ANALISIS KUALITAS PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

windra cardian zebua

Abstract


Pendidikan merupakan salah satu aspek yang sangat dibutuhkan oleh suatu bangsa, negara dan masyarakat, terutama kontribusi yang sangat siginifikan terhadap kemajuan suatu negara dan bangsa. Tujuan penelitian ini diarahkan untuk mengetahui kualitas pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas VII SMP Negeri 1 Hiliserangkai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif dengan sumber data penilitian yaitu data primer yang dikumpulkan oleh peneliti dari beberapa sampel yang telah peneliti lakukan. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil yang ditemukan oleh peneliti ada beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Pertama. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kualitas pembelajaran bahasa Indonesia siswa di SMP Negeri 1 Hiliserangkai adalah kompetensi guru dalam melakukan pembelajaran dan meningkatkan kemampuan belajar siswa, dengan memberikan tujuan pembelajaran yang bisa mempegaruhi kegiatan pembelajaran, serta memberikan materi pembelajaran yang lebih inovatif sehingga bisa menciptakan minat belajar siswa, serta sarana dan prasarana yang sangat memadai. faktor lainnya berasal dari motivasi dan ketelibatan dari siswa itu sendiri, yang mampu berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran, serta lingkungan belajar yang kondusif.

References


Abdullah, Sani. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Ahmad Susanto, 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

A.M, Sardimam. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Amiruddin. (2019). Pembelajaran Kooperatif dan Kolaboratif. Journal of Educational Science (JES), 5(1), 24–32.

Anni, Catharina Tri dan Achmad Rifa'i. 2011. Psikologi Pendidikan. Semarang UNNES Press.

Azwa, N. (2024). Analisis Kualitas Pembelajran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Islamic Centre.

Bahrisslim. (2023). Strategi Pembelajaran untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jakarta Selatan, Prov.DKI Jakarta

Didik Prasetyo. (2013). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Terhadap TIngkat Pemahaman Akutansi.

Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran. In CV Kaaffah Learning Center.

Djaramah, Syaiful Bahri, dkk. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fathurohman, M. & Sulistyorini (2012). Belajar dan Pembelajaran Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai Standar Nasional. Depok Sleman Yogyakarta.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Lasifa, S. W., & Arianti, I. (2019). Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas Vii Smp Putra. 02(01), 14–23.

Maros, H., & Juniar, S. (2016). Manajemen Strategi Dalam Meningkatkan Peserta Didik. 1–23.

Muhibbin Syah.(2009). Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan. Bandung: Bahan Pelatihan ,UIN Suman Gunung Djati.

Program, B. P., Pgmi, J., Tarbiyah, F., Sunan, I., Surabaya, A., Penulis, T., Alfin, J., Si, M., Tamwifi, I., Ag, M., Saleh, C., Zudan, M. E., & Rosyidi, M. A. (n.d.). EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MI Government of Indonesia (GoI) and Islamic Development Bank (IDB). http://digilib.uinsby.ac.id/30921/3/Jauharoti Alfin_Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia.pdf.

Purwanto. (2013). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Ratnawulan, E. (2014) Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia Bandung.

Subana M. & Sunarti, Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.

Suyono, 2011 Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Yulianto, D., & Nugraheni, A. S. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(1), 33–42. https://doi.org/10.51454/decode.v1i1.5.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/eunoia.v4i2.3890

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING