaran   benda disekitarku dan, (3) faktor pendukung dan kendala penggunaan ice breaking dalam pembelajaran benda disekitarku pada siswa kelas III MIS Al- Hasanah Kota Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif  yang menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil  penelitian menunjukkan bahwa : (1)  Penerapan Ice breaking di MIS Al- Hasanah  sebagai berikut (a) membuka pembelajaran dengan baik (b) melaksanakan ice breaking pembuka pembelajaran,  (c) siswa membaca lancar teks yang berhubungan dengan benda – benda di sekitarku , (d) Siswa mengamati gambar yang bukan termasuk benda , (e) mengamati berbagai bentuk benda-benda  di sekitar,(f) melaksanakan ice breaking dipertengahan pembelajaran , (g) membuat  benda dari bermacam-macam bahan dan menghasilkan bunyi yang khas ketika diketuk. (h) mengikuti pola irama ,(i) menyanyikan lagu teka-teki ,(j) menutup pembelajaran dengan baik. (2) metode ice breaking  berpengaruh positif terhadap efektivitas pembelajaran pada Benda di sekitarku, (3) Faktor pendukung penggunaan Ice breaking di Kelas III MIS Al- Hasanah Kota Padangsidimpuan  sebagai berikut (a) lingkungan sosial siswa yang memberikan semangat satu sama lain (b) Rasa senang siswa dengan kegiatan bermain  (4) faktor penghambat penggunaan ice breaking di Kelas III MIS Al- Hasanah Kota Padangsidimpuan adalah Fasilitas sekolah yang kurang memadai

Kata Kunci; Penerapan ice breaking, benda disekitarku, 2023


Full Text:

PDF

References


A. Gafar Hidayat dan Tati Haryati. “Peran Guru Profesional dalam Membina Karakter Religius Peserta Didik Berbasis Nilai Kearifan Lokal (Maja Labo Dahu) Sekolah Dasar Negeri Sila Di Kecamatan Bolo Kabupaten Bima.” JURNAL PENDIDIKAN IPS 9, no. 1 (30 Juni 2019): hal. 18-20.

Agustin, Sukma Mega. “Peran Guru PAI dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Rumbia Lampung Tengah.” PhD Thesis, IAIN Metro, 2024. https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9446/.

Alanur, Shofia Nurun, Jamaludin Jamaludin, dan Sunarto Amus. “ANALISIS PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM BUKU TEKS PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN KURIKULUM MERDEKA.” Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan 7, no. 1 (1 Juni 2023): hal. 180-182.

Alfiyana, Rifda, Sri Sukaesih, dan Ning Setiati. “Pengaruh model ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) dengan metode talking stick terhadap motivasi dan hasil belajar siswa materi sistem pencernaan makanan.” Journal of Biology Education 7, no. 2 (2018): 226–36.

Anggariyana, Erik, Anang Fathoni, Mazda Leva Okta Safitri, dan Ana Andriani. “Urgensi Ice Breaking Bagi Siswa di Era Digital.” Jurnal Inovasi Pendidikan 1, no. 1 (2023): 32–40.

Basit, Abdul, dan Slamet Haryono. “ANALISIS PENGARUH STABILITAS POLITIK DAN FAKTOR EKONOMI TERHADAP INDEKS HARGA SAHAM GABUNGAN.” Jurnal Aplikasi Akuntansi 5, no. 2 (29 April 2021): hal. 225.

Cahyani, Isyeu Nur, Dadang Mulyana, dan Cahyono Cahyono. “Hubungan Karakter Profil Pelajar Pancasila dengan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila.” Lucerna : Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran 3, no. 2 (6 Agustus 2023): hal. 55-57.

Fitri, Siti Fadia Nurul. “Problematika kualitas pendidikan di indonesia.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5, no. 1 (2021): 1617–20.

Haryati, Fini Dwi, dan Diah Puspitaningrum. “Implementasi ice breaking sebagai pematik motivasi belajar siswa dalam pembelajaran.” Jurnal Al-Ilmi: Jurnal Riset Pendidikan Islam 4, no. 1 (2023): 99–106.

