PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS NILAI BUDAYA DI SEKOLAH MELALUI CERITA NARASI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA: LITERATURE REVIEW
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Afriani, V. (2017). CERITA RAKYAT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KARAKTER. Prosiding Seminar Nasional 20 Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 206–210. https://www.kompasiana.com/jbarathan/cerita-rakyat-
Ahmad, M. J., Adrian, H., & Arif, M. (2021). PENTINGNYA MENCIPTAKAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM LINGKUNGAN KELUARGA. JURNAL PENDAIS, 3(1), 1–24. https://media.neliti.com/media/publications/29315-ID-urgensi-pendidikan-agama-luar-sekolah-
Ali, A., Kristiawan, M., & Fitriani, Y. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 2063–2069. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v5i1.1235
Anwar, K., & Choeroni. (2019). Model Pengembangan Pendidikan karakter Berbasis Penguatan Budaya Sekolah Religius di SMA Islam Sultan Agung 3 Semarang. Al Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 2(2), 90–101. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30659/jspi.v2i2.5155
Ayu Febriani, A., Rosavina Putri, F., & Aji Saputro, J. (2023). Systematic Literature Review: Penerapan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Pada Kelas Tinggi. Peran Riset, Inovasi Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Bagi Pembagunan Indonesia Berkelanjutan, 771–778.
Azizah, A. N., Marmawi, & Ali, M. (2015). PENANAMAN NILAI MORAL MELALUI METODE BERCERITA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK KHODIJAH. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(3), 1–16.
Bararah, I. (2021). 4 KEGIATAN KEAGAMAAN SMP MUHAMMDIYAH BATU: MAMPU MEMPENGARUHI AKHLAK PESERTA DIDIK? Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(3), 469. https://doi.org/10.22373/jm.v11i3.8586
Engliana, E., Dwiastuty, N., Miranti, I., & Nurjanah, N. (2020). PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI CERITA RAKYAT PADA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI PERGURUAN TINGGI. Jurnal Pendidikan Karakter, X(1). https://doi.org/10.21831/jpk.v10i1.28814
Farida, S., & Sandra, M. K. (2023). Systematic Literature Review: Pembelajaran PPKn Pada Materi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, Peran Riset, Inovasi Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Bagi Pembangunan Indonesia Berkelanjutan, 1540–1547.
Fauziah, R. S. P., Maryani, N., & Wulandari, R. W. (2021). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah. TADBIR MUWAHHID, 5(1), 91–100. https://doi.org/10.30997/jtm.v5i1.3512
Hobing, A. S., Boba, L., Bati, G. F., & Kaet, A. Y. (2024). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH. Jurnal Kajian Ilmiah Interdisiplinier, 8(6), 1234–1240.
Ifnuari, M. R. (2022). Meningkatkan Kualitas Pendidikan Karakter di Jenjang Sekolah Dasar: Tinjauan Pustaka Yang Sistematis. IMprovement: Jurnal Ilmiah Untuk Peningkatan Mutu Pendidikan, 9(2), 153–161. https://doi.org/http://doi.org/10.21009/improvement
Indarwati, E. (2020). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter melalui Budaya Sekolah. Teacher in Educational Research, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.33292/ter.v2i1.60
Insani, L. J., & Basuki, A. (2024). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Budaya Sekolah : Studi Literatur. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 6(1), 899–910. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i1.6401
Kholis, N., & Ferawati, P. (2021). PENANAMAN MORAL AGAMA PADA ANAK MELALUI CERITA BERNUANSA ISLAMI. Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education (IJIGAEd), 1(2), 1–10. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/IJIGAEd/
Khomsah, N. B. (2019). IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI BERBASIS BUDAYA KEMATARAMAN PADA JENJANG TK DI KABUPATEN KULON PROGO. Penguatan Karakter Berbasis Literasi Ajaran Tamansiswa Menghadapi Revolusi Industri 4.0, 828–836.
Komariah, N., Sulaci, & Yuni. (2021). Penguatan Budaya Sekolah Sebagai Pendidikan Karakter Bagi Siswa di Sekolah Dasar Negri 2 Klayan. Prosiding Dan Web Seminar, Standarisasi Pendidikan Sekolah Dasar Menuju Era Human Society 5.0, 461–466.
Kurniawati, R., Amalia, A. R., & Khaleda N, I. (2022). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) melalui Budaya Kelas di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8304–8313. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3719
Lestari, D., & Ain, S. Q. (2022). Peran Budaya Sekolah terhadap Pembentukan Karakter Siswa Kelas V SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(1), 105–112. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.45124
Lestari, P. R., & Tirtoni, F. (2021). A Literature Study of the Implementation of Character Education for Elementary School Students. Academia Open, 4, 6–10. https://doi.org/10.21070/acopen.4.2021.1794
Muhtarom, M. (2020). PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER DAN BUDAYA BANGSA DI PESANTREN. Jurnal Diklat Keagamaan, 14(2), 114–123.
