Pendidikan Dan Bahasa: Efektivitas Kemampuan Multibahasa Siswa Sekolah Dasar di Era Digital
Abstract
Penelitian ini mengeksplorasi penggunaan teknologi digital dalam pembelajaran bahasa di sekolah dasar dan dampaknya terhadap efektivitas pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi digital meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa, serta kemampuan bahasa mereka. Guru juga merasakan manfaat dari fleksibilitas yang diberikan teknologi dalam proses pengajaran. Tantangan utama yang teridentifikasi adalah akses yang tidak merata ke perangkat digital dan kebutuhan pelatihan lebih lanjut bagi guru. Integrasi teknologi dalam pembelajaran bahasa terbukti meningkatkan keterampilan kognitif dan sosial siswa, menunjukkan pentingnya adopsi teknologi yang lebih luas dalam pendidikan. Penelitian ini memberikan wawasan bagi pendidik dan pembuat kebijakan dalam meningkatkan pembelajaran multibahasa di sekolah dasar melalui penggunaan teknologi digital.
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Adniy, Syeira Rifdah, Diaz Aristawidya Nugroho, Nurliana Cipta Apsari, Program Studi, and Ilmu Kesejahteraan. 2022. “Perkembangan Sosial Pada Anak Bilingual.” Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM) 3(3):139–46.
Aisah, Siti, Muhammad Zakia Firdaus, and Maulidia Tifani A. N. H. 2021. “Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menulis Teks Deskripsi Menggunakan Media Video Pengetahuan Alam Pada Siswa Kelas Vii Smp Siman Jaya.” Lingua XVII(1):66–70.
Arizal Primadasa, Rizal Galih Pradana, Rahmayanti , Suci Cahya Fitri Permata, Syukron Ramadhan, Dian Ervita. 2023. “Kemampuan Multibahasa : Tinjauan Area Otak Dan Pengaruh Lingkungan Pendahuluan Metode.” Jurnal Sinestesia 13(2):1177–91.
Ellen Bialystok, Fergus I.M. Craik, And, and Gigi Luki. 2013. “Bilingualism: Consequences for Mind and Brain.” NIH Public Access 16(4):240–50. doi: 10.1016/j.tics.2012.03.001.Bilingualism.
Kardika, Rizky Widia, Fathur Rokhman, and Rahayu Pristiwati. 2023. “Penggunaan Media Digital Terhadap Kemampuan Literasi Multimodal Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia.” JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) 6(September):6715–21.
Kenyo Mitrajati, Tulus Musthofa. 2023. “Analisis Kemahiran Membaca Buku Ajar MI Berstandar American Council on the Teaching of Foreign Languages (ACTL).” BASICA Journal of Primary Education ANALISIS 3(1):1–16. doi: 10.37680/basica.v3i1.3509.
Krath, Jeanine, Linda Schürmann, and Harald F. O. Von Korflesch. 2021. “Revealing the Theoretical Basis of Gamification : A Systematic Review and Analysis of Theory in Research on Gamification , Serious Games and Game-Based Learning.” Computers in Human Behavior 125(August):106963. doi: 10.1016/j.chb.2021.106963.
Lubis, Indriani Putri, and Dewi Astuti. 2024. “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Melalui Penerapan Metode Problem-Based Learning.” Jurnal Pendidikan Agama Islam AHDAF 2(1):27–38.
Mawarwati, Meili Yanti. 2023. “Analisis Technological Pedagogical and Content Knowledge ( TPACK ) Mahasiswa Calon Guru SD Pada Materi IPA.” Jurnal Elementaria Edukasia 6(3):1138–48. doi: 10.31949/jee.v6i3.6312.
Nurlaila. 2021. “Konsep Pemerolehan Bahasa Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa.” Jurnal Studi Pendidikan 12(1):47–64.
Ria Jayanthi, Anggini Dinaseviani. 2022. “Kesenjangan Digital Dan Solusi Yang Diterapkan Di Indonesia Selama Pandemi COVID-19.” Jurnal IPTEK-KOM (Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komunikasi) Vol. 24(2):187–200.
Rima, Rosmania, Yuyu Yuhana, and Maman Fathurrohman. 2024. “Perspektif Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Asing.” JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) 7:754–63.
Santoso, Iman. 2014. “Pembelajaran Bahasa Asing Di Indonesia: Antara Globalisasi Dan Hegemoni.” Bahasa & Sastra 14(1):1–11.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan(Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Wahyudi, Mochamad, Rachmat Adi Purnama, Lovinta Happy Atrinawati, and Dennis Gunawan. 2024. “Mengeksplorasi Dampak Teknologi Pembelajaran Aktif Di Institusi Pendidikan Kejuruan Menengah.” Jurnal MENTARI: Manajemen Pendidikan Dan Teknologi Informasi 2(2):142–53.
Wawan Setiawan. 2017. “Era Digital Dan Tantangannya.” 1–9.
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/eunoia.v4i1.3541
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.