PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV MIS ISTIQOMAH ISLAMIC FULLDAY SCHOOL KEC. SUNGGAL KAB. DELI SERDANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik Kelas IV MIS Istiqomah Islamic Fullday School Sri Gunting Sunggal. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif. Metodelogi penelitian ini menggunakan desain Quasi Eksperiment (Eksperimen Semu). Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa/i kelas IV MIS Istiqomah Islamic Fullday School Sri Gunting Sunggal dan sampel yang dipilih dalam penilitian ini adalah kelas IVA (kelas kontrol dengan model konvensional) dan kelas IVB (kelas eksperimen dengan model discovery learning. Analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang menggunakan model discovery learning IVA lebih tinggi dari hasil kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang menggunakan model konvensional IVB. Kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik di kelas eksperimen dengan model discovery learning diperoleh rata-rata sebesar 74,37, sedangkan pada kelas kontrol setelah diberi perlakuan dengan menggunakan model konvensional diperoleh nilai rata-rata 73. Berdasarkan pengujian hipotesis pada kelas eksperimen IVA dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,5476 > 2,021 dengan taraf signifikan 0,05 atau 5% yang menyatakan diterimanya Ha dan Ho maka dapat disimpulkan bahwa model discovery learning berpengaruh signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik Kelas IV MIS Istiqomah Islamic Fullday School Sri Gunting Sunggal.
Kata Kunci: Model Discovery Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, M. (2010). Pendidikann Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.
A. Bakar, Rosdiana (2015). Dasar-Dasar Kependidikan. Medan: Gema Insani
Arohman, B., Anggo, M., Zamsir. (2020). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 15 Kediri. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 8(1), 4.
Belajar Matematika Siswa Pada Kelas V di SD. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, [5(2), 2-3.
Daniel Mujis danfective T David Reynolds. (2008). Effective Teaching: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: PUSTAKA BELAJAR.
Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: CV. Budi Utama.
Darso. (2011). Kesiapan Belajar Siswa dan Interaksi Belajar Mengajar Terhadap Prestasi Belajar, VII (2), 145-160.
Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan. (2006). Memahami Konsep Matematika Secara Benar dan Menyajikannya dengan Menarikh. 208-209.
Dores, D., Sudin, A., Maulana, M. (2017) Penerapan Pendekatan Investigasi Berstrategi Quantum untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa, “Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 1131-1132.
Fadhilah, S. (2009). Kemampuan Memecahkan Masalah Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Penelitian.
Hosnan. M.(2014) . Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Jamaris, M. (2014). Kesulitan Belajar: Perspektif Asesmen, dan Penanggulangannya. Bogor: Ghalia Indonesia.
Jaya, Indra dan Arda. (2013). Penerapan Statistik Untuk Pendidik. Bandung: Tarsib.
Kementerian Agama RI. 2007. Mushaf Al-Qur’an dan Terjemahan. Bogor : Nur Publishing.
Kementerian Agama RI. 2012. Ummu Mukminin Al-Qur’an dan Terjemahan untuk wanita. Bandung: WALI
Kusaeri dan Suprananto. (2012). Pengukuran dan Penilaiann Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Marantika, A. Handayani, T., Putri, A.D. (201%5). Pengruh Metode Discovery Learning Terhadap kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Pembelajaran Matematika di SMP Pelita Palembang.1 (2),
Margono. S. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Mujis, D dan fective T David Reynolds. F.T.D (2008) Effective Teaching: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: PUSTAKA BELAJAR.
Nasaruddin. (2013). Karakterstik dan Ruang Lingkup Pembelajaran Matematika di Sekolah. Al-Khwarizmi, 3, 67-72
Nurdiana. A., Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa Kelas X IPA. 2 h. 10.
Nurmawati. (2016). Evaluasi Pendidikan Islam. Bandung:Citapustaka Mera.
Purwanti, RD., Pratiwi, D.D., Rinaldi, A. (2016) Pengaruh Pembelajaran Berbatuan Geoebra terhadap Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Gaya Kognitif,” Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika (7, no 1) : 15-22.
Puskur. (2002). Kurikulum dan Hasil Belajar; Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Matematika Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah.Jakarta: Balitbang Depdiknas.
Rusma. (2013). Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. RAJAGRAFINDO PERSADA.
Sahat, S. (2000). Analisis Strategi Kognitif Siswa SLTP Negeri 35 Medan dalam Menyelesaikan soal-soal Matematika. Jurnal Penelitia Kependidikan 10(2).
Salim, (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Citapustaka Media.
Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SMP/MTs. (2016) Jakarta:Badan Standar Nasional Pendidikan.
Subagyo, Joko. (2004). Metode Penelitian dari Teori dan Praktek. Rineka Cipta
Sudjana. (2005). Metode Statistik. Bandung: PT Taristo.
Sudjono, Anas. (2011). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta:Raja Grapindo.
Sugiyono. (2016). Metodologi Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif. Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2010). Statistik Untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta.
Sulistyawati, N, dkk. (2012). Efektivitas Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Kimia. Semarang: Universitas Islam Negeri Semarang.
Syafaruddin. (2017). Sosiologi Pendidikan. Medan: Perdana Publishing.
Syafii A, L. Andayani, S. Khanafiyah. (2014)Penerapan Question Based Discovery Learning Pada Kegiatan Laboraturium Fisika Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains:Unnes Physics Education Journal. 3, h.2
Syafril dan Zen, Z. (2017). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Depok: Kencana.
Syafrizal, D dan Sugiarto, A. (2013). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional dan Aplikasinya. Jakarta Timur: Laskar Aksara.
Tim Pengembangan MKPD, (2012). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Trianto. (2009).. Model Pembelajaran Inovatif-rogresif, edisi 4. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Umi Supraptinah, dkk. (2015). Eksperimentasi Model Pembelajaran Discovery Learning, Problem Based Learning, dan Think-Talk Write dengan Pendekatan Saintfik Terhadap Kemamuan Pememcahawn Masalah Matematika Ditinjaudari Kemandirian Belajar Peserta didik Surakarta: Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Wandini.R.R (2019). Pembelajaran Matematika Untuk Calon GuruMI/SD.Medan: CV. Widya Puspita.
Warsono dan Hariyanto. (2012). Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Widodo, N.S.A.T dan Sumarni, W.( 2012). Efektivitas: Model Pembelajara Guided Discovery Learning terhadap kemampuan Pemecahan Masalah Kimia, Semarang: Universitas Negeri Semarang.
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/niz.v12i1.1665
Refbacks
- There are currently no refbacks.