Norlita, D., Nageta, P. W., Faradhila, S. A., Aryanti, M. P., Fakhriyah, F., & Ismayam.A, E. A. (2023). SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW (SLR) : PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan Dan Humaniora, 2(1), 209–219. https://doi.org/https://doi.org/10.56910/jispendiora.v2i1.743
Nugraha, D., & Hasanah, A. (2021). PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS NILAI-NILAI BUDAYA DI SEKOLAH. Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarnegaraan, II(1), 1–9.
Nurhasanah, N., Suastra, I. W., & Arnyana, I. B. P. (2022). Literatur Review: Membangun Karakter Siswa Melalui Budaya Sekolah. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(2), 2971–2977. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2101
Oktasari, A. F., & Kasanova, R. (2023). Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Sastra Anak. Journal on Education, 05(04), 12017–12025. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2163
Pentianasari, S., Amalia, F. D., Fithri, N. A., & Martati, B. (2022). PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PEMANFAATAN LITERASI DIGITAL. Jurnal PGSD, 8(1), 58–72. https://doi.org/https://doi.org/10.32534/jps.v8i1.2958
Ponglimbong, M., & Talo, A. (2024). Implementasi Pengembangan Nilai Moral melalui Metode Bercerita pada Anak Usia Dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 50–59. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i2.733
Pramana, M. E. A., & Trihantoyo, S. (2021). PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI BUDAYA SEKOLAH DI JENJANG SEKOLAH DASAR. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(3), 764–774.
Purnama, H. I., Marzuki, & Utami, S. (2018). PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS BUDAYA SEKOLAH MELALUI PROGRAM LITERASI DASAR DI SEKOLAH DASAR NEGERI 37 PONTIANAK TENGGARA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(3), 1–13. https://doi.org/10.26418/jppk.v7i3.24722
Rozali, A., & Muhtar, T. (2022). PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MEMPERTAHANKAN NILAI LUHUR KEBUDAYAAN BANGSA INDONESIA. Journal Creative of Learning Students Elementary Education, 5(3), 463–469.
Sakman, & Syam, S. R. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Bagi Peserta Didik di Sekolah. Supermasi: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, Hukum & Pengajarannya, 15(2), 101–111. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/satwika.v3i2.10244
Setyaningsih, R., Suryandari, K. C., & Tatminingsih, S. (2022). Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Karakter dan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri 1 Kebumen. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 6(3), 447–452. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/jdc.v6i3.65147
Serli, N., Rustini, T., & Furnamasari, Y. F. (2023). Analisis Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah di SD Unggulan Al-Izzah Bandung. Bersatu: Jurnal Pendidikan Bhineka Tunggal Ika, 1(5), 248–257. https://doi.org/https://doi.org/10.51903/bersatu.v1i5.373
Shinta, C. M., Sobri, A. Y., & Nurabadi, A. (2023). Manajemen Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 3(5), 423–433. https://doi.org/10.17977/um065v3i52023p423-433
Sulhan, M. (2018). PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS BUDAYA DALAM MENGHADAPI TANTANGAN GLOBALISASI. Jurnal Visipena, 9(1), 1159–1172. https://doi.org/https://doi.org/10.46244/visipena.v9i1.450
Susanti, S. E. (2022). Pendidikan Karakter dalam Membangun Kecerdasan Moral bagi Anak Usia Dini Perspektif Thomas Lickona. TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, Dan Humaniora, 3(1), 10–17. https://doi.org/https://doi.org/10.33650/trilogi.v3i1.3396
Syawalia, Z. P., & Maknun, L. (2023). Pengaruh Budaya Sekolah dalam Pembentukan Nilai-Nilai Pancasila di Sekolah Dasar. Journal of Elementary School, 2(1), 10–19. https://doi.org/https://doi.org/10.30599/finger.v2i1.260
Tamrin, M. A. S., & Faizah, A. N. (2023). PENERAPAN MORAL PADA SISWA MI MUHAMMADIYAH 28 SURABAYA MELALUI BUKU CERITA. Conference of Elementary Studies “Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Dalam Kurikulum Di Sekolah Dasar,” 456–462.
Tiarawati, F., & Rahmantika, F. (2023). Kajian literatur inovasi pendidikan karakter melalui pembelajaran berbasis lingkungan sosial dan budaya. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 1406–1412. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID
Winarsih, L., Warsono, & Setyowati, N. (2021). PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK SEKOLAH DASAR. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(2), 206–216. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/jm.v11i2.7869
Yulianti, J., & Ichsan, I. (2021). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter melalui Budaya Sekolah di SD Negeri 26 Dompu dan MI As-Salam Dompu. Jurnal WANIAMBEY: Journal of Islamic Education, 2(2), 112–131. https://doi.org/https://doi.org/10.53837/waniambey.v2i2.185
Zulfiati, M., & Hartiningsih, S. (2018). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI BUDAYA SEKOLAH DI SDN BANDUNGREJOSARI 1 MALANG. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 22–33. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jkpp.v6i1.11524
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/eunoia.v4i1.4081
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.