PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS NILAI BUDAYA DI SEKOLAH MELALUI CERITA NARASI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA: LITERATURE REVIEW

syarifah Aini, Vivit Nurhikmah Havita, Halimatus Sa'diyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penguatan pendidikan karakter berbasis nilai budaya di sekolah melalui penggunaan cerita narasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Kajian ini dilakukan dengan pendekatan literature review, memanfaatkan berbagai sumber literatur seperti jurnal, buku, dan hasil penelitian terdahulu yang relevan. Cerita narasi sebagai bagian dari pembelajaran Bahasa Indonesia memiliki potensi besar dalam menanamkan nilai-nilai karakter, seperti kejujuran, tanggung jawab, toleransi, dan gotong royong, yang selaras dengan budaya lokal dan nasional. Hasil analisis menunjukkan bahwa integrasi nilai budaya melalui cerita narasi mampu memberikan pembelajaran kontekstual yang efektif, meningkatkan pemahaman siswa terhadap pentingnya karakter positif, sekaligus memperkuat identitas kebudayaan di era globalisasi. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan strategi pembelajaran berbasis cerita narasi yang lebih kreatif dan interaktif, serta pelatihan bagi guru untuk mengimplementasikan metode ini secara efektif di kelas.  

Full Text:

PDF

References


Afriani, V. (2017). CERITA RAKYAT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KARAKTER. Prosiding Seminar Nasional 20 Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 206–210. https://www.kompasiana.com/jbarathan/cerita-rakyat-

Ahmad, M. J., Adrian, H., & Arif, M. (2021). PENTINGNYA MENCIPTAKAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM LINGKUNGAN KELUARGA. JURNAL PENDAIS, 3(1), 1–24. https://media.neliti.com/media/publications/29315-ID-urgensi-pendidikan-agama-luar-sekolah-

Ali, A., Kristiawan, M., & Fitriani, Y. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 2063–2069. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v5i1.1235

Anwar, K., & Choeroni. (2019). Model Pengembangan Pendidikan karakter Berbasis Penguatan Budaya Sekolah Religius di SMA Islam Sultan Agung 3 Semarang. Al Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 2(2), 90–101. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30659/jspi.v2i2.5155

Ayu Febriani, A., Rosavina Putri, F., & Aji Saputro, J. (2023). Systematic Literature Review: Penerapan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Pada Kelas Tinggi. Peran Riset, Inovasi Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Bagi Pembagunan Indonesia Berkelanjutan, 771–778.

Azizah, A. N., Marmawi, & Ali, M. (2015). PENANAMAN NILAI MORAL MELALUI METODE BERCERITA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK KHODIJAH. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(3), 1–16.

Bararah, I. (2021). 4 KEGIATAN KEAGAMAAN SMP MUHAMMDIYAH BATU: MAMPU MEMPENGARUHI AKHLAK PESERTA DIDIK? Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(3), 469. https://doi.org/10.22373/jm.v11i3.8586

Engliana, E., Dwiastuty, N., Miranti, I., & Nurjanah, N. (2020). PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI CERITA RAKYAT PADA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI PERGURUAN TINGGI. Jurnal Pendidikan Karakter, X(1). https://doi.org/10.21831/jpk.v10i1.28814

Farida, S., & Sandra, M. K. (2023). Systematic Literature Review: Pembelajaran PPKn Pada Materi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, Peran Riset, Inovasi Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Bagi Pembangunan Indonesia Berkelanjutan, 1540–1547.

Fauziah, R. S. P., Maryani, N., & Wulandari, R. W. (2021). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah. TADBIR MUWAHHID, 5(1), 91–100. https://doi.org/10.30997/jtm.v5i1.3512

Hobing, A. S., Boba, L., Bati, G. F., & Kaet, A. Y. (2024). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH. Jurnal Kajian Ilmiah Interdisiplinier, 8(6), 1234–1240.

Ifnuari, M. R. (2022). Meningkatkan Kualitas Pendidikan Karakter di Jenjang Sekolah Dasar: Tinjauan Pustaka Yang Sistematis. IMprovement: Jurnal Ilmiah Untuk Peningkatan Mutu Pendidikan, 9(2), 153–161. https://doi.org/http://doi.org/10.21009/improvement

Indarwati, E. (2020). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter melalui Budaya Sekolah. Teacher in Educational Research, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.33292/ter.v2i1.60

Insani, L. J., & Basuki, A. (2024). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Budaya Sekolah : Studi Literatur. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 6(1), 899–910. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i1.6401

Kholis, N., & Ferawati, P. (2021). PENANAMAN MORAL AGAMA PADA ANAK MELALUI CERITA BERNUANSA ISLAMI. Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education (IJIGAEd), 1(2), 1–10. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/IJIGAEd/

Khomsah, N. B. (2019). IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI BERBASIS BUDAYA KEMATARAMAN PADA JENJANG TK DI KABUPATEN KULON PROGO. Penguatan Karakter Berbasis Literasi Ajaran Tamansiswa Menghadapi Revolusi Industri 4.0, 828–836.

Komariah, N., Sulaci, & Yuni. (2021). Penguatan Budaya Sekolah Sebagai Pendidikan Karakter Bagi Siswa di Sekolah Dasar Negri 2 Klayan. Prosiding Dan Web Seminar, Standarisasi Pendidikan Sekolah Dasar Menuju Era Human Society 5.0, 461–466.

Kurniawati, R., Amalia, A. R., & Khaleda N, I. (2022). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) melalui Budaya Kelas di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8304–8313. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3719

Lestari, D., & Ain, S. Q. (2022). Peran Budaya Sekolah terhadap Pembentukan Karakter Siswa Kelas V SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(1), 105–112. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.45124

Lestari, P. R., & Tirtoni, F. (2021). A Literature Study of the Implementation of Character Education for Elementary School Students. Academia Open, 4, 6–10. https://doi.org/10.21070/acopen.4.2021.1794

Muhtarom, M. (2020). PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER DAN BUDAYA BANGSA DI PESANTREN. Jurnal Diklat Keagamaan, 14(2), 114–123.

Norlita, D., Nageta, P. W., Faradhila, S. A., Aryanti, M. P., Fakhriyah, F., & Ismayam.A, E. A. (2023). SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW (SLR) : PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan Dan Humaniora, 2(1), 209–219. https://doi.org/https://doi.org/10.56910/jispendiora.v2i1.743

Nugraha, D., & Hasanah, A. (2021). PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS NILAI-NILAI BUDAYA DI SEKOLAH. Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarnegaraan, II(1), 1–9.

Nurhasanah, N., Suastra, I. W., & Arnyana, I. B. P. (2022). Literatur Review: Membangun Karakter Siswa Melalui Budaya Sekolah. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(2), 2971–2977. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2101

Oktasari, A. F., & Kasanova, R. (2023). Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Sastra Anak. Journal on Education, 05(04), 12017–12025. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2163

Pentianasari, S., Amalia, F. D., Fithri, N. A., & Martati, B. (2022). PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PEMANFAATAN LITERASI DIGITAL. Jurnal PGSD, 8(1), 58–72. https://doi.org/https://doi.org/10.32534/jps.v8i1.2958

Ponglimbong, M., & Talo, A. (2024). Implementasi Pengembangan Nilai Moral melalui Metode Bercerita pada Anak Usia Dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 50–59. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i2.733

Pramana, M. E. A., & Trihantoyo, S. (2021). PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI BUDAYA SEKOLAH DI JENJANG SEKOLAH DASAR. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(3), 764–774.

Purnama, H. I., Marzuki, & Utami, S. (2018). PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS BUDAYA SEKOLAH MELALUI PROGRAM LITERASI DASAR DI SEKOLAH DASAR NEGERI 37 PONTIANAK TENGGARA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(3), 1–13. https://doi.org/10.26418/jppk.v7i3.24722

Rozali, A., & Muhtar, T. (2022). PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MEMPERTAHANKAN NILAI LUHUR KEBUDAYAAN BANGSA INDONESIA. Journal Creative of Learning Students Elementary Education, 5(3), 463–469.

Sakman, & Syam, S. R. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Bagi Peserta Didik di Sekolah. Supermasi: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, Hukum & Pengajarannya, 15(2), 101–111. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/satwika.v3i2.10244

Setyaningsih, R., Suryandari, K. C., & Tatminingsih, S. (2022). Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Karakter dan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri 1 Kebumen. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 6(3), 447–452. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/jdc.v6i3.65147

Serli, N., Rustini, T., & Furnamasari, Y. F. (2023). Analisis Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah di SD Unggulan Al-Izzah Bandung. Bersatu: Jurnal Pendidikan Bhineka Tunggal Ika, 1(5), 248–257. https://doi.org/https://doi.org/10.51903/bersatu.v1i5.373

Shinta, C. M., Sobri, A. Y., & Nurabadi, A. (2023). Manajemen Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 3(5), 423–433. https://doi.org/10.17977/um065v3i52023p423-433

Sulhan, M. (2018). PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS BUDAYA DALAM MENGHADAPI TANTANGAN GLOBALISASI. Jurnal Visipena, 9(1), 1159–1172. https://doi.org/https://doi.org/10.46244/visipena.v9i1.450

Susanti, S. E. (2022). Pendidikan Karakter dalam Membangun Kecerdasan Moral bagi Anak Usia Dini Perspektif Thomas Lickona. TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, Dan Humaniora, 3(1), 10–17. https://doi.org/https://doi.org/10.33650/trilogi.v3i1.3396

Syawalia, Z. P., & Maknun, L. (2023). Pengaruh Budaya Sekolah dalam Pembentukan Nilai-Nilai Pancasila di Sekolah Dasar. Journal of Elementary School, 2(1), 10–19. https://doi.org/https://doi.org/10.30599/finger.v2i1.260

Tamrin, M. A. S., & Faizah, A. N. (2023). PENERAPAN MORAL PADA SISWA MI MUHAMMADIYAH 28 SURABAYA MELALUI BUKU CERITA. Conference of Elementary Studies “Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Dalam Kurikulum Di Sekolah Dasar,” 456–462.

Tiarawati, F., & Rahmantika, F. (2023). Kajian literatur inovasi pendidikan karakter melalui pembelajaran berbasis lingkungan sosial dan budaya. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 1406–1412. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID

Winarsih, L., Warsono, & Setyowati, N. (2021). PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK SEKOLAH DASAR. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(2), 206–216. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/jm.v11i2.7869

Yulianti, J., & Ichsan, I. (2021). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter melalui Budaya Sekolah di SD Negeri 26 Dompu dan MI As-Salam Dompu. Jurnal WANIAMBEY: Journal of Islamic Education, 2(2), 112–131. https://doi.org/https://doi.org/10.53837/waniambey.v2i2.185

Zulfiati, M., & Hartiningsih, S. (2018). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI BUDAYA SEKOLAH DI SDN BANDUNGREJOSARI 1 MALANG. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 22–33. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jkpp.v6i1.11524




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/eunoia.v4i1.4081

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING