Editorial Policies

Focus and Scope

EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia) adalah jurnal peer-review yang diterbitkan dua kali setahun [Januari dan Juli] oleh Jurusan Tadris Bahasa Indonesia (T.BIND) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara , Indonesia. EUNOIA menerbitkan 8 (delapan) artikel dalam setiap edisi. Artikel hanya tersedia secara online sebagai sumber akses terbuka (open journal system).

EUNOIA menyambut baik kontribusi artikel berbasis penelitian sesuai fokus dan ruang lingkup jurnal, serta artikel yang belum pernah dipublikasi pada media manapun. Berikut fokus dan ruang lingkup jurnal EUNOIA:

  1. Pengembangan dan Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia
  2. Riset berbasis integrasi dan interkoneksi dalam pendidikan bahasa Indonesia
  3. Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia
  4. Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia di semua jenjang pendidikan

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia) diterbitkan dua kali setahun [Januari dan Juli] sejak 2021, adalah jurnal peer-review Indonesia, dan mengkhususkan pada bidang pendidikan, bahasa, sastra, dan pembelajaran. Semua makalah yang dikirimkan tunduk pada sistem double-blind revew process. Seluruh artikel akan diulas oleh dua mitra bestari (reviewer), dan hasil ulasan akan diterbitkan setelah mendapat persetujuan dari dewan editor.

 

Kontribusi untuk Keputusan Editorial
Peer-review membantu editor dalam membuat keputusan editorial dan melalui komunikasi editorial dengan penulis juga dapat membantu penulis dalam meningkatkan makalah.

 

Kecepatan
Setiap wasit terpilih yang merasa tidak memenuhi syarat untuk meninjau penelitian yang dilaporkan dalam sebuah manuskrip atau mengetahui bahwa tinjauan segera tidak mungkin dilakukan, harus memberi tahu editor dan mengundurkan diri dari proses peninjauan.


Kerahasiaan
Setiap manuskrip yang diterima untuk ditinjau harus diperlakukan sebagai dokumen rahasia. Mereka tidak boleh diperlihatkan atau didiskusikan dengan orang lain kecuali sebagaimana diizinkan oleh editor.


Standar Objektivitas
Ulasan harus dilakukan secara objektif. Kritik pribadi terhadap penulis tidak pantas. Wasit harus mengungkapkan pandangan mereka dengan jelas dengan argumen pendukung.


Pengakuan Sumber
Mitra bestari harus mengidentifikasi karya relevan yang diterbitkan yang belum dikutip oleh penulis. Setiap pernyataan bahwa pengamatan, derivasi, atau argumen telah dilaporkan sebelumnya harus disertai dengan kutipan yang relevan. Mitra bestari juga harus meminta perhatian editor setiap kesamaan substansial atau tumpang tindih antara manuskrip yang sedang dipertimbangkan dan makalah lain yang diterbitkan yang mereka ketahui secara pribadi.


Pengungkapan dan Benturan Kepentingan
Informasi atau ide istimewa yang diperoleh melalui peer-review harus dijaga kerahasiaannya dan tidak digunakan untuk keuntungan pribadi. Reviewer tidak boleh mempertimbangkan manuskrip di mana mereka memiliki konflik kepentingan yang dihasilkan dari persaingan.

 

Archiving

This journal utilizes the LOCKSS system to create a distributed archiving system among participating libraries and permits those libraries to create permanent archives of the journal for purposes of preservation and restoration. More...

 

Etika Publikasi

Demikian pernyataan etik EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia) yang diterbitkan oleh jurusan T.BIND Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatera Utara. Pernyataan ini diadaptasi dari prinsip-prinsip Komite Etik Publikasi (COPE) dan mencakup kode etik untuk pemimpin redaksi, anggota dewan redaksi, pengulas dan penulis. Pernyataan ini didasarkan pada:

http://publicationethics.org/files/u2/New_Code.pdf

Artikel-artikel yang dimuat dalam EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia merupakan bahan bangunan penting dalam Pendidikan Bahasa Indonesia, sehingga dapat digunakan sebagai cerminan kualitas penulis dan institusi. Oleh karena itu, penting untuk menyepakati standar perilaku etis yang diharapkan bagi semua pihak yang terlibat dalam tindakan penerbitan: penulis, reviewer, editor, penerbit dan komunitas Editor EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia) menjamin bahwa semua prosedur diarahkan hanya untuk memfasilitasi perlakuan objektif dan intelektual Editor dan reviewer EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia) mengevaluasi teks tanpa subjektif, seperti: intervensi ras, gender, keyakinan agama, etnis, kewarganegaraan, dan kepentingan politik tertentu.

 

Tugas Penulis

  1. Memiliki tanggung jawab untuk memastikan bahwa hanya karya baru dan asli yang dikirimkan.
  2. Dilarang memperbanyak karya yang pernah diterbitkan di jurnal lain.
  3. Tidak boleh mengirimkan artikel yang sedang ditinjau atau dipertimbangkan oleh jurnal lain secara bersamaan.
  4. Hanya diizinkan untuk mempublikasikan karyanya di tempat lain setelah menerima penolakan resmi dari jurnal atau jika permintaan penarikan karyanya diterima secara resmi oleh jurnal.
  5. Harus memberi tahu Pemimpin Redaksi atau Manajer Jurnal tentang ketidakakuratan data dalam pekerjaan mereka sehingga koreksi atau pencabutan artikel dapat dilakukan.
  6. Harus memberikan kontribusi yang signifikan dan bertanggung jawab atas segala kekurangan dalam pekerjaannya.

 

Mitra Bestari

  1. Harus menyatakan minat yang bersaing sebelum menyetujui untuk meninjau kiriman.
  2. Dapat menolak untuk meninjau kiriman apa pun karena konflik kepentingan atau pengetahuan yang tidak memadai.
  3. Tinjau semua pengiriman secara objektif, adil dan profesional.
  4. Mengungkapkan kesalahan etika yang ditemui saat meninjau Pemimpin Redaksi untuk tindakan lebih lanjut.
  5. Harus memastikan keaslian kiriman dan menyadari semua plagiarisme, publikasi yang berlebihan, dan duplikat.
  6. Tidak boleh mendiskusikan konten posting tanpa izin.
  7. Patuhi waktu yang diberikan untuk proses peninjauan. Permintaan perpanjangan untuk meninjau kiriman harus atas kebijaksanaan Pemimpin Redaksi.

Tugas Anggota Dewan Redaksi

  1. Berkontribusi secara aktif terhadap perkembangan dan kebaikan jurnal.
  2. Bertindak sebagai duta jurnal.
  3. Terus dukung dan promosikan jurnal.
  4. Tinjau pekerjaan yang ditugaskan kepada mereka.

Tugas Pemimpin Redaksi

  1. Mengevaluasi naskah secara adil dan semata-mata berdasarkan kemampuan intelektualnya.
  2. Tidak mengungkapkan informasi tentang naskah kepada siapa pun selain orang yang terlibat dalam proses penerbitan.
  3. Memiliki tanggung jawab untuk memutuskan kapan dan artikel mana yang akan diterbitkan.
  4. Secara aktif mencari pandangan anggota dewan, pengulas dan penulis tentang cara meningkatkan citra, kualitas, dan visibilitas jurnal.
  5. Berikan instruksi yang jelas kepada kontributor potensial untuk proses pengiriman dan apa yang diharapkan dari penulis.
  6. Pastikan reviewer yang tepat dipilih/diidentifikasi untuk proses review.

 

Pemesanan Publikasi Jurnal

Biaya Penulis

EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia)  membebankan biaya publikasi kepada penulis untuk setiap naskah yang diterbitkan dalam jurnal ini.

Cara Membeli Salinan Cetak

Silakan mengirimkan notifikasi melalui email jurnaleunoia@uinsu.ac.id untuk difasilitasi dengan layanan yang bermanfaat. Anda mungkin akan menerima buku jurnal Anda dalam waktu 5-7 hari setelah kami menerima detail pembelian dan pembayaran Anda.

Biaya pencetakan jurnal sebesar Rp100.000,00 per edisi (mulai 2021- sekarang). Harga tersebut belum termasuk ongkos kirim.

 

Sekretariat Redaksi

Maya Sakdah
EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia)
Jurusan T.BIND, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sumatera Utara, Jl. Wiliem Iskandar Pasar V, Medan Estate, Sumatera Utara, Indonesia 20371

 

Call for Papers

EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia)

ISSN: 2798-4214 (Online)

EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia) adalah jurnal ilmiah peer-review dengan akses terbuka yang diterbitkan oleh Jurusan Tadris Bahasa Indonesia (T.BIND), Fakultas Ilmu Pengetahuan Dan Keguruan Tarbiyah (FITK), Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia) menyediakan platform yang menyambut dan mengakui makalah penelitian asli empiris berkualitas tinggi di bidang pendidikan yang ditulis oleh para peneliti, akademisi, profesional, dan praktisi dari seluruh dunia.

 

Indeksasi Jurnal

EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia) indexed by:

   

 

__________________________________________________

e-ISSN: 2798-4214