DAMPAK MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA/I KELAS VB MIS AL-HIDAYAH

Sahlan Sahlan, Arfiana Sihombing

Abstract


Penelitian yang telah dilakukan berjudul “Dampak Media Sosial Terhadap Minat Belajar Siswa/i Kelas Vb Mis Al-Hidayah Jl. Datuk Kabu No. 37” di latar belakangi oleh minat belajar siswa/i yang menurun, kesehatan mata yang semakin terganggu, pola belajar yang tidak teratur, terpecahnya konsentrasi belajar siswa/i, dan sifat ketergantungan terhadap penggunaan media sosial di kalangan siswa/i kelas Vb tersebut. Adapun metodologi penelitian yang digunakan peneliti yaitu dengan pendekatan data lunak (kualitatif) dengan jenis metode penelitian studi kasus. Lantas, yang menjadi subjek pada penelitian ini adalah kepala sekolah, wali kelas Vb, beberapa siswa/i kelas Vb, dan beberapa orang tua siswa/i kelas Vb. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini tentu dengan dokumen wawancara, catatan pengamatan (observasi), dan dokumentasi untuk memperkuat hasil penelitian yang diperoleh. Lalu, pada teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data (display), dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media sosial di kelas Vb Mis Al-Hidayah Jl. Datuk Kabu No. 37 merujuk pada: (1)Fenomena penggunaan media sosial yang dianggap sudah berlebihan bagi siswa/i terkhusus bagi siswa/i kelas Vb yang duduk di bangku Madrasah Ibtidaiyah; (2)Dampak yang ditimbulkan media sosial terhadap minat belajar siswa/i kelas Vb memang memberikan dampak positif bagi siswa/i tersebut. Namun, nyatanya media sosial memberikan begitu besar dampak negatif bagi penggunanya terkhusus siswa/i kelas Vb (3)Kebijakan yang akan dilakukan oleh Kepala Sekolah Mis Al-Hidayah terhadap media sosial bagi siswa/i di Mis Al-Hidayah terkhusus pada siswa/i kelas Vb yaitu dengan menjadikan media sosial sebagai salah satu media pembelajaran di dalam kelas, mengingat media sosial yang tidak dapat dipisahkan dengan kehidupan masa kini.

Full Text:

PDF

References


Ali, M dan Asrori, M. (2014). Metodologi Dan Aplikasi Riset Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Alyusi, S. D. (2016). Media Sosial: Interaksi, Identitas Dan Modal Sosial. Jakarta: Kencana.

Antoni, D dan Apriansyah. "Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Sumsel". Jurnal Digital Teknologi Informasi, 1(2). 64-70.

Astuti, I. I. (2021). “Penggunaan Media Sosial Instagram Pada Materi Budaya Politik Guna Membangun Civic Participan”. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1). 62-70.

Badaruddin, A. (2015). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Konseling. Jakarta: Kencana.

Bungin, B. (2006). Sosiologi Komunikasi. Jakarta: Kencana.

Cm, J.vs. T. (1985). Media Massa Dan Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius. Darmawan, D. (2012). Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Efendi, J. (2012). Tips Agar Anak Jadi Rangking Di Kelas. Jogjakarta: Buku Biru. Fahmi, A. B. (2011). Mencerna Situs Jejaring Sosial. Jakarta: PT. Gramedia.

Fajar, M dan Machmud, H. (2018). "Penggunaan Media Sosial Di Kalangan Siswa Sekolah Dasar". Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1). 46-52.

Gustam, R. R. (2015). “Karakteristik Media Sosial Dalam Membentuk Budaya Korean Pop Di Kalangan Komunitas Samarinda Dan Balikpapan”. Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2). 225-242. 85

Hasrullah. (2013). Beragam Perspektif Ilmu Komunikasi. Jakarta: Kencana.

https://umumsetda.bulelengkab.go.id/informasi/detail/artikel/fenomena-sosial- media-33. Di akses tanggal 1 April 2022 pukul 09.56 wib.

https://www.kompasiana.com/deanruwayari7727/6201ee6d8700005cbf6076e2/pe ngalaman-pertama-pake-tiktok-bikin-pusing-parno-tapi-juga- ketagihan?page=2&page_images=1. Di akses tanggal 2 April 2022 pukul

24 wib.

Ilyas, R. (2016). "Manusia Sebagai Khalifah Dalam Perspektif Islam". Jurnal Mawa'izh, 1(7). 169-195.

Imran, H. A. (2016). "Fenomena Komunikasi dan Ilmu Komunikasi". Jurnal Studi Komunikasi dan Media, 17(2). 197-217.

Indrawan, R dan Yaniawati, P. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran untuk Manajemen, Pembangunan, dan Pendidikan (Revisi). Bandung: PT. Refika Aditama.

Irham. (2020). "Hadis Populer Tentang Ilmu Dan Relevansinya Dengan Masalah Pendidikan Islam". Jurnal Studi Alquran Dan Hadis, 4(2). 235-258.

Iryani, E. (2017). “Alquran Dan Ilmu Pengetahuan”. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 17(3). 66-83.

Jamora, A. G. (2021). "Perbandingan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Make a Match dan Demonstrasi Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV Mis Miftahul Fallah Kabupaten Deli Serdang". Jurnal Nizhamiyah, 11(1). 68-80.

Khairuni, N. (2016). "Dampak Positif dan Negatif Sosial Media Terhadap Pendidikan Akhlak Anak". Jurnal Edukasi, 2 (1). 91-106.

Khoiri, I. (2005). Ortu Dan Guru Jangan Baca Buku Ini!. Jakarta: Salaris.

Lathifah, Z dan Lubis, D. P. (2020). "Hubungan Penggunaan Media Sosial Dengan Perkembangan Usaha Kecil Dan Menengah Kuliner Wilayah Solo Raya". Jurnal Komunikasi Pembangunan, 16(1). 75-88.

Lestari, E. T. (2020). Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Siswa Sekolah Dasar

Yogyakarta: CV. Budi Utama

Liliweri, A. (2015). Komunikasi Antar-Personal. Jakarta: Kencana.

Lms, T. (2016). Berburu Aplikasi Terhebat Di Google Play. Jakarta: PT. Gramedia.

Lubis, H. Z, dkk. (2021). Inovasi Pembelajaran Di Masa Merdeka Belajar- Kampus Merdeka (New Normal); Antara Peluang Dan Tantangan. Medan: UMSU Press.

Miarso, Y. (2004). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana. Mu'in, F. (2020). Pendidikan Karakter: Konstruksi Teoretik dan Praktik.

Jogjakarta: Ar. Ruzz Media.

Muttaqin, T. (2021). "Pemanfaatan Media Sosial WhatsApp Sebagai Media Pembelajaran Kelas VI a Dan b di MI Miftahul Huda Jatisari Krenceng Kepung Kediri Tahun Pelajaran 2020/2021 M". Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 2(1). 97-125.

Nabila, F, dkk. (2018). "Fenomena Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Gaya Hidup Remaja". Jurnal Ilmiah, 3(2). 135-146.

Nata, A. (2013). Pemikiran Pendidikan Islam Dan Barat. Jakarta: Rajawali Pers.

Nurhalimah, S. (2019). Media Sosial Dan Masyarakat Pesisir Refleksi Pemikiran Mahasiswa Bidikmisi. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Ramadhan, I. H, dkk. (2021). “Analisis Teknik Digital Marketing Pada Aplikasi Tiktok”. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 18(1). 49-60.

Reddick, R dan King, E. (1996). Internet Untuk Wartawan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Riko, dkk. (2020). "Penggunaan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Di Sekolah Menengah Pertama". Journal of Character Education Society, 3(2), 258-266.

Rozi, Z. A. (2008). Mari Mengenal Internet. Yogyakarta: Andi Offset.

Saleh, G dan Pitriani, R. (2018). "Pengaruh Media Sosial Instagram dan WhatsApp Terhadap Pembentukan Budaya Alone Together". Jurnal Komunikasi, 10(2), 103-114.

Salminawati dan Safran. (2019). "Sumber Daya Manusia Pendidikan Dalam Menghadapi Era Industri 4.0". Prosiding UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Sanjaya, W dan Budimanjaya, A. (2017). Paradigma Baru Mengajar. Jakarta: Kencana.

Sondak, S. H., dkk. (2019). "Faktor-Faktor Loyalitas Pegawai Di Dinas Pendidikan Daerah Provinsi Sulawesi Utara". Jurnal Emba, 7(1), 671- 680.

Surokim, dkk. (2017). Internet, Media Sosial Dan Perubahan Sosial Di Madura. Jawa Timur: Prodi Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Budaya (FISIB) Universitas Turnojoyo Madura (UTM).

Suryaningsih, A. (2020). "Dampak Media Sosial Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik". Jurnal Pendidikan Sains Dan Teknologi, 7(1). 1-10.

Sutopo, A. H dan Arief, A. (2010). Terampil Mengolah Data Kualitatif dengan NVIVO. Jakarta: Kencana.

Ulfatin, N dan Triwiyanto, T. (2021). Metode Penelitian Kualitatif Untuk Keguruan Dan Pendidikan. Jakarta: Erlangga.

Watie, E. D. S. (2011). “Komunikasi Dan Media Sosial”. The Messenger, 3(1).

Yaumi, M. (2014). Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar, dan Implementasi

Jakarta: Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/niz.v12i1.1487

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING