ANALISIS SELF REGULATED BELAJAR SISWA BERBASIS GENDER MELALUI PEMBELAJARAN ONLINE BERBASIS ZOOM MEETING

Maya siti sakdah, Siti Fatonah, Edi Ansyah

Abstract


ABSTRAK: Penelitian kemandirian belajar dilakukan pada perguruan tinggi Provinsi Lampung yaitu UIN Fatmawati Soekarno Putri, Prodi Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat pengaruh perbedaan gender terhadap tingkat kemandirian belajar mahasiswa. Populasi penelitian ini yaitu mahasiswa PAI semester 3, sedangkan sampel yang diambil yaitu sebahagian dari jumlah populasi yaitu sebanyak 30 mahasiswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa angket. Angket tersebut diuji normalitas, homogenitas serta uji t. Jika dilihat dari gender hasil kemandirian belajar mahasiswa yaitu pada kategori Sedang dengan persentase 74,41%. Berdasarkan hasil uji hipotesis, peneliti menggunakan uji independent sample t-test diperoleh nilai signifikasi (2 tailed) sebesar 0,446. Maka 0,446 > dari 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh perbedaan gender terhadap tingkat kemandirian belajar mahasiswa.

 Kata Kunci: Kemandirian 


Full Text:

PDF

References


Amaliah, Rezeki. 2017. “Hasil Belajar Biologi Materi Sistem Gerak dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange (Rte) pada Siswa Kelas XI SMAN 4 Bantimurung Rezeki” 08 (1): 11–17.

Anggalia Wibasuri & Besti Lilyana. 2014. “Determinan Self Efficacy Dalam Kemandirian Belajar Mahasiswa pada Perguruan Tinggi Swasta di Bandar Lampung.” Proseding Seminar Bisnis & Teknologi ISSN : 2407-6171 SEMBISTEK, 15–16.

Anzora. 2017. “Analisis Kemandirian Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Menerapkan Teori Belajar Humanistik.” Jurnal Gantang 2 (2): 99–103.

Arifin, Zainal. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT;Remaja Rosdakarya.

D, Priyatno. 2011. Buku Saku SPSS Analisis Statistik Data Lebih Cepat, Efisien, dan Akurat. Yogyakarta: MediaKom.

Friantini, Rizki Nurhana, and Rahmat Winata. 2020. “Disposisi Matematis dan Kemandirian Belajar Mahasiswa pada Perkuliahan Daring Berbantuan Google Classroom masa Covid-19.” Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika 7 (2): 53–64. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v7i2.1068.

Haqien, Danin, and Aqiilah Afiifadiyah Rahman. 2020. “Pemanfaatan Zoom Meeting untuk Proses Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19.” SAP (Susunan Artikel Pendidikan) 5 (1). https://doi.org/10.30998/sap.v5i1.6511.

Irmada, Fika, and Ika Yatri. 2021. “Keefektifan Pembelajaran Online melalui Zoom Meeting di Masa Pandemi Bagi Mahasiswa.” Jurnal Basicedu 5 (4): 2423–29. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1245.

Konita, M., Asikin, M., & Noor Asih, T. S. 2019. “Kemampuan Penalaran Matematis dalam Model Pembelajaran Connecting , Organizing , Reflecting , Extending. PRISMA,.” Prosiding Seminar Nasional Matematika 2: 611–615.

Marhayani, Dina Anika. 2020. “Kemandirian Belajar Mahasiswa PGSD dalam Perkuliahan Secara Daring pada Masa Pademi Covid-19.” JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) 5 (2): 36. https://doi.org/10.26737/jpdi.v5i2.2156.

Moleong. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muhammad, Iryana. 2020. “Pengaruh Perkuliahan Daring Terhadap Kemandirian Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Prodi Pendidikan Matematika.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al-Qalasadi. 4 (1): 24–330.

Mulyatiningsi, Endang dan Apri Nuryanto. 2014. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Naserly, M. K. 2020. “Implementasi Zoom, Google Classroom dan WhatsApp Group dalam Mendukung Pembelajaran Daring (Online) Pada Mata Kuliah Bahasa Inggris.” Journal of Physics A: , 4(8), 155–165. 4 (8): 155–68.

Nudji. 2014. “Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa PPKn Melalui Pembelajaran Lesson Study.” Jurnal Heritage 2 (2): 19.

Ridwan. 2010. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru: Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Saprizal, Ari, Hepsi Nindiasari, and Syamsuri Syamsuri. 2021. “Analisis Kemandirian Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IX SMPN 7 Kota Serang Ditinjau Berdasarkan Gender.” TIRTAMATH: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika 3 (1): 15. https://doi.org/10.48181/tirtamath.v3i1.8954.

Reni Amiliya , Anung Driyas Maraning Dyah. 2019. “Permainan Ular Tangga Bagi Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun , Jurnal Al-Abyadh” 2 (2): 1–9.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarni, C., and U. Sumarmo. 2016. “Penalaran Matematik dan Kemandirian Belajar Siswa SMP.” Edusentris 3 (3): 290.

Susilowati, Kusdiyati. 2015. Observasi Psikologi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sutrisno, Joko AB. 2021. “Perbedaan Kemandirian Belajar Ditinjau dari Gender dan Disposisi Matematis.” Inovasi Matematika (Inomatika) 3 (2): 188–201. https://doi.org/10.35438/inomatika.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/niz.v13i2.3062

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING