Peran Model Project Based Learning (PJBL) dalam Meningkatkan Keterampilam Menulis Cerita Fantasi Kelas VII MTsN 2 Deli Serdang

fatimah azzahra dalimunthe, Ewin Sanjaya Gajah, Yustika Sari, Errika Febi Lusianti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita fantasi siswa kelas VII di MTsN 2 Deli Serdang melalui penerapan Model Project Based Learning (PJBL). Berdasarkan pengamatan awal, keterampilan menulis siswa masih tergolong rendah, disebabkan oleh kurangnya motivasi, pemahaman struktur cerita, dan metode pembelajaran yang monoton. PJBL diusulkan sebagai solusi inovatif yang melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran melalui proyek yang bermakna. Metode ini tidak hanya fokus pada hasil akhir, tetapi juga pada proses pembelajaran yang mendorong kreativitas, kolaborasi, dan pemecahan masalah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif,dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PJBL secara signifikan meningkatkan keterampilan menulis siswa, memungkinkan mereka untuk menuangkan ide dan gagasan dalam bentuk cerita fantasi yang terstruktur dan kreatif. Dengan demikian, PJBL terbukti efektif dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi siswa dalam menulis cerita fantasi.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


ALnshoriyalh, Siti daln Ralhmalh Purwalhidal. (2018). Menulis Populer. Balndung: PT Remaljal Rosdalkalryal.

Calhyalningrum, Faljalr Dwi. Daln Nals Halryalti Setyalningsih. (2019). “Pengembalngaln Modul Menulis Teks Cerital Falntalsi Bermualtaln Nilali Konservalsi Balgi Pesertal Didik SMP”. JPBSI. 8(1). (56-63)

Faldly, ALhmald. (2020). "Peningkaltaln Menulis Teks Deskripsi dengaln Menggunalkaln Film paldal SMP 3 Kotal Talngeralng Selaltaln". Jurnall Balhalsal Pengaljalralnnyal 3(1). Hall. 305.

Halrsialti, T., Trialnto, AL., & Kosalsih, E. (2017). Balhalsal Indonesial SMP/MTs Kelals VII Edisi Revisi 2017. Jalkalrtal: Kementerialn Pendidikaln daln Kebudalyalaln.

Megal, Restinal, dkk. (2022). "Keteralmpilaln Menulis Slogaln Berbalsis Pengallalmaln Membalcal Teks Nalralsi Pesertal Didik SD Kelals V" Edu Cendikial: Jurnall Ilmialh Kependidikaln. Volume: 2 | Nomor 2 hall 268.

Prialstalri, Monikal. (2021). Peningkaltaln Menulis Teks Falntalsi Menggunalkaln Metode PjBL Berbalntualn Medial Bontalng. Metalforal: Ju




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/eunoia.v4i2.4153

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING