DAMPAK MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA/I KELAS VB MIS AL-HIDAYAH
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Ali, M dan Asrori, M. (2014). Metodologi Dan Aplikasi Riset Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Alyusi, S. D. (2016). Media Sosial: Interaksi, Identitas Dan Modal Sosial. Jakarta: Kencana.
Antoni, D dan Apriansyah. "Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Sumsel". Jurnal Digital Teknologi Informasi, 1(2). 64-70.
Astuti, I. I. (2021). “Penggunaan Media Sosial Instagram Pada Materi Budaya Politik Guna Membangun Civic Participan”. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1). 62-70.
Badaruddin, A. (2015). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Konseling. Jakarta: Kencana.
Bungin, B. (2006). Sosiologi Komunikasi. Jakarta: Kencana.
Cm, J.vs. T. (1985). Media Massa Dan Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius. Darmawan, D. (2012). Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Efendi, J. (2012). Tips Agar Anak Jadi Rangking Di Kelas. Jogjakarta: Buku Biru. Fahmi, A. B. (2011). Mencerna Situs Jejaring Sosial. Jakarta: PT. Gramedia.
Fajar, M dan Machmud, H. (2018). "Penggunaan Media Sosial Di Kalangan Siswa Sekolah Dasar". Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1). 46-52.
Gustam, R. R. (2015). “Karakteristik Media Sosial Dalam Membentuk Budaya Korean Pop Di Kalangan Komunitas Samarinda Dan Balikpapan”. Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2). 225-242. 85
Hasrullah. (2013). Beragam Perspektif Ilmu Komunikasi. Jakarta: Kencana.
https://umumsetda.bulelengkab.go.id/informasi/detail/artikel/fenomena-sosial- media-33. Di akses tanggal 1 April 2022 pukul 09.56 wib.
https://www.kompasiana.com/deanruwayari7727/6201ee6d8700005cbf6076e2/pe ngalaman-pertama-pake-tiktok-bikin-pusing-parno-tapi-juga- ketagihan?page=2&page_images=1. Di akses tanggal 2 April 2022 pukul
24 wib.
Ilyas, R. (2016). "Manusia Sebagai Khalifah Dalam Perspektif Islam". Jurnal Mawa'izh, 1(7). 169-195.
Imran, H. A. (2016). "Fenomena Komunikasi dan Ilmu Komunikasi". Jurnal Studi Komunikasi dan Media, 17(2). 197-217.
Indrawan, R dan Yaniawati, P. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran untuk Manajemen, Pembangunan, dan Pendidikan (Revisi). Bandung: PT. Refika Aditama.
Irham. (2020). "Hadis Populer Tentang Ilmu Dan Relevansinya Dengan Masalah Pendidikan Islam". Jurnal Studi Alquran Dan Hadis, 4(2). 235-258.
Iryani, E. (2017). “Alquran Dan Ilmu Pengetahuan”. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 17(3). 66-83.
Jamora, A. G. (2021). "Perbandingan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Make a Match dan Demonstrasi Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV Mis Miftahul Fallah Kabupaten Deli Serdang". Jurnal Nizhamiyah, 11(1). 68-80.
Khairuni, N. (2016). "Dampak Positif dan Negatif Sosial Media Terhadap Pendidikan Akhlak Anak". Jurnal Edukasi, 2 (1). 91-106.
Khoiri, I. (2005). Ortu Dan Guru Jangan Baca Buku Ini!. Jakarta: Salaris.
Lathifah, Z dan Lubis, D. P. (2020). "Hubungan Penggunaan Media Sosial Dengan Perkembangan Usaha Kecil Dan Menengah Kuliner Wilayah Solo Raya". Jurnal Komunikasi Pembangunan, 16(1). 75-88.
Lestari, E. T. (2020). Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Siswa Sekolah Dasar
Yogyakarta: CV. Budi Utama
Liliweri, A. (2015). Komunikasi Antar-Personal. Jakarta: Kencana.
Lms, T. (2016). Berburu Aplikasi Terhebat Di Google Play. Jakarta: PT. Gramedia.
Lubis, H. Z, dkk. (2021). Inovasi Pembelajaran Di Masa Merdeka Belajar- Kampus Merdeka (New Normal); Antara Peluang Dan Tantangan. Medan: UMSU Press.
Miarso, Y. (2004). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana. Mu'in, F. (2020). Pendidikan Karakter: Konstruksi Teoretik dan Praktik.
Jogjakarta: Ar. Ruzz Media.
Muttaqin, T. (2021). "Pemanfaatan Media Sosial WhatsApp Sebagai Media Pembelajaran Kelas VI a Dan b di MI Miftahul Huda Jatisari Krenceng Kepung Kediri Tahun Pelajaran 2020/2021 M". Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 2(1). 97-125.
Nabila, F, dkk. (2018). "Fenomena Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Gaya Hidup Remaja". Jurnal Ilmiah, 3(2). 135-146.
Nata, A. (2013). Pemikiran Pendidikan Islam Dan Barat. Jakarta: Rajawali Pers.
Nurhalimah, S. (2019). Media Sosial Dan Masyarakat Pesisir Refleksi Pemikiran Mahasiswa Bidikmisi. Yogyakarta: CV. Budi Utama.
Ramadhan, I. H, dkk. (2021). “Analisis Teknik Digital Marketing Pada Aplikasi Tiktok”. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 18(1). 49-60.
Reddick, R dan King, E. (1996). Internet Untuk Wartawan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Riko, dkk. (2020). "Penggunaan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Di Sekolah Menengah Pertama". Journal of Character Education Society, 3(2), 258-266.
Rozi, Z. A. (2008). Mari Mengenal Internet. Yogyakarta: Andi Offset.
Saleh, G dan Pitriani, R. (2018). "Pengaruh Media Sosial Instagram dan WhatsApp Terhadap Pembentukan Budaya Alone Together". Jurnal Komunikasi, 10(2), 103-114.
Salminawati dan Safran. (2019). "Sumber Daya Manusia Pendidikan Dalam Menghadapi Era Industri 4.0". Prosiding UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Sanjaya, W dan Budimanjaya, A. (2017). Paradigma Baru Mengajar. Jakarta: Kencana.
Sondak, S. H., dkk. (2019). "Faktor-Faktor Loyalitas Pegawai Di Dinas Pendidikan Daerah Provinsi Sulawesi Utara". Jurnal Emba, 7(1), 671- 680.
Surokim, dkk. (2017). Internet, Media Sosial Dan Perubahan Sosial Di Madura. Jawa Timur: Prodi Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Budaya (FISIB) Universitas Turnojoyo Madura (UTM).
Suryaningsih, A. (2020). "Dampak Media Sosial Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik". Jurnal Pendidikan Sains Dan Teknologi, 7(1). 1-10.
Sutopo, A. H dan Arief, A. (2010). Terampil Mengolah Data Kualitatif dengan NVIVO. Jakarta: Kencana.
Ulfatin, N dan Triwiyanto, T. (2021). Metode Penelitian Kualitatif Untuk Keguruan Dan Pendidikan. Jakarta: Erlangga.
Watie, E. D. S. (2011). “Komunikasi Dan Media Sosial”. The Messenger, 3(1).
Yaumi, M. (2014). Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar, dan Implementasi
Jakarta: Kencana.
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/niz.v12i1.1487
Refbacks
- There are currently no refbacks.