Hasibuan, Ahmad Tarmizi, dan Rahmawati Rahmawati. “Sekolah Ramah Anak Era Revolusi Industri 4.0 Di SD Muhammadiyah Pajangan 2 Berbah Yogyakarta.” Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam 11, no. 1 (2019): 49–76.

Ilham, Ilham, dan Supriaman Supriaman. “Pengaruh metode ice breaking terhadap minat belajar siswa di kelas V SD Negeri 26 Dompu.” eL-Muhbib jurnal pemikiran dan penelitian pendidikan dasar 5, no. 2 (2021): 60–70.

Khadijah, Riska, dan Selamat Pohan. “Optimizing Students’ Learning Interest In Fiqih Subjects Using Ice Breaking Techniques At Muhammadiyah 47 Sunggal Junior High School.” EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies 4, no. 1 (2024): 364–70.

Kusumardi, Adi. “Strategi pembelajaran sosial emosional dalam pencegahan perundungan, bullying pada kurikulum merdeka.” LENTERNAL: Learning and Teaching Journal 5, no. 1 (2024): 10–26.

Patimah, Nur. “Pengaruh teknik ice breaker terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi lingkaran Kelas VIII Mts Swasta Darul Istiqomah Hutapadang Kec. Padangsidimpuan Tenggara.” PhD Thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, 2023. http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8430.

Permana, Dany Setyo, Noor Rachmat, dan Yusuf Ismail. “Potret Sikap Toleransi Beragama Siswa.” Jurnal Studi Al-Qur’an 10, no. 2 (2014): 168–77.

Puspita, Yenda. “Implementasi Ice Breaking untuk Menciptakan Kesiapan Belajar dan Pembelajaran Yang Menyenangkan pada Anak Usia Dini.” Journal on Education 5, no. 4 (2023): 11758–66.

Rusli, Muhammad. “Merancang penelitian kualitatif dasar/deskriptif dan studi kasus.” Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 2, no. 1 (2021): 48–60.

Sari, Nurhalima, W. I. Darmadi, dan Sahrul Saehana. “Perbedaan Hasil Belajar Fisika antara Siswa yang Belajar melalui Model Pembelajaran Discovery berbantuan Simulasi Komputer dengan Model Konvensional di SMA Negeri 7 Palu.” Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako 3, no. 4 (2015): 12–16.

Sari, Rita Karmila, dan Siti Nurani. “Quizizz Atau Kahoot, Gamifikasi Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris.” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan (JURDIKBUD) 1, no. 3 (2021): 78–86.

Sawitri, Ari, dan Septiani Selly Susanti. “Peningkatan Motivasi Belajar melalui Strategi Ice Breaking pada Anak Usia 4-5 Tahun di PAUD Baitul Ilmi Sadar Sriwijaya.” Absorbent Mind: Journal of Psychology and Child Development 4, no. 1 (2024): 127–37.

Trinova, Zulvia. “Pembelajaran berbasis student-centered learning pada materi pendidikan agama islam.” Al-Ta Lim Journal 20, no. 1 (2013): 324–35.

Ummah, Nabila Kuntum Khoiro, dan Hanin Niswatul Fauziah. “Penerapan Kompetensi Profesional Guru (Keterampilan Dasar Mengajar) pada Pembelajaran Tematik Kelas III di MI Al-Azhar Madiun.” ADAPTIVIA: Prosiding Tahunan Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah dan Sederajat, 2021, 295–308.

Wandini, Rora Rizky, Siti Maghfhirah, dan Ahmad Tarmizi Hasibuan. “Analisis Desain Pembelajaran Pkn Di Sd/Mi Kelas Tinggi.” Magistra: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman 12, no. 1 (2021): 59–72.

Zahwa, Feriska Achlikul, dan Imam Syafi’i. “Pemilihan pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi.” Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi 19, no. 01 (2022): 61–78.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/niz.v14i1.3838

